Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Rontok

Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Rontok
Ilustrasi masker rambut alami. Foto: Ist/net

Masker rambut alami bisa menjadi solusi praktis dalam perawatan rambut yang rusak dan sering rontok. Selain murah, bahan-bahannya banyak terdapat di sekitar rumah. Apalagi cara membuat masker rambut ini tidaklah sulit.

Namun sayangnya, aktivitas yang padat dan pengaruh buruk lingkungan dapat menyebabkan rambut menjadi kotor, rusak, hingga rontok. Kerusakan rambut memang terjadi karena beragam sebab.

Paparan sinar ultraviolet matahari, polusi, debu, dan asap kendaraan bisa menyebabkan rambut rusak. Aplagi untuk Anda yang sering mengendarai sepeda motor, pemakaian helm pun bisa ikut membuat rambut kusut dan kasar.

Selain pengaruh buruk lingkungan, rambut juga akan mudah kering dan rontok jika kurang mendapat perawatan yang semestinya. Akumulasi berbagai faktor dan kurangnya perawatan akan membuat rambut mengalami kerusakan.

Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi wanita. Banyak kaum hawa yang rela mengeluarkan biaya besar untuk merawat rambutnya agar sehat dan indah. Padahal ada masker rambut alami yang murah dan bisa Anda buat sendiri.

Baca juga:  Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kutu Secara Permanen

Saat ini memang ada banyak obat maupun produk perawatan rambut yang banyak terdapat di pasaran. Dari yang harganya murah hingga yang mahal. Bahkan tak sedikit klinik kecantikan yang menawarkan layanan perawatan rambut.

Selain murah, perawatan secara alami ini juga akan memberikan hasil yang lebih baik. Nutrisi dari bahan herbal alaminya akan lebih mudah terserap akar rambut. Sehingga rambut akan lebih halus dan sehat.

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Untuk Anda yang ingin tahu cara membuat masker rambut alami sebenarnya tidaklah sulit. Namun agar khasiatnya lebih optimal Anda sebaiknya perlu mengenal jenis rambut maupun kondisi kerusakannya.

Nah, untuk Anda yang ingin melakukan perawatan rambut secara alami, bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat masker rambut berdasarkan kondisi kerusakan rambut yang ada.

Masker Rambut Alami untuk Rambut Rontok

Untuk Anda yang mengalami kerontokan rambut bisa menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Cara membuat masker rambut alami untuk rambut rontok pada langkah pertama Anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut.

Siapkan bagian putih telur 1 butir dan masukan dalam mangkuk kecil. Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun lalu aduk sampai menjadi kental. Setelah itu gunakan sikat untuk mengoleskan masker pada rambut secara merata.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Selain pada batang rambut, oleskan juga masker pada kulit kepala secara perlahan sambil dengan memijit ringan. Biarkan sekitar 20 – 30 menit hingga nutrisinya meresap dalam akar rambut.

Setelah itu baru bilas dengan menggunakan air bersih. Agar bau rambut tidak amis, Anda bisa membilas rambut dengan sampo netral dan terbuat dari bahan alami juga.

Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering

Untuk rambut kering yang Anda alami, Anda bisa mencoba menggunakan campuran beberapa bahan herbal yang mengandung nutrisi untuk kesehatan rambut. Yuk simak cara pembuatan masker rambut alami untuk rambut kering ini.

Baca juga: Ingin Agar Rambut Cepat Panjang? Gunakan Bahan Alami Ini!

Siapkan bahan seperti setengah potong buah pisang, 1 sdm jojoba, 1 sdm minyak kelapa, 2 sdm madu, 1 sdm minyak zaitun, 1/4 cangkir mayones, dan 200 ml air.

Setelah itu hancurkan semua bahan tersebut sambil aduk sampai rata. Setelah siap tinggal oleskan sampai rata. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk mengolesnya agar rata.

Usapkan juga bahan itu ke kulit kepala sambil memijit ringan agar nutrisinya meresap ke akar rambut. Setelah rata diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa alternatif pilihan mengatasi dan merawat rambut kering dan rontok dengan menggunakan masker rambut alami berikut langkah-langkah dalam cara membuatnya. Agar perawatan rambut memberikan hasil optimal sebaiknya lakukan secara rutin. (R11/HR-Online)