Empat Wisata Alam Puncak di Ciamis Rekomendasi Buat Kemping

Empat Wisata Alam Puncak di Ciamis Rekomendasi Buat Kemping
Puncak Jamiaki cocok untuk kemping di Ciamis Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis kaya dengan keindahan alam dan pegunungannya. Tak sedikit beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Khususnya bagi para pecinta kemping, ada wisata alam puncak di Ciamis, Jawa Barat, yang bikin penasaran dan bikin betah untuk datang lagi.

Untuk wisatawan yang mencari tempat keindahan alam, Kabupaten Ciamis adalah surganya. Karena Ciamis juga memiliki tempat wisata yang tak kalah dengan daerah lain, seperti panorama bak negeri di atas awan. Wisata mendaki dan tempat kemping.

Berikut Empat Wisata Alam Puncak yang Ciamis Miliki

Puncak Puspa Gunung Sawal Panumbangan

Wisata Puncak Puspa, Dusun Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan. Wisata ini berada pada kaki gunung sawal dengan ketinggaian 1004 mdpl. Wisatawan mengenalnya sebagai salah satu tempat kemping yang menarik.

Puncak Pusma memiliki panorama pemandangan alam indah, baik siang maupun malam hari.  Bahkan pengunjung yang beruntung, pada pagi hari dapat menyaksikan fenomena bak negeri atas awan.

Untuk ke lokasi, dari Jalan Panumbangan-Panjalu pengunjung ambil belokan dari pangkalan ojek Batu Pamijahan. Jarak dari perkotaan Ciamis sekitar 1 jam perjalanan, namun bagi warga sekitar Tasikmalaya jaraknya lebih dekat.  Tiket masuknya hanya Rp 7.000. kalau kemping nambah Rp 25.000.  Wisata alam puncak ini memiliki fasilitas yang cukup seperti mushala, toilet dan lainnya.

Puncak Bangku Kecamatan Rancah

Puncak Bangku sebetulnya merupakan daerah perkampungan Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Pengunjung banyak mengunjungi lokasi ini setelah viral dengan fenonema bak negeri atas awannya pada akhir tahun 2019 lalu. Kini Puncak Bangku menjadi salah satu daftar tempat wisata Ciamis.

Puncak Bangku Rancah.

Lokasinya berjarak 45 menit perjalanan dari pusat kota menggunakan sepeda motor. Untuk menyaksikan fenomena negeri atas awan, pengunjung harus berangkat subuh bila tak ingin ketinggalan. Bila perlu bisa kemping di lokasi tersebut, karena ada juga jasa penyewaan tenda. Kalau pun kesiangan, pemandangan alamnya pun sangat menarik.

Baca Juga: Menikmati Indahnya Fenomena Negeri di Atas Awan di Wisata Puncak Bangku Ciamis

Wisata alam puncak ini sudah ada pada maps internet sehingga cukup mudah menemukan lokasinya. Tidak ada tiket masuk untuk berkunjung, wisatawan cukup membayar uang parkir kendaraan saja. Pemandangan Puncak Bangku berupa perbukitan perbatasan Ciamis-Kuningan.

Sambil menikmati pemandangan, pengunjung pun bisa sembari menikmati kopi hangat dan gorengan hangat yang tersedia pada warung sekitar lokasi.

Puncak Jamiaki Panumbangan Ciamis

Untuk wisatawan yang suka kemping. Ini ada Puncak Jamiaki yang harus kalian kunjungi. Puncak Jamiaki ini sudah terkenal pada kalangan komunitas, mahasiswa dan remaja pecinta kemping lainnya. Karena memiliki keindahan yang bikin betah berlama-lama memandangi alam Ciamis.

Wisata Alam Puncak ini berada di Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan. Ya, wisata ini berdekatan dengan Puncak Puspa karena masih satu komplek kaki Gunung Sawal. Panoramanya pun tak jauh berbeda, sehingga menjadi salah satu alternatif pilihan pengunjung. Karena pada momen tertentu dua tempat kemping ini penuh dengan pengunjung.

Kalau mau ke lokasi, pengunjung terlebih dulu harus mendaki sekitar 1,5 kilometer, karena berada pada ketinggian 1020 mdpl. Tapi, tak perlu khawatir karena selama mendaki  pemandangan sepanjang jalur pendakian sangat indah dan menjadi pengobat lelah.

Puncak Jamiaki ini pun memiliki berbagai fasilitas meski berada pada ketinggian. Seperti sumber air, MCK, pedagang hingga tour gude.

Puncak Puspa.

Puncak Tugu Gunungsari Sadananya

Tempat wisata alam puncak terakhir adalah Puncak Tugu Gunungsari, Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya. Tempat ini sudah lebih duluan populer dari tiga lokasi sebelumnya. Bahkan sudah terkenal pada era tahun 90 an.  Karena lokasi ini kerap menjadi lokasi kemping anak-anak SMA yang tengah menggelar kegiatan ekstrakulikuler pramuka atau yang lainnya.

Untuk mendaki Tugu Gunung Sawal pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Rute saat mendaki pun cukup mudah, pengelola sudah membuat jalur pendakian permanen dan pos-pos untuk istirahat. Pendaki juga  terlebih dulu mendaftar pada pos keberangkatan. Tak lupa membayar tiket masuk Rp 3 ribu per orang.

Puncak Tugu ini berada pada sisi lain kaki Gunung Sawal, sehingga letaknya cukup berjauhan dengan Puncak Puspa dan Puncak Jamiaki. Tapi panorama alam yang disuguhkan tak jauh berbeda. Pada Puncak Tugu ini pun terdapat patilasan Kiyai Zainal Mustofa, adalah tokoh penyebar islam.

Itulah empat tempat wisata alam puncak yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Bagi yang ingin merencanakan wisata dan kemping, silahkan pilih salah satu rekomendasi wisata alam ini. (Dang/R9/HR-Online)