Menghilangkan Status Online di WhatsApp, Begini Cara yang Mudah

Menghilangkan Status Online di WhatsApp, Begini Cara yang Mudah
Ilustrasi Menghilangkan Status Online di WhatsApp. Foto Ist/net

Cara menghilangkan status online di WhatsApp (WA) sebenarnya mudah, namun masih saja ada pengguna yang belum mengetahuinya. Terlebih pada fitur aplikasi WhatsApp ini telah memberikan layanan yang mampu menyembunyikan status online pada layar.

Dengan demikian, orang lain tak akan menemukan anda saat ‘online’ dengan HP. Cara ini banyak pengguna lakukan karena berbagai alasan.

Termasuk kemungkinan adalah anda yang juga melakukan hal yang sama. Namun, bagaimana cara tersebut dapat anda lakukan? Simak beberapa ulasan menariknya berikut ini.

Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

Setiap pengguna WA (WhatsApp) dapat mengetahui kapan kontak anda atau kontak yang lain sedang online. Hal tersebut dapat terpengaruh berkat fitur terbaru yang bisa anda peroleh dari aplikasi pesan ini.

Fitur tersebut dapat kita sebut dengan Last Seen. Sehingga, dengan adanya fitur ini akan memberikan otomatis pada tampilan status secara default. Walaupun begitu, anda dapat menyembunyikan hal tersebut dan tak terbaca oleh pengguna WA yang lain.

Baca juga: Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini Perlu Diwaspadai

Sementara itu, WhatsApp atau sering kita sebut dengan aplikasi WA ini adalah sebuah aplikasi untuk pesan secara instan yang sangat populer. Menghilangkan status online di WhatsApp dapat anda lakukan dengan mudah.

Google Play Store, aplikasi kepunyaan Facebook ini pun telah laris manis terunduh lebih dari 1 miliar pengguna seluruh dunia. Bahkan, WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi terbesar nomor 4 untuk negara Indonesia.

Tiga teratas yakni Facebook, Instagram, dan juga Twitter. Keempat media sosial tersebut masuk ke dalam kategori Social Network and Online Communities.

Inovasi Aplikasi WhatsApp

Semakin berkembang zaman, semakin berkembang pula teknologi. Begitu pun yang terjadi dengan aplikasi pesan ini. WhatsApp terus melakukan inovasi terhadap fitur yang mereka hadirkan. Aplikasi buatan Brian Acton dan juga Jan Koum ini pun kerap menampilkan fitur-fitur keren.

Salah satu fitur baru yang sering pengguna manfaatkan adalah fitur Privasi. Lalu, demi kenyamanan, para pengguna juga sering menghilangkan status online di WhatsApp mereka melalui fitur Last Seen.

Cara Menonaktifkan Fitur Last Seen

Pada setelan default, aplikasi pesan ini pun memberikan izin untuk para penggunanya dalam melihat informasi dari pengguna yang lain. Misalnya tanda terima setelah pesan terbaca dan melihat pengguna kapan terakhir aktif dalam platform.

Lalu, juga mengizinkan panel tentang bio, gambar profil, dan masih banyak lagi. Dengan adanya izin tentang hal itu, tak jarang pengguna yang merasakan privasinya kurang tertutup dengan baik. Sehingga, banyak yang menonaktifkan fitur Last Seen agar privasi mereka tetap terjaga.

Baca juga: Aplikasi Untuk Membuka Dokumen di WA, Gratis Wajib Dicoba!

Sementara itu, bagi anda yang kurang mengerti cara menonaktifkan fitur ini, dapat menyimak langkah berikut. Karena pada dasarnya langkah ini sangat mudah anda lakukan. Berikut adalah cara menghilangkan status online di WhatsApp.

Bukalah aplikasi WA (WhatsApp), lalu anda dapat tap ikon atau tanda titik tiga pada bagian kanan atas.

Pilih Setting atau Setelan

Menghilangkan Status Online di WhatsApp, Begini Cara yang Mudah

Kemudian, pilih Account atau Akun

Lalu pilih Privacy atau Privasi

Langkah terakhir anda dapat memilih Last Seen. Setelah itu, klik opsi No One atau Tidak Ada

Untuk menonaktifkan status online dari fitur Last Seen ini menjadikan pengguna yang lain tak dapat mengetahui kapan terakhir anda terlihat online pada platform.

Hal tersebut karena pada saat orang lain atau pengguna WA lain akan melihat kontak anda, maka keterangan waktu aktif pada bagian bawah nama kontak akan tak terlihat atau hilang.

Dengan demikian, hal tersebut sering pengguna pakai demi menghilangkan status online di WhatsApp dan menjaga privasi dari pengguna WA yang lain. Namun, fitur ini masih terdapat kekurangan saat anda membuka aplikasi WhatsApp, maka status online akan kembali terlihat atau muncul dalam waktu yang bersamaan.

Cara Tambahan Agar Status Online Benar-Benar Menghilang

Cara ini dapat anda gunakan demi menutupi kekurangan fitur Last Seen tersebut. Lalu juga untuk menjaga privasi anda dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan demi menghilangkan status online sepenuhnya.

1. Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved+

Aplikasi ini dapat anda pakai untuk membuat status online pada WhatsApp anda benar-benar menghilang dan tak terlihat. Langkah yang dapat anda lakukan cukup mudah. Pertama adalah menginstal WhatsRemoved+.

