Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Langensari Kota Banjar Ambruk

Hujan Deras
BPBD Kota Banjar saat memberikan bantuan kepada korban rumah ambruk. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang melanda wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, pada hari Minggu 20 September 2020 mengakibatkan sebuah rumah milik Ari Herdiana (38), warga Dusun Sinar Galih  RT 1/4 Desa/Kecamatan Langensari ambruk.

Menurut Kepala BPBD Banjar, Dedi Suardi, melalui Kasie Darlog Kuslan Parman, ambruknya rumah tersebut saat Senin sore pukul 15.30 WIB ketika penghuninya tidak ada.

Awal mulanya, kata Kuslan, dari informasi yang ada waktu itu pada hari Minggu malam hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Langensari.

Guyuran air hujan deras yang turun banyak yang masuk dan merembes ke dalam celah-celah tembok rumah melalui atap yang bocor.

Selang satu hari, tepatnya Senin sore keluarga korban tengah berada pada sebuah warung yang lokasinya berada persis depan rumah miliknya.

“Setelah itu, tiba-tiba saja dinding rumah miliknya ambruk. Kemungkinan karena kondisi bangunan rumah sudah tua dan lapuk,” kata Kuslan kepada HR Online, Senin (21/9/20).

Lanjut Kuslan, setelah ada laporan dari warga, tim petugas BPBD bersama para relawan dan warga setempat kemudian membantu membereskan puing rumah yang ambruk dan memberikan bantuan material ringan bersifat sementara kepada keluarga korban.

“Akibat kejadian tersebut rumah milik korban rusak parah, sebagian perabotan rumah tangga juga rusak tertimpa bangunan rumah yang ambruk. Kerugian korban sekitar mencapai puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Baca juga: BPBD Banjar Ungkap Data Kerusakan Akibat Banjir dan Longsor

Sementara itu, Kepala Desa Langensari, Yanti, membenarkan adanya kejadian rumah ambruk yang menimpa salah seorang warganya tersebut.

Saat ini, kata Yanti, pihak pemerintah desa bersama masyarakat setempat serta BPBD Kota Banjar sudah langsung terjun ke lokasi melakukan gotong royong membantu memperbaiki rumah milik korban.

“Betul. Rumahnya ambruk karena sudah lapuk. Tadi dari BPBD bersama warga langsung gotong royong untuk memperbaiki bagian bangunan rumah yang ambruk itu,” katanya (Muhlisin/R6/HR-Online)