Faktor Penyebab Kegagalan Usaha yang Wajib Dikenali Calon Pengusaha

Faktor Penyebab Kegagalan Usaha yang Wajib Dikenali Calon Pengusaha
Ilustrasi Penyebab Kegagalan Usaha. Foto: Ist/net

Penyebab kegagalan usaha sangat banyak dan bisa karena berbagai faktor. Mengetahui sejak awal faktor pemicu kegagalan usaha sangat penting. Hal itu agar lebih siap untuk mencari jalan keluar supaya usaha dapat tetap dan terus berjalan.

Kegagalan usaha merupakan hal yang lumrah terjadi. Terlebih untuk usaha yang masih baru. Mempelajari faktor kegagalan usaha dari berbagai sumber sangatlah penting. Sehingga saat melakukannya lebih siap dan mengerti apa tantangan dan risiko yang akan kita hadapi.

Faktor yang menyebabkan kegagalan suatu usaha bisa berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Kita dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan tersebut. Caranya dengan mencari jalan keluar supaya terhindar dari kegagalan.

Faktor Penyebab Kegagalan Usaha Baru

Ada banyak faktor yang membuat sebuah usaha menjadi gagal. Berikut ini berbagai penyebab kegagalan usaha baru yang paling banyak terjadi. Kenali dengan baik untuk mencegah kegagalan bisnis.

Tidak Serius Mengelola Usaha

Seorang wirausaha yang tidak serius menjalankan usaha atau hanya sekedar iseng untuk mendapatkan peruntungan akan membuat usaha cepat hancur. Niat yang dilakukan sungguh-sungguh merupakan salah satu kunci membuat usaha berkembang pesat.

Baca juga: Ingin Sukses Membangun Karier dalam Pekerjaan? Jauhi 5 Pantangan Ini!

Ketika sudah mulai terjun ke dunia usaha, maka kita harus siap dengan konsekuensinya. Kita juga harus siap mengerahkan segala tenaga dan pikiran supaya usaha dapat berkembang dan maju.

Tidak Paham Tentang Usahanya

Seorang wirausahawan harus paham dan mengerti tentang seluk beluk usaha yang akan dijalankan. Tidak menguasai jenis bisnisnya merupakan penyebab kegagalan usaha yang bisa berakibat fatal dan berujung pada kebangkrutan.

Memulai usaha baru tidak hanya sekedar menyediakan barang atau jasa saja. Bisnis juga harus melayani permintaan dan kebutuhan yang banyak orang cari atau konsumen yang menjadi target pasarnya.

Kurang Pengalaman dalam Bidang Pemasaran

Salah satu kunci kesuksesan suatu usaha yaitu pemasaran yang tepat dan benar. Wirausahawan yang tidak mengerti tentang pemasaran bisa menjadi penyebab kegagalan usaha yang akan membuat usahanya hancur.

Di Jaman digital yang sudah canggih ini segala promosi dapat menggunakan media digital. Apabila terpaku melakukan pemasaran secara tradisional akan membuat usaha menjadi semakin terpuruk.

Baca juga: Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil yang Prospek dan Menguntungkan

Sebab berbagai jenis usaha, termasuk kompetitor Anda, mungkin sudah gencar melakukan promosi lewat digital. Promosi lewat digital akan lebih menarget segmen pasar, terutama kaum milenial yang menjadi pasar utama.

Memilih karyawan yang handal dalam bidang pemasaran merupakan salah satu langkah yang tepat supaya usaha dapat terus berjalan dan mampu bersaing dalam dunia usaha yang lebih besar.

Pemilihan Tempat Usaha yang Tidak Tepat

Tempat usaha menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan suatu usaha. Jika lokasi usaha jauh dari orang yang membutuhkan akan menjadi penyebab kegagalan usaha. Karena itu pilih tempat usaha yang strategis.

Baca juga: Usaha Kecil Menengah, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Contohnya

Ada beberapa kriteria pemilihan tempat usaha yang baik sebagai tempat usaha, misalnya dekat dengan jalan raya, mudah terjangkau orang, memiliki tempat parkir luas, berada di area yang ramai dan mudah orang yang lewat melihatnya.

Faktor Penyebab Keberhasilan Wirausaha

Selain mengenal faktor penyebab kegagalan usaha, seorang pengusaha juga perlu mengenal apa saja faktor penyebab keberhasilan wirausaha. Berikut ini beberapa faktor yang ikut menentukan keberhasilan seorang wirausaha.

  1. Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen supaya konsumen merasa puas dan mau menjadi pelanggan kita
  2. Mengetahui dengan pasti sasaran konsumen yang dituju supaya terhindar dari salah sasaran
  3. Memiliki modal yang cukup dalam menjalankan usaha, sehingga usaha dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana awal memulai usaha
  4. Terus mencari informasi yang berkaitan dengan usaha yang kita jalankan serta menggunakan informasi tersebut secara tepat untuk kemajuan usaha
  5. Dapat memanajemen waktu dengan baik dan jangan asal-asalan supaya usaha tidak terbengkalai
  6. Memiliki karyawan yang ahli dalam bidangnya, sehingga bisa menjadi andalan bila terjadi masalah yang berkaitan dengan usaha

Itulah berbagai faktor penyebab kegagalan usaha yang wajib Anda pahami bila berkeinginan kuat menjadi seorang wirausaha sukses. Apalagi jika Anda berencana atau baru saja memulai usaha baru. Kunci kesuksesan seorang wirausaha adalah selalu belajar dari kegagalan dan tidak mudah menyerah. (R11/HR-Online)

Loading...