Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Flek Hitam di Wajah. Foto: Ist/net

Banyak wanita yang merasa risih jika ada flek hitam di wajah. Selain bisa menurunkan kecantikan wajah, adanya flek hitam juga dapat menghambat pergaulan. Bahkan tak sedikit yang lebih senang tidak keluar rumah. Lantas, bagaimana cara mengatasi flek hitam pada wajah?

Memiliki wajah yang halus mulus dan bercahaya merupakan dambaan setiap wanita. Namun untuk mempertahankan wajah cantik tidak datang begitu saja, melainkan harus dengan perawatan yang rutin.

Timbulnya flek hitam terutama karena kulit sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet dari matahari menyebabkan kulit tubuh mengeluarkan sel melanosit. Sel inilah yang menghasilkan pigmen pengatur warna kulit yang bernama melanin.

Melanin inilah yang akan menyebabkan kulit wajah memiliki warna yang lebih gelap. Jika produksi melanin berlangsung dalam jumlah besar, maka dapat menyebabkannya menumpuk. Penumpukan melanin ini yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah.

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Wajah Menjadi Lebih Cerah Alami

Munculnya bercak hitam pada wajah sebenarnya merupakan mekanisme alami kulit dalam melindungi wajah dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Biasanya bintik hitam pada wajah akan hilang sendiri jika tidak terpapar matahari lagi.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Untuk Anda yang mengalami masalah dengan adanya noda hitam pada wajah sebenarnya tak perlu khawatir. Berikut ini berbagai bahan herbal yang berkhasiat sebagai cara mengatasi flek hitam pada wajah secara alami.

Buah Lemon atau Jeruk Nipis

Buah jeruk lemon dan jeruk nipis terkenal sebagai bahan untuk perawatan wajah. Hal ini karena kandungan vitamin C yang efektif dalam mencerahkan wajah, anti penuaan, menangkal radikal bebas, dan menghilangkan noda hitam.

Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal memeras lemon atau jeruk nipis untuk diambil airnya. Setelah itu celupkan kapas atau cutton bud dalam air perasan jeruk dan oleskan ke noda hitam pada wajah. Bilas setelah kering.

Masker Kentang

Selain merupakan umbi yang enak dan bergizi, kentang juga baik untuk perawatan wajah. Buah ini berkhasiat untuk melembabkan kulit, membuat wajah lebih cerah, membuang sel kulit mati, maupun melenyapkan flek hitam di wajah.

Baca juga: 4 Jenis Buah Ini Ampuh Hilangkan Noda Hitam di Wajah

Untuk membuat masker kentang Anda harus perlu melembutkannya dan tambahkan sedikit air agar bisa menjadi lembut. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan sebentar sebelum bilas dengan air bersih.

Gel Lidah Buaya

Lidah biaya merupakan nama tanaman yang sangat populer bagi kaum hawa. Dari untuk perawatan rambut, menurunkan berat badan hingga untuk merawat wajah. Kandungannya juga berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Untuk mengambil manfaat lidah buaya tinggal belah dan tuang gelnya pada mangkuk. Oleskan gel dagingnya pada wajah yang bernoda dan bilas setelah kering. Wajah akan mulus kembali dan menjadi lebih halus dan bercahaya.

Masker Pepaya

Buah pepaya terkenal karena rasanya yang enak. Kandungan serat dan nutrisinya sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Buah pepaya juga efektif untuk perawatan wajah dan mengatasi flek hitam di wajah.

Baca juga: Obat Penghilang Bekas Jerawat Berbahan Alami, Ampuh Atasi Noda Hitam

Untuk membuat masker pepaya cukup mudah. Anda tinggal membuang kulit dan biji buah pepaya matang lalu lembutkan menjadi bubur. Oleskan pada wajah yang bernoda dan biarkan sebentar lalu bilas dengan air bersih.

Rimpang Kunyit

Bahan herbal yang juga berkhasiat untuk mengatasi flek hitam pada wajah adalah kunyit. Rempah ini tak hanya bermanfaat untuk membuat masakan namun juga efektif untuk mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit tubuh.

Untuk membuat ramuan dari rimpang ini tinggal memarutnya dan mencampurkannya dengan air perasan jeruk lemon. Setelah itu tinggal oleskan pada noda hitam pada wajah. Untuk hasil efektif lakukan secara rutin.

Itulah berbagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi dan mengusir flek hitam di wajah. Selain noda hitam akan hilang, wajah pun akan menjadi lebih halus, lebih bercahaya, dan tentunya lebih cantik. (R11/HR-Online)

Loading...