Fenomena Okultasi Mars Oleh Bulan, Planet Merah yang Bersembunyi

Fenomena Okultasi Mars Oleh Bulan
Ilustrasi Fenomena Okultasi Mars Oleh Bulan. Foto Istimewa

Fenomena Okultasi Mars oleh Bulan menjadi sesuatu yang menarik perhatian. Okultasi Mars ini akan menghiasi langit sekitar Sabtu malam atau Minggu pagi (5 sampai 6 September 2020).

Sebagian orang yang tidak mengetahui hal ini pastinya penasaran dan bertanya-tanya. Sebab ketika memandang ke langit terlihat bulan akan ada semburat cahaya dengan warna kuning terang. Cahaya ini akan melayang sekitar bulan.

Sebenarnya pandangan tersebut memiliki sebutan sebagai Okultasi. Melansir dari Wikipedia, Okultasi merupakan peristiwa ketika objek angkasa tertutup oleh Bulan. Ada beberapa contoh Okultasi yang sudah terjadi pada beberapa planet.

Baca Juga: Fenomena Astronomi Retrograde Mars, Apa Saja Dampaknya?

Fenomena Okultasi Mars Oleh Bulan

Planet Mars menghilang? Fenomena Okultasi tampak seperti peristiwa menghilangnya planet Mars. Sebab, saat itu planet Mars akan raib dan bagian belakang Bulan akan menjadi tempat persembunyiannya. Namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama, kurang lebih hanya satu jam.

Sehingga kembalinya planet Merah ini tampak seperti tidak terjadi apa-apa sebelumnya. Peristiwa ini yang memiliki sebutan Okultasi Mars oleh Bulan. Menurut NASA, peristiwa atau fenomena menarik ini terjadi dalam dua kali selama periode satu tahun.

Fenomena Okultasi Mars oleh Bulan terjadi pada beberapa titik pandang Bumi. Sehingga kemungkinan besar ada beberapa kawasan Bumi yang berkesempatan melihat fenomena ini. Perkiraan yang paling mungkin adalah Amerika Tengah dan Amerika Utara.

Dua kawasan ini tampaknya menjadi kursi utama untuk menyaksikan Okultasi Mars oleh Bumi. Pratinjau terhadap planet Mars pun berlangsung dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Mars. Ada tiga misi rove robot yang akan meluncur ke planet Merah.

Tepatnya pada musim panas ini yang diprakarsai oleh NASA. Untuk misi kedua berasal dari Cina dan ketiga merupakan produk kolaborasi Eropa-Rusia. Selanjutnya terdapat wacana bahwa Uni Emirat Arab juga meluncurkan misi ke planet Mars.

Misi tersebut akan meluncur dengan pengorbit tanpa awak atau Hope. Program luar angkasa yang akan berlangsung sebenarnya mengambil keuntungan dari Mars dan Bumi. Rencananya pesawat ruang angkasa ini akan meluncur ke Mars pada tahun depan.

Fenomena Okultasi Mars oleh Bulan membuat sudut pandang dari Bumi menjadi berbeda. Ada beberapa contoh Okultasi pada bidang astronomi yang berkaitan dengan Bulan. Seperti Okultasi Regulus oleh Venus yang terjadi pada tahun 1959.

Selanjutnya adalah cincin Uranus juga terjadi ketika mengokultasi bintang. Fenomena ini terjadi pada tahun 1977. Selanjutnya adalah planet Saturnus yang tertutup bintang Sagittarri, kemudian terjadi pada planet Pluto. Peristiwa yang terjadi pada Pluto terjadi sekitar 2002 dan 2006.

Baca Juga: Awan Misterius di Mars Kembali Muncul Dengan Ukuran Panjang

Zona Fenomena Okultasi Mars Oleh Bulan

Jackie Faherty merupakan salah satu astrofisikawan yang mengungkapkan bahwa fenomena ini terlihat luar biasa. Sebab, antara planet Mars dan Bumi akan saling berkaitan. Beberapa planet sebelumnya juga telah berinteraksi satu sama lain.

Namun antara Bulan dan Mars ini terkesan berbeda. Karena pada saat Okultasi berlangsung, planet Mars akan berjarak sekitar 71.202.000 km dari Bumi. Jarak ini setara dengan 44.243.000 mil. Fenomena Okultasi Mars oleh Bulan membuat jarak Mars lebih dekat dengan Bumi.

Tidak hanya semakin dekat, tetapi visual planet ini juga semakin cerah. Pendekatan kali ini membuat Mars bersinar lebih terang daripada sebelumnya. Hal inilah yang membuat cahaya Mars berbaur dengan Bulan.

Pada kawasan Pantai Timur, okultisme ini terjadi sekitar pukul 7:36 pagi. Berdasarkan data EarthSky, jam berakhirnya okultisme ini sekitar pukul 9:05 pagi. Orang yang ingin melihat fenomena ini harus menggunakan teleskop.

Selanjutnya adalah kawasan Omaha yang bisa menonton okultasi Mars pada pukul 7:18 pagi. Namun sebelumnya sudah menghilang atau raib sejak pukul 5:52 pagi.

Berbeda halnya dengan waktu gunung seperti kawasan Skygazers pada kawasan Denver. Para penonton bisa bersiap mulai pukul 4:41 pagi, kemudian berakhir pukul 6:02 pagi.

Lalu pantai barat kawasan Los Angeles yang mengawali Okultasi pada pukul 3:38 dini hari. Tidak lama kemudian berakhir sekitar pukul 4:29 pagi.

Selain fenomena Okultasi Mars oleh Bulan, akan ada fenomena lain yang akan terjadi. Salah satunya adalah pendekatan antara Bumi dan Mars yang membuat pandangan lebih kuat. Pengamatan planet Merah akan sangat jelas menggunakan alat bantu. (R10/HR Online)

Loading...