Dzaki, Balita Penderita Liver di Ciamis Sudah Pulih

Balita Penderita Liver
Dzaki, balita penderita liver asal Desa Situmandala, Kecamatan Rancah digendong relawan RKC. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang balita asal Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Dzaki yang menderita penyakit liver kini sudah kembali pulih. Sebelumnya kondisi Dzaki sangat memprihatinkan lantaran penyakit yang dideritanya.

“Dengan ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kebesaran dan pertolongannya, ananda Dzaki Attalah Farhana, pasien gizi buruk asal Dusun Buni Hilir, Desa situmandala Kecamatan Rancah telah melewati masa kritis. Sehingga kondisinya sekarang berangsur-angsur pulih,” terang Fauzi Ridwan salah satu Relawan Kemanusiaan Rancah (RKC) kepada HR Online, Selasa (22/09/2020).

Baca Juga: Butuh Bantuan, Bayi Asal Rancah Ciamis Menderita Penyakit Liver

Menurut Fauzi, Dzaki pulih kembali setelah mendapatkan perawatan dari pihak RSUD Ciamis. Saat itu, HB Dzaki sempat pada angka 2,6, namun kini sudah di angka 10,4. Ini berarti Dzaki sudah normal kembali.

“Saya selaku relawan kemanusian mengucapkan terima kasih untuk semuanya. Tidak luput dari dukungan do’a dan bantuan dari semua pihak. Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih kepada Relawan Kemanusiaan Ciamis (RKC), Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Ciamis,dan semua pihak yang telah membantu proses penyembuhan ananda Dzaki,” ucapnya.

Lantaran kondisinya sudah membaik, Dzaki kini sudah bisa pulang ke rumahnya. “Sekarang ananda Dzaki sudah bisa pulang dan kondisinya sudah membaik,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dzaki menderita gizi buruk, namun setelah dibawa ke RSUD Ciamis, ternyata balita tersebut menderita penyakit liver. Lantaran berasal dari keluarga tidak mampu, Dzaki tidak bisa berobat. Apalagi ditambah keluarga Dzaki juga tidak memiliki BPJS. (Fahmi/R7/HR-Online)