Cara Mengecilkan Celana Jeans Tanpa Menggunakan Mesin Jahit

Cara mengecilkan celana jeans yang kebesaran bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan mesin jahit. Foto: Net/Ist.
Cara mengecilkan celana jeans yang kebesaran bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan mesin jahit. Foto: Net/Ist.

Cara mengecilkan celana jeans yang kebesaran bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan mesin jahit. Kalau kamu punya celana jeans baru tapi ukurannya kebesaran, kamu bisa coba cara praktis ini, daripada harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengecilkannya ke tukang jahit.

Karena mungkin biasanya kamu langsung berpikir untuk permak saat mendapatkan celana jeans yang ukurannya kebesaran ketika belanja dari online shop atau bazaar.

Namun, sekarang kamu bisa mengatasinya sendiri jika memiliki celana jeans yang ukurannya terlalu besar, tanpa harus menggunakan mesin jahit.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa langkah mudah dan praktis mengecilkan celana jeans yang ukurannya agak besar, tanpa harus menggunakan mesin jahit.

Cara Mengecilkan Celana Jeans Tanpa Mesin Jahit

Keringkan dengan Mesin Pengering Bersuhu Panas

Baca Juga : Tips Memilih Celana Jeans Murah tapi Terlihat Mahal

Pertama-tama masukan celana jeans tersebut ke dalam mesin cuci. Kemudian, untuk proses mencucinya gunakan air panas. Namun, tetap pakai deterjen serta pelembut pakaian.

Deterjen akan membuat celana jeans menjadi bersih, sedangkan pelembut akan mencegah celana berbahan jeans itu menjadi mengerut. Jika sudah selesai mencucinya, masukan ke dalam mesim pengering, dan biarkan sampai kering sempurna.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses pengeringan menggunakan mesin ini biasanya butuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit. Setelah celana jeans kering jangan dijemur.

Mencuci Menggunakan Air Panas

Cara mengecilkan celana jeans yang praktis tanpa mesin jahit berikutnya menggunakan air panas. Menggunakan metode ini akan sangat mudah lantaran kamu bisa mengecilkan semua bagian dari celana jeans.

Tapi tetap pakai deterjen dan juga pelembut pakaian seperti halnya mencuci biasa. Selain itu, pastikan pula airnya benar-benar panas ketika menggunakan cara ini.

Setelah selesai mencuci, keringkan celana jeans  menggunakan mesin pengering, tapi jangan terlalu kering, biarkan saja sampai sedikit agak lembap. Jadi sebelum proses selanjutnya, pastikan dulu tidak terlalu basah, juga jangan terlalu kering.

Gunakan Legging

Bisa juga gunakan legging sebelum kamu memakai celana jeans yang kebesaran itu. Karena secara otomatis legging bisa berfungsi menambah volume pada paha maupun pinggang.

Cara yang satu ini memang terbilang praktis, simpel, dan efektif agar celana yang ukurannya terlalu besar bisa menjadi pas ketika kamu pakai.

Baca Juga : Menggunakan Celana Jeans Ketat Bahaya Bagi Kesehatan Wanita, Ini Penjelasannya

Setrika Secara Lembut Sampai Mengering

Cara mengecilkan celana jeans yang berikutnya yaitu, celana yang sudah melalui proses pengeringan sampai lembap memakai mesin pengering. Kemudian setrika hingga benar-benar terasa kering. Gunakan pengaturan panas secara maksimal yang ada pada setrikaan.

Mengecilkan celana jeans dengan menggunakan metode ini hasilnya mungkin tidak akan sempurna seperti menggunakan cara atau metode lain. Tapi tidak ada salahnya kamu mencobanya.

Semprotkan Pelembut dengan Air Panas

Kamu juga bisa campurkan air panas dengan pelembut pakaian ke dalam botol spray, perbandingannya 3:1. Tutup botol spray lalu kocok sampai benar-benar tercampur sempurna.

Mencampurkan pelembut harus dengan air panas. Karena kalau menggunakan air dingin hasilnya tidak akan maksimal. Ketika menggunakan metode ini jangan gunakan deterjen.

Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada area celana jeans yang ingin kamu kecilkan. Pastikan pula menyemprotnya sampai bagian celana jeans basah sempurna.

Karena, tidak akan berpengaruh jika menyemprot bagian yang keringnya. Cara-cara ini cukup ampuh ketika mengecilkan bagian pinggang celana jeans. 

Jika sudah selelai, selanjutnya masukan celana jeans tersebut ke dalam mesin pengering. Untuk hasil maksimal, biarkan selama 5 sampai 10 menit sampai kering sempurna.

Hindari mengeringkannya melalui sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa mengulangi proses ini jika perlu.

Baca Juga : Model Celana Wanita Terbaru 2020 untuk Formal dan Casual, Ini Pilihannya

Rendam dengan Rebusan Air Mendidih

Cara mengecilkan celana jeans yang sedikit kebesaran juga bisa kamu lakukan dengan metode merendamnya menggunakan rebusan air mendidih. Letakkan celana jeans akan kamu kecilkan dalam rebusan air mendidih.

Sebelumnya, panaskan air terlebih dahulu dalam panci ukuran kira-kira celana tersebut dapat terendam sempurna. Biarkan air sampai benar-benar mendidih, setelah itu baru masukan ke dalam panci.

Untuk mendapatkan hasil sempurna, biarkan sekitar 30 menitan dengan keadaan api tetap menyala. Kemudian setelah itu keringkan menggunakan mesin pengering 5 sampai 10 menit.

Rendam Dalam Air Berisi Larutan Garam dan Cuka Putih

Jika kamu memiliki celana jeans yang sudah terasa kebesaran atau longgar karena sering memakainya, atau terlalu sering mencucinya. Kamu juga bisa mengatasinya dengan cara melarutan garam dan cuka putih.

Cara mengecilkan celana jeans dengan metode ini, kamu cukup merendamnya menggunakan air dingin. Kemudian campurkan garam dan cuka putih. Setelah itu, peras beberapa kali menggunakan tangan.

Dengan cara ini, celana jeans yang sudah longgar akan kembali menyusut jika kamu melakukannya secara rutin. Setelah mengetahi beberapa metode tersebut, sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi dan menyita waktu yang lama untuk mengecilkan celana jeans favoritmu yang ukurannya agak kebesaran. (Eva/R3/HR-Online)