Misal terdapat pesan yang masuk melalui aplikasi WhatsApp, maka jangan anda buka terlebih dahulu. Bacalah pesan tersebut melalui aplikasi WhatsRemoves+.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini hanya dapat anda pakai untuk membaca pesan saja, bukan untuk membalas. Aplikasi ini cukup untuk membantu menghilangkan status online di WhatsApp anda jika menginginkan privasi anda dengan benar-benar tak terlihat.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Apabila anda tak ingin menginstal aplikasi tambahan, maka cara ini dapat anda lakukan. Menonaktifkan jaringan seluler atau mengaktifkan mode pesawat dapat membantu agar status online tak terbaca oleh pengguna yang lain.

Caranya, sebelum anda membuka aplikasi WhatsApp, maka aktifkan fitur tersebut pada setelan HP anda. Setelah fitur mode pesawat anda aktif, maka baca dan juga balas pesan yang masuk.

Baca juga: Aplikasi Cek Stalker IG, Awas Terciduk Ngestalk IG Teman!

Setelah anda selesai, maka segera keluarlah dari aplikasi lalu matikan mode pesawat. Pesan WhatsApp akan terkirim secara otomatis ketika data seluler telah menyala.

Sebenarnya, cara menghilangkan status online di WhatsApp ini masih dapat terlihat oleh pengguna lain. Namun, akan hilang dan juga muncul secara sangat singkat.

3. Menonaktifkan Laporan Baca (Read Receipts)

Pada aplikasi WhatsApp terdapat tanda centang biru yang menandakan jika pesan sudah terbaca. Cara untuk mengelabui orang lain, yakni anda dapat menonaktifkan fitur Laporan Baca ini.

Dengan demikian, saat anda menerima pesan dari pengguna WhatsApp lain dan anda telah membacanya, maka hanya akan terlihat dobel centang. Tidak muncul tanda biru pada centang tersebut. Caranya:

  1. Tap ikon titik tiga.
  2. Buka Setelan, lalu pilih Privasi.
  3. Pilih Laporan Baca, dan matikan.

4. Baca dan Balas dengan Cepat

Cara tambahan ini dapat membantu anda menghilangkan status online di WhatsApp. Supaya tidak terlihat oleh pengguna lain yakni membaca pesan yang masuk ke dalam aplikasi WhatsApp anda dengan cara yang cepat.

Lalu, anda juga dapat membalasnya dengan cara yang cepat pula. Namun, hal ini akan berguna jika pengguna tersebut sedang tidak membuka aplikasi pesan WhatsApp pada saat yang bersamaan dengan anda membacanya.

5. Blokir Kontak

Langkah ini adalah cara menghilangkan status online di WhatsApp paling ekstrem yang dapat anda pakai dalam menghilangkan status online dan tak terlihat oleh pengguna lain. Anda bisa memblokir kontak dari pengguna WA.

Sebaiknya, anda juga dapat memikirkan akibat dari langkah ini. Biasanya cara ini akan mempengaruhi hubungan pertemanan anda dengan pengguna yang telah anda blokir kontaknya. Caranya cukup mudah, yakni:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, tap ikon titik tiga pada bagian kanan atas.
  2. Pilih Pengaturan atau Setelan.
  3. Pilih menu Account atau Akun.
  4. Pilihlah Privasi atau Privacy, dan pada bagian bawah dari kontak akan ada opsi terblokir.
  5. Tap tambah (+), lalu cari serta pilih kontak ponsel yang akan anda blokir.

6. Menghapus Foto Profil

Cara untuk mengelabui pengguna WhatsApp lain jika anda memang benar-benar tidak sedang online adalah dengan menghapus foto profil anda.

Dengan cara menghilangkan status online di WhatsApp ini, maka pengguna lain akan percaya jika anda sedang offline atau benar-benar sedang sibuk. Cara ini juga dapat menandakan jika koneksi jaringan seluler anda sedang tidak lancar atau error. Sehingga, foto profil tak muncul dalam kontak pengguna lainnya.

Cara menghilangkan status online WA ini pun terbilang sederhana. Akan tetapi, hal seperti ini dapat memberikan satu alasan untuk pertanyaan anda tak segera membalas pesan yang masuk.

Sehingga, cara ini juga banyak pengguna WhatsApp pakai untuk menandakan jika sedang sibuk atau tak mau terganggu oleh pengguna yang lain. Anda patut mencobanya.

7. Membalas Pesan Melalui Homescreen HP

Cara ini cukup mudah dan jitu sebagai cara menghilangkan status online di WhatsApp atau tanda sedang mengetik setelah menonaktifkan fitur Last Seen. Membalas pesan melalui Homescreen, maka anda tak akan terlihat jika sedang mengetik ataupun online.

Baca juga: Cara Hapus Akun Instagram Sementara dan Secara Permanen

Akan tetapi, untuk dapat mengaplikasikan cara ini dengan baik, anda harus berhati-hati serta tidak dengan terburu-buru dalam menggeser pemberitahuan yang telah masuk.

Karena, jika anda sudah menggeser, maka anda tak bisa membalasnya melalui Homescreen lagi, dan harus membukanya melalui aplikasi.

Cara menghilangkan status online di WhatsApp ini terbilang sangat mudah anda lakukan jika ingin privasi terjaga dengan baik. Cara ini juga dapat menjadi alasan untuk anda yang sedang berkonsentrasi dalam pekerjaan atau urusan lain dan tidak ingin terganggu. Selamat mencoba! (R10/HR-Online)