Fitur Kamera HP Vivo V20 dan V20 SE, Intip Keunggulannya di Sini!

Fitur kamera HP Vivo V20, intip keunggulannya di sini! Foto: Net/Ist.
Fitur kamera HP Vivo V20, intip keunggulannya di sini! Foto: Net/Ist.

Fitur kamera HP Vivo V20 dan V20 SE memiliki rangkaian yang sebagaian besarnya sama. Kedua smartphone tersebut masih menghadirkan fitur kamera yang sudah ada sebelumnya. Namun, Vivo juga menambahkan sejumlah fitur baru pada kedua ponsel V20 series.

Vendor ponsel asal Tiongkok itu telah resmi menghadirkan dua smartphone terbarunya di Indonesia. Peresmian kehadiran HP Vivo V20 dan V20 SE berlangsung secara online pada hari Selasa (29/09/2020).

Mengenai spesifikasi, HP Vivo V20 memiliki spek lebih tinggi dari V20 SE. Salah satunya pada sektor kamera, baik kamera belakang maupun kamera depannya.

Untuk fitur kamera HP V20 yang tersemat pada bagian body belakang perangkat terdiri dari 64 MP kamera utama, 8 MP kamera multimode, dan 2 MP kamera mono.

Sedangkan, fitur kamera belakang HP Vivo V20 SE terdiri dari 48 MP kamera utama, 8 MP dualmode, dan 2 MP depth camera. Selain itu, susunan pada kamera belakangnya juga berbeda, walaupun jumlahnya sama, yaitu tiga buah kamera.

Baca Juga : HP Vivo V20 Pro, Membawa Qualcomm Snapdragon 765G-7 nm

Sementara, untuk kamera depan Vivo V20 memiliki resolusi hingga 44 MP. Ini lebih besar dari kamera depan milik Vivo seri V20 SE yang hanya beresolusi 32 MP.

Meski begitu, Vivo sudah menambahkan beberapa fitur baru pada masing-masing kamera V20 series terbarunya ini. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai fitur-fitur baru yang ada pada kamera kedua ponsel tersebut.

Fitur Kamera HP Vivo S20 Series yang Diunggulkan

Tripod Night Mode & Stylish Night Filter

Fitur Tripod Night Mode dan Stylish Night Filter berfungsi untuk mendukung aktivitas fotografer mobile ketika membidik gambar saat malam hari. Fitur Tripod Night Mode bakal aktif secara otomatis meski dalam keadaan tanpa ada pencahayaan sama sekali.

Selain itu, keunggulan dari fitur tersebut akan menambah durasi exposure untuk menghasilkan gambar malam hari lebih cerah. Penambahan duraninya menjadi 49 detik.

Kemudian, ada juga beberapa filter yang dapat pengguna pilih untuk menambahkan efek pada gambar. Terdapat tiga filter malam yang Vivo sediakan, yaitu black dan gold, cyberpunk, blue ice, dan green orange.

Motion Autofocus dan Smart Zoom

Baca Juga : LG V20 Diklaim jadi Smartphone Android Nougat Pertama di Dunia

Yang menjadi unggulan dari fitur kamera HP Vivo V20 series berikutnya yaitu pada teknologi autofokus. Tak hanya bagian kamera depannya, namun kamera belakangnya juga memiliki fitur motion autofocus. Fitur ini bakal mengunci fokus pada obyek, meski obyeknya dalam keadaan bergerak.

Kemudian, untuk memfokuskan obyek utama, Vivo juga menyematkan fitur Smart Zoom. Fitur ini memanfaatkan algoritma khusus guna memfokuskan obyek yang menjadi bidikan utama.

Senior Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Bunardi, menjelaskan, fitur Smart Zoom pada kamera akan menyesuaikan melalui gerakan obyek. Sehingga tidak ada outframe, meski banyak bergerak.

Selain itu, untuk video milik Vivo HP V20 juga memiliki efek art portrait mono dan art portrait bokeh. Efek art portrait mono mampu mengubah warna pada latar belakang dengan warna monokrom. Sedangkan, untuk obyek gambarnya tetap bewarna.

Memory Recaller

Fitur terbaru bernama Memory Recaller menjadi salah satu yang diunggulkan dalam fitur kamera HP Vivo V20. Fungsinya untuk memoles foto lawas yang telah usang berubah menjadi lebih cerah dan jelas, sehingga akan terlihat seperti baru.

Sebenarnya fitur tersebut memanfaatkan Ultra HD yang terdapat dalam menu editing. Jadi foto jadul itu dipotret menggunakan kamera HP Vivo V20. Setelah itu, pengguna tinggal memilih menu edit. Lalu, pilih repair atau perbaiki, kemudian pilih opsi Gambar Ultra HD.

Dynamic Sky

Baca Juga : Mode Malam HP Samsung, Berikut Ini Cara Mengaktifkannya!

Dynamic Sky adalah fitur unggulan terakhir sebagai fitur kamera HP Vivo V20 series. Fungsinya dapat mengedit foto still atau gambar diam dan foto, menjadi sinemagraf. Yang mana sinemagraf ini mirip seperti GIF. Yaitu akan mengubah gambar tidak bergerak menjadi berbentuk video singkat.

Namun, fitur tersebut hanya akan memberi efek gerak pada gambar langit saja. Kemudian selain itu, fitur Dynamic Sky juga dapat mengubah-ubah gambar langit dengan sejumlah filter yang telah tersedia. (Eva/R3/HR-Online)