Curug Bilik, Alternatif Wisata Air Eksotis di Pangandaran

Wisata Alam Curug Bilik di Pangandaran
Wisata alam Curug Bilik di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang menawarkan pesona alam dan cocok untuk refresing. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Wisata alam Curug Bilik bisa menjadi alternatif untuk wisatawan yang ingin berjunjung ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Curug Bilik yang berada di wilayah Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, ini memiliki ketinggian curug atau air terjun setinggi sekitar 20 meter.

Air yang mengalir dari sungai Cimanjeti itu, berasal dari beberapa gunung yang berada di sekitarnya.

Kelebihan lain dari wisata alam Curug Bilik ini adalah akses jalannya tidak lah sulit mencapai lokasi tersebut. Sebab, lokasinya persis berada samping jalan raya Cibatu- Ciwilis.

Berbeda halnya dengan sebagian besar wisata air terjun yang ada di Langkaplancar, yang jauh dari akses jalan raya, maka untuk Curug Bilik sebaliknya. Setelah turun dari kendaraan, pengunjung bisa langsung menikmati indahnya air terjun dengan udara yang sejuk.

Salah seorang warga Jayasari, Dani mengatakan, curug ini memiliki banyak kelebihan jika membandingkannya dengan curug-curug lainnya untuk daerah Langkaplancar.

Menurutnya, wisata alam air terjun Bilik ini tepat berada pada jalan alternatif  Langkaplancar-Salopa, Tasikmalaya.

“Jadi para wisatawan yang hendak berwisata ke pantai Pangandaran, bisa melewati jalur alternatif ini, dan singgah untuk menikmati indahnya Curug Bilik ini,” katanya kepada HR Online, Senin (28/09/2020).

Keindahan Wisata Air Curug Bilik Pangandaran

Jika dari pantai Pangandaran, pengunjung bisa menempuh dalam waktu sekitar 70 sampai 80 menit saja untuk sampai ke wisata air terjun Bilik ini.

Meski terbilang lumayan jauh, namun wisatawan bisa menikmati indahnya suasana alam pegunungan sepanjang jalan. Yaitu, sejak memasuki wilayah Langkaplancar sampai ke tempat tujuan.

“Penasaran ingin mencoba, tak ada salahnya. Karena jika sudah sampai ke Langkaplancar, pengunjung juga bisa memilih lokasi lain. Seperti Curug Cioray Desa Bangunjaya, Curug Tilu Desa Langkaplancar, dan Curug Luhur Desa Cimanggu,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, bagi wisatawan yang suka berkemah, Langkaplancar juga memiliki beberapa lokasi yang sangat cocok, dan lokasinya tak jauh dari wisata alam Curug Bilik.

“Kita bisa berkemping sekitar Gunung Singkup, Gunung Cupu, dan juga Gunung Parang. Semuanya itu sama-sama memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online)