Fungsi Badan Golgi, Struktur dan Ciri-Cirinya yang Perlu Diketahui

Fungsi Badan Golgi
Ilustrasi Fungsi Badan Golgi. Foto Istimewa

Fungsi badan golgi dalam kelangsungan hidup tumbuhan sangatlah penting. Dengan adanya peran, struktur, ataupun ciri badan golgi, maka setiap kegiatan dari pencernaan, sistem pernafasan, dan juga sistem yang lainnya dapat berjalan baik.

Mereka akan saling berkaitan satu dengan yang lain dalam mendukung cara kerjanya. Badan golgi mempunyai struktur, ciri, dan juga peran yang khusus sebagai pendukung kelangsungan hidup tumbuhan.

Fungsi Badan Golgi, Struktur dan Ciri-Cirinya

Melansir dari Wikipedia, badan golgi adalah sebuah organel yang berkaitan dengan peran ekskresi dari sel. Kemudian, strukturnya bisa terlihat dengan memakai mikroskop cahaya yang biasa.

Organel ini juga sering kita sebut dengan aparatus golgi, dikitoom, ataupun kompleks golgi. Letak dari badan golgi ini ada pada semua sel eukariotik dan banyak kita jumpai pada organ dengan peran ekskresi, seperti ginjal.

Pada tumbuhan terdapat ratusan badan golgi. Jika pada hewan sekitar 10 hingga 20 badan golgi saja. Kemudian, badan golgi yang terbesar yakni badan golgi yang terletak dalam sitoplasma.

Dalam badan golgi terdapat kantong yang bentuknya pipih dan tersusun dari yang terkecil hingga yang paling besar. Biasanya, ia terikat pada membran.

Baca Juga: Bagian Jantung dan Fungsinya Dalam Proses Memompa Darah

Peran Badan (Kompleks) Golgi

Setiap struktur dari badan golgi memiliki peran yang sangat penting bagi tumbuhan. Fungsi badan golgi yang pertama adalah membentuk kantong vesikula.

Sel-sel kelenjar berupa kantong kecil yang berisi enzim serta bahan-bahan yang lain melakukan fungsi dari sekresi. Lalu, fungsi yang kedua adalah membentuk dinding sel tumbuhan.

Selanjutnya, membentuk akrosom untuk spermatozoa yaitu berisi enzim sebagai pemecah dinding sel telur serta berfungsi sebagai pembentuk lisosom. Kemudian, badan golgi juga berperan sebagai tempat pengolahan dan pemodifikasian protein.

Fungsi badan golgi selanjutnya, juga menyeleksi serta membentuk paket dari molekul-molekul sebagai sekresi sel. Fungsi lainnya yakni membentuk proses dari biosintesis glikolipida dan juga glikoprotein. Glikoprotein adalah bahan utama dalam proses sekresi untuk berbagai kelenjar.

Ia juga sebagai komponen dalam membentuk membran sel. Lalu, kompleks golgi juga berfungsi sebagai melepaskan sekresi permukaan sel, membentuk kantong vesikula sekresi sel, membentuk mirosom dan akrosom, serta membantu dalam proses pembentukan tembok sel tumbuhan.

Struktur Badan Golgi

Struktur dari organel ini terbagi dalam 3 bagian, yakni sakula, vesikel sekretoris, serta mikrovesikel atau vesikel.

Sakula

Struktur ini adalah sebuah gelembung dan tersusun pada tumpukan. Ia terpisah celah-celah yang kecil serta memiliki permukaan yang tidak sama. Lalu juga terlihat bisa melepaskan beberapa dari gelembung sakula cekung. 

Baca Juga: Sistem Ekskresi pada Manusia, Kenali Beberapa Organ dan Fungsinya

MikroVesikel (Vesikel)

Bagian dari struktur badan golgi ini adalah sebuah gelembung yang mempunyai ukuran diameter hingga 40 mm. Vesikel dari retikulum dan terhubung dengan sakula. Bagian ini adalah bagian pertama dari badan golgi. Sehingga, pada fungsi badan golgi yang besar terdapat pada bagian ini.

Vesikel Skretoris

Bagian dari struktur badan golgi ini adalah sebuah gelembung yang ada pada bagian sakula tepi. Struktur ini merupakan vesikel besar yang langsung berhadapan dengan membran plasma. Dari vesikel sekretoris ini protein yang telah mengalami pemrosesan pada lumen sukulus terangkut.

Ciri-Ciri Badan Golgi

Badan golgi mempunyai dua ciri yang sangat berkarakter, yakni clathrin-coated dan juga COPI-coated. Clarin-coated adalah ciri dari badan golgi sebagai tanda terjadinya cairan yang berasal dari protein serta laurat sitoplasma. Lalu, membentuk cincin yang ada pada leher plasma.

Sedangkan, ciri untuk fungsi badan golgi yang kedua adalah COPI-coated. Sebuah bagian yang terdapat pada amplop COPI dan mempunyai peran dalam perkembangan sel yang sama. Ciri ini menjadi satu pembeda dari struktur bagian badan golgi yang lain untuk tumbuhan.

Terdapat dua protein pada badan golgi, yakni protein SNARE. V-snare akan bergerak menuju T-snare dan menyatu. T-snare yaitu protein yang berada pada target, sedangkan V-snare pada vesoikel snare. V-snare dan T-snare akan berfusi lalu menjadi satu.

Kedua, adalah protein Rab, ini termasuk dalam golongan GTP-ase. Protein ini akan mempermudah serta mengatur kecepatan vesikel sekaligus pemasangan V-snare dan juga T-snare. Hal ini perlu untuk menggabungkan membran sel.

Ciri-ciri dan struktur ini juga perlu kita ketahui dalam mendukung pemahaman kita tentang fungsi badan golgi pada tumbuhan secara benar dan tepat. (R10/HR Online)

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia, Susunan Organ dan juga Fungsinya