Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Contoh Kingdom Protista
Ilustrasi Contoh Kingdom Protista. Foto Istimewa

Contoh kingdom protista terdiri dari berbagai jenis. Sebab, kingdom yang satu ini memiliki beragam klasifikasi. Pengertian kingdom protista itu sendiri adalah kingdom yang terdiri dari satu sel bahkan lebih.

Kingdom yang satu ini memiliki membrane inti atau organisme eukariot. Kingdom protista juga memiliki sel tunggal. Menurut klasifikasinya, kingdom ini memiliki tiga bagian yakni protozoa, ganggang, dan jamur.

Sekitar sebagian kingdom protista memiliki tempat tinggal di air. Hal ini karena tubuhnya tidak memiliki pelindung untuk bertahan pada hawa kering. Sama halnya dengan kingdom lainnya, protista juga memiliki karakteristik tersendiri.

Contoh Kingdom Protista

Protista memiliki satu sel atau uniseluler, namun terkadang ada yang multiseluler. Kingdom yang memiliki sel banyak akan hidup secara berkelompok atau membentuk sebuah koloni. Adapun ciri dari kingdom protista seperti memiliki ukuran mikroskopis dan makrokospis.

Memiliki tipe sel eukariotik, hidupnya begitu bebas, serta melakukan simbiosis. Biasanya habitat hidup dari protista adalah kawasan yang lembab. Tidak hanya hidup pada air tawar, tetapi juga hidup pada kawasan air laut.

Contoh kingdom protista sendiri terbagi menurut klasifikasinya. Sehingga setiap klasifikasi memiliki contoh tersendiri. Berikut ini beberapa contoh dari kingdom protista.

Baca Juga: Fakta Hewan Bintang Rapuh, Binatang Laut yang Tak Memiliki Otak

1. Myxomycota

Filum ini terdiri dari jamur lendir yang anggotanya memiliki pigmen kuning atau oranye. Myxomycota juga memiliki sifat heterotrof, berinti banyak, serta tidak memiliki plasmodium. Contoh dari filum Myxomycota adalah Physarium yang biasanya menempel pada bebatuan lembab.

2. Acrasiomycota

Contoh kingdom protista yang kedua adalah Acrasiomycota yang memiliki satu sel. Individu ini terbilang utuh kemudian terpisah oleh membran. Terlebih lagi ketika Acrasiomycota membentuk agregat pada salah satu siklus hidupnya.

Acrasiomycota juga termasuk organisme haploid, sedangkan siklus sebelumnya masuk kategori diploid. Acrasiomycota memiliki tubuh buah dengan fungsi sebagai alat reproduksi. Kemudian tubuh buah ini juga tidak memiliki fase flagel.

3. Oomycota

Contoh yang satu ini memiliki nama lain yakni jamur air dan jamur berbulu halus. Kingdom protista ini adalah Oomycota yang terdiri dari hifa. Hifa sendiri merupakan benang halus atau filamen yang membentuk bagian vegetatif jamur.

Bagian sel Oomycota terbuat dari selulosa yang memang terlihat seperti jamur. Pada dasarnya, jamur air ini merupakan pengurai yang biasa tumbuh pada hewan mati atau alga. Tidak hanya itu saja, ada beberapa Oomycota yang hidup sebagai parasit ikan.

4. Alga Merah

Alga merah merupakan contoh kingdom protista yang menyerupai hewan. Seperti namanya, alga merah atau Rhodophyta memiliki dominasi pigmen fikoeritrin atau pigmen merah. Kurang lebih terdapat 4.000 spesies yang menjadi anggota filum ini.

Sebagian besar habitat Rhodophyta menempati lautan, namun ada juga yang menempati perairan tawar. Mengenai perkembangbiakannya, Rhodophyta berkembang secara seksual dan aseksual.

5. Alga Cokelat

Selanjutnya adalah alga cokelat atau Phaeophyta yang memiliki anggota cukup banyak. Kurang lebih jumlahnya sekitar 1.500 spesies dan keseluruhannya adalah multiseluler. Organisme ini memiliki pigmen cokelat yang sangat mendominasi.

Lautan menjadi salah satu tempat tinggal dari sebagian besar alga cokelat. Hanya ada beberapa saja yang hidup pada perairan air tawar. Organisme ini juga hampir sama dengan alga merah, namun agak sedikit berbeda jika melihat dari dekat.

Alga cokelat atau Phaeophyta melakukan perkembangbiakan secara seksual dan aseksual. Ada beberapa contoh dari Phaeophyta seperti Turbinaria, Fucus, dan Sargassum.

Baca Juga: Urutan Taksonomi Tumbuhan Lengkap Beserta Penjelasannya

6. Ganggang Hijau

Contoh kingdom protista yang selanjutnya adalah ganggang hijau atau Chlorophyta. Perkiraan jumlah spesiesnya mencapai 7.000 spesies yang sangat besar. Sel dari Chlorophyta juga terbuat dari selulosa dan memiliki cadangan makanan berupa amilum.

Sebagian ganggang hijau atau Chlorophyta justru berada di air tawar. Mulai dari tempat yang lembab, genangan air, dan juga kolam renang. Namun adapula yang hidup pada air laut seperti Ulva.

7. Bacillariophyta

Bacillariophyta memiliki anggota terbanyak sekitar 10.000 spesies. Organisme ini termasuk alga uniseluler pada perairan tawar maupun lautan. Bacillariophyta memiliki tubuh yang cukup khas dengan bentuk kotak.

Bacillariophyta merupakan kingdom protista yang memiliki pectin dan silikat. Apabila mati, maka cangkangnya akan bertumpuk pada bagian tanah. Pergerakan dari Bacillariophyta seringkali maju dan mundur.

Contoh kingdom protista tersebut berdasarkan klasifikasi jenis-jenisnya. Kingdom protista sendiri juga memiliki peranan bagi manusia dan hewan. Entah itu peranan yang menguntungkan ataupun merugikan. (R10/HR Online)

Baca Juga: Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Dilihat dari Ada Tidaknya Organel