Cara Mencuci Masker Kain Corona yang Benar Menurut CDC Amerika

Cara Mencuci Masker Kain Corona yang Benar Menurut CDC Amerika
Cara Mencuci Masker Kain Corona. Foto: Ist/net

Selama ini banyak orang mengetahui cara mencuci masker kain Corona seperti halnya mencuci pakaian lainnya. CDC Amerika Serikat telah mengeluarkan panduan proses mencuci masker kain Corona yang benar agar bisa Anda gunakan kembali.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merupakan lembaga dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat. Lembaga ini berperan penting melindungi kesehatan dan keamanan warganya.

Masker wajah menjadi bagian penting dari protokol kesehatan. Mengenakan masker khususnya saat keluar rumah sangat penting selama pandemi Covid-19. Masker menjadi alat yang bisa mencegah penularan virus Corona.

Kewajiban mengenakan masker saat new normal saat ini menjadi semakin penting. Bahkan sejumlah pemerintah daerah menerapkan sanksi terhadap pengguna jalan raya yang ketahuan tidak mengenakan masker.

Jenis masker yang sudah mendapat ijin tak hanya yang berstandar medis. Bahan kain pun bisa menjadi pilihan untuk menjadi masker. Namun untuk mencegah risiko penularannya, sangat penting mengenal cara mencuci masker kain Corona yang benar.

Baca juga: Pemakaian Masker Anti Virus Corona Timbulkan Gangguan Kulit, Ini Cara Mengatasinya!

Meskipun bahan kain memiliki kelemahan ketimbang masker medis atau model N95, namun tetap efektif untuk mencegah masuknya virus Corona ke dalam tubuh kita. Apalagi tidak setiap jenis kain baik sebagai masker.

Lolosnya kain sebagai bahan untuk masker wajah telah mendorong kreativitas masyarakat. Tak sedikit desainer maupun ahli mode yang melihat peluang bisnis ini dan membuat aneka model dan desain masker Covid-19.

Cara Mencuci Masker Kain Corona

Mengetahui cara mencuci masker kain Corona yang baik sangat penting. Masker merupakan bagian penting untuk pencegahan penularan virus Corona pada era new normal. Apalagi pandemi Covid-19 juga belum ketahuan kapan akan berakhir.

Selain harus mengenakan masker Corona dengan benar, juga penting agar mencuci masker secara teratur. Bahkan kita juga harus melepas masker dengan benar dan perlu mencuci tangan setelah memegang atau menyentuh masker bekas.

Centers For Disease Control And Prevention (CDC) Amerika Serikat telah mengeluarkan aturan dan ketentuan tentang cara mencuci masker kain Corona yang baik dan benar. Berikut ini informasi yang penting untuk menambah referensi kita.

Cara Mencuci Masker Kain Corona dengan Mesin Cuci

Untuk Anda yang menggunakan mesin cuci, untuk langkah mencuci masker Corona menurut CDC adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa memasukkan masker kain dan menyucinya bersama pakaian atau cucian biasa lainnya.
  2. Gunakan sabun deterjen biasa dan atur suhu air hangat sesuai dengan jenis kain masker agar tidak rusak.

Cara Mencuci Masker Kain Corona dengan Tangan

Sedangkan jika Anda ingin mencuci secara manual dengan tangan, berikut ini cara mencuci masker kain Corona menurut CDC.

Baca juga: Tak Pakai Masker di Pangandaran, Siap-siap Bakal Ditindak
  1. Terlebih dahulu periksa label apakah pemutih yang Anda gunakan memang berfungsi sebagai desinfektan. Sebab beberapa produk pemutih tidak sesuai dan aman untuk pakaian berwarna maupun sebagai desinfeksi.
  2. Sebaiknya gunakan pemutih (bleach) yang mengandung 5,25-8,25 % natrium hipoklorit. Jangan gunakan bahan pemutih yang persentase kandungannya selain itu.
  3. Pastikan juga bahan pemutih yang Anda gunakan tidak melewati tanggal kedaluwarsa.
  4. Dalam panduan cara mencuci masker kain ini hindari mencampur bahan pemutih rumah tangga dengan bahan amonia atau bahan pembersih lainnya.
  5. Jika ingin membuat larutan pemutih sendiri, Anda bisa mencampurkan 5 sendok makan 5,25%-8,25% bahan pemutih dengan satu galon air. Atau dengan mencampurkan 4 sendok teh pemutih berkadar 5,25% -8,25% dengan satu liter air.
  6. Setelah itu rendam masker dalam campuran larutan pemutih sekitar 5 menit.
  7. Kemudian angkat dan bilas masker dengan air biasa dan buang larutan pemutihnya. Pastikan masker sudah benar-benar kering.

Cara Mengeringkan Masker Kain Corona

Untuk mengeringkan masker anti Corona, Anda bisa menggunakan alat pengering dengan mengatur suhu tertinggi dan biarkan hingga masker benar-benar kering.

Baca juga: Klaster Keluarga Covid-19 Meningkat Karena Masyarakat Kurang Peduli

Anda juga bisa mengeringkan masker Corona di area terbuka. Namun sebaiknya pastikan menjemur masker agar langsung terkena paparan sinar matahari hingga masker benar-benar kering.

Itulah langkah penting cara mencuci masker kain Corona berdasarkan panduan dari CDC Amerika Serikat. Semoga informasi ini menambah referensi agar masker kain bersih dan steril sehingga bisa Anda gunakan secara berulang. (R11/HR-Online)

Loading...