Fastboot Mode Xiaomi, Berikut Ini Cara Masuk dan Keluarnya!

Fastboot Mode Xiaomi
Fastboot Mode Xiaomi. Foto: Ist/net

Bagi mereka yang sudah mahir dengan HP Android, pastinya sangat familiar dengan fastboot mode Xiaomi. Fastboot bila kita jabarkan secara literally, maka akan memiliki arti booting cepat.

Seperti yang kita tahu, booting sendiri merupakan proses memulai, baik pada komputer maupun dari HP. Akan tetapi, fastboot mode lebih ke arah istilah sebagai jalan masuk pada protokol untuk melakukan flashing perangkat Android.

Pada umumnya, ketika kita masuk ke halaman ini, anda sudah dapat mengetahui apa itu arti fastboot beserta fungsinya. Sedangkan untuk fastboot pada perangkat Xiaomi, kemungkinan memiliki perbedaan.

Terutama bila kita bandingkan dengan cara fastboot pada HP merek lainnya. Pasalnya, sebagian besar HP menggunakan sistem operasi Android, lain lagi dengan Xiaomi yang menggunakan MIUI.

Cara Masuk dan Keluar Fastboot Mode Xiaomi

Penyebab Xiaomi fastboot dapat bermacam-macam, akan tetapi terdapat penyebab yang umum terjadi. Salah satunya adalah karena sistem mengalami eror atau firmware.

Baca juga: Penyebab Laptop No Bootable Device, Penting untuk Diwaspadai

Sehingga, sistem tidak dapat dimuat secara sempurna. Selain itu, masuk fastboot secara tiba-tiba, terjadi karena adanya masalah dalam pengisian daya.

Penyebab lainnya juga karena menekan tombol volume bawah ketika HP baru saja kita nyalakan. Sebenarnya, fastboot dapat terjadi baik sengaja maupun tidak sengaja.

Kesengajaan terjadi karena menggunakan kombinasi tombol, sedangkan ketidaksengajaan terjadi karena tertekan. Demi mengatasi fastboot pada perangkat Xiaomi dengan baik, berikut ini adalah cara masuk dan keluar fastboot mode Xiaomi. Kami rangkumkan selengkapnya untuk anda.

Cara Masuk dengan Menggunakan Tombol Fisik

Untuk masuk ke fastboot mode, salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol fisik. Cara ini terbilang mudah untuk anda lakukan.

Sebab, anda hanya perlu menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan dalam beberapa detik saja. Sebelum menekan kedua tombol fisik tersebut, anda perlu mematikan HP terlebih dahulu.

Tekan tombol Power + Volume Down sampai muncul logo fastboot Xiaomi. Hanya menunggu beberapa detik saja, logo fastboot Xiaomi akan muncul.

Baca juga: Menghilangkan Tanda Headset di HP, Inilah Caranya!

Setelah logo fastboot Xiaomi sudah muncul, maka anda tinggal melepaskan pencetan pada tombol. Pada proses ini, anda sudah masuk ke fastboot mode Xiaomi.

Umumnya, terdapat beberapa versi Redmi, ada juga cara yang lain untuk masuk ke fastboot Xiaomi. Yang mana anda dapat menekan tombol Power + Volume Up hingga muncul menu dengan bahasa China.

Langkah selanjutnya, pilihlah fastboot, secara otomatis perangkat akan restart dan masuk ke mode fastboot. Bila anda berhasil masuk, itu menandakan bahwa cara tersebut telah berhasil.

Menggunakan Perintah CMD

Sedangkan untuk mengeluarkan perangkat dari fastboot mode Xiaomi, anda dapat menggunakan perintah CMD. Cara yang satu ini menggunakan komputer serta menjalankan perintah dalam CMD.

Cara tersebut memiliki tingkat keberhasilan yang baik, efektif, dan aman. Akan tetapi, anda perlu melakukan beberapa persiapan.

Baca juga: Mode Malam HP Samsung, Berikut Ini Cara Mengaktifkannya!

Antara lain seperti kabel data USB yang harus anda pastikan mendeteksi HP pada komputer. Tentu saja, anda juga harus mempersiapkan komputer atau laptop minimal Windows 7.

Sebelumnya, anda juga harus memastikan bahwa USB Debugging HP Xiaomi sudah aktif. Sementara untuk laptopnya juga sudah terdapat data driver ADB fastboot.

Bila anda belum memiliki drive ADB fastboot ini, maka instal lebih dulu. Langkah selanjutnya untuk keluar fastboot mode Xiaomi adalah dengan klik kanan File ADB Fastboot. Setelah itu, Extract Here.

Silahkan anda untuk masuk ke folder fastboot. Setelah itu, hubungkan pada perangkat yang stuck di mode fastboot dengan menggunakan kabel data.

Dalam folder ADB fastboot, klik kanan kemudian anda tekan Open Command Windows Here. Akan muncul Command Prompt, silahkan untuk ketik fastboot devices, lalu tekan Enter.

Anda dapat mengetikkan perintah fastboot reboot, kemudian tekan Enter. Tunggulah hingga proses restart Xiaomi selesai.

Hal yang paling penting, perintah fastboot reboot tersebut memiliki fungsi untuk mengeluarkan HP dari fastboot mode Xiaomi menuju sistem. Itulah tadi cara masuk dan keluar dari mode fastboot yang bisa anda praktekkan dengan mudah. Dengan demikian, aktivitas penggunaan HP Xiaomi anda semakin lebih baik bukan? (R10/HR-Online)

Loading...