Dampak HP di Reset Pabrik, Apakah Sangat Berbahaya?

Dampak HP di Reset Pabrik
Ilustrasi Dampak HP di Reset Pabrik. Foto Istimewa

Dampak HP di reset pabrik tentunya harus anda perhatikan dengan seksama. Pasalnya, dampak yang anda dapat, tidak selamanya selalu menguntungkan.

Ada kalanya proses ini memberikan dampak yang buruk bagi HP anda. Sebagai pengguna, pastinya selalu berharap HP yang anda gunakan akan baik-baik saja.

Namun, kenyataannya tidak selamanya HP dapat berfungsi secara normal. Bahkan tanpa kita sadari, HP tersebut dapat mengalami penurunan performa.

Faktor penyebabnya pun berbeda-beda, misalnya seperti file yang terlalu banyak. Sehingga menghambat dan mengganggu kinerjanya.

Mau tidak mau untuk memperbaikinya, anda harus melakukan tindakan lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan reset.

Apa Saja Dampak HP di Reset Pabrik?

Sebenarnya, reset pabrik ini lebih kita kenal sebagai factory reset. Yang mana sejatinya dapat berfungsi untuk melindungi data dalam HP anda.

Akan tetapi, terdapat hal penting yang harus anda perhatikan. Ketika proses ini terjadi, akan berpengaruh pada keseluruhan data anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah dampak-dampak yang mungkin saja terjadi pada HP anda.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Scan Barcode, Inilah Cara Cepat Mengatasinya! 

Resiko HP Menjadi Terkunci

Dampak yang mungkin saja terjadi adalah HP anda menjadi terkunci. Maksudnya, ketika HP anda selesai melakukan reset, bisa jadi HP menjadi terkunci.

Sebelumnya anda akan menemukan sebuah fitur. Fitur tersebut yaitu FRP atau Factory Reset Protection pada Android. Fitur ini dapat membantu HP menjadi lebih aman.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin juga bila menjadi masalah. Terutama ketika tidak mengetahui akun Google yang anda gunakan pada HP tersebut.

Agar dampak HP di reset pabrik ini tidak terjadi, anda dapat melakukan pencegahan. Caranya, sebelum anda melakukan reset, ada baiknya untuk menghapus akun Android lebih dulu.

Hal ini bertujuan agar nantinya HP tersebut tidak lagi terhubung maupun terikat ke salah satu akun anda. Terutama bila anda sendiri mempunyai dua atau lebih akun.

Dapat Menghapus Seluruh Data Dalam Memori Internal

Dampak HP di reset pabrik yang cukup merugikan bagi anda yaitu dapat menghapus seluruh data dalam memori internal. Tak tanggung-tanggung data tersebut meliputi kontak, lagu, musik, foto, maupun file-file penting lainnya.

Sebagai cara untuk mengatasi agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda harus mem-backup data lebih dulu. Pilihlah sekiranya data yang anda anggap penting, sebelum memulai reset pabrik atau factory reset.

Baca Juga : Sistem UI Terhenti, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Logout dari Semua Akun Media Sosial

Dampak yang bisa sangat berbahaya bagi anda yaitu logout dari semua akun media sosial. Seperti halnya BBM, WhatsApp, Instagram, Line, maupun media sosial lainnya.

Ketika anda lupa dan memutuskan untuk reset HP anda, ini bisa menjadi bumerang bila anda lupa dengan password-nya. Agar dampak HP di reset pabrik ini bisa anda hindari, maka pastikan anda mengetahui serta mencatat terlebih dahulu data login.

Yang meliputi email, username, maupun kata sandi dari aplikasi tersebut. Supaya nantinya anda dapat masuk kembali atau sign in dengan lebih mudah tanpa adanya kendala.

Sehingga setelah selesai proses reset, anda tidak perlu cemas dan takut lagi dengan akun media sosial yang hilang. Pasalnya, anda bisa mengembalikannya seperti semula dengan mudah dan aman.

Baca Juga : Gagal Update Perangkat Lunak Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya!

Bootloop Apabila Proses Tidak Berjalan dengan Lancar

Satu lagi dampak HP di reset pabrik yang harus anda tanggung, yaitu bootloop. Apabila proses reset pabrik pada HP yang anda pakai tidak berjalan secara sempurna, maka dapat menimbulkan potensi kerusakan.

Terutama pada software sistem operasinya. Dengan demikian, perangkat anda dapat menjadi bootloop atau tidak bisa melakukan booting. Meskipun penyebabnya adalah proses yang tidak sempurna, hal ini tidak bisa tiba-tiba terjadi begitu saja.

Terdapat faktor penyebabnya juga, misalnya ketika anda melakukan reset pabrik, tanpa anda sadari perangkat mati karena kehabisan baterai. Agar dampak ini tidak terjadi, ada baiknya bila mengisi baterai terlebih dahulu lebih dari 50 persen.

Tindakan ini juga lebih aman untuk anda lakukan agar HP tidak bootloop. Meskipun dampak HP di reset pabrik ini cukup merugikan, akan tetapi anda tidak perlu takut untuk melakukannya. Asalkan dengan prosedur dan tata cara yang benar, maka dampak ini dapat anda hindari. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Ciri Charger Oppo Original, Berikut Cara Membedakannya!