Fungsi Dinding Sel Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Fungsi Dinding Sel
Ilustrasi Fungsi Dinding Sel. Foto Istimewa

Fungsi dinding sel (tembok sel) yang merupakan bagian paling luar dari sel ini memiliki beberapa bagian dan juga ciri khas tersendiri. Tembok sel ini hanya terdapat pada organel sel tumbuhan, bakteri, jamur, dan alga saja, sehingga hewan dan juga manusia tak mempunyai organ ini.

Fungsi bagian dari sel ini memang terlihat sederhana, akan tetapi dapat berpengaruh besar bagi kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri.

Fungsi Dinding Sel

Melansir dari laman Wikipedia, tembok sel merupakan struktur luar membran plasma sebagai batas ruang untuk sel dalam proses membesar. Bagian dari sel ini adalah bagian paling kecil dari makhluk hidup.

Tembok sel mengakibatkan sel tak mampu bergerak serta berkembang dengan bebas layaknya sel pada umumnya. Akan tetapi, hal ini memiliki akibat yang positif, sebab bagian sel ini mampu memberikan support penuh. Kemudian sebagai perlindungan serta penyaring (filter) untuk struktur dan fungsi sel tersebut.

Fungsi dinding sel ini terdiri atas beberapa macam komponen dan tergantung pada golongan dari organisme. Jika pada tumbuhan, bagian sel ini terbentuk sebagian besar dari polimer karbohidrat (pektin, hemiselulosa, selulosa, serta lignin sebagai penyusun yang penting).

Lalu, jika pada bakteri, peptidoglikan (suatu glikoprotein) yang menyusun tembok sel. Fungi atau jamur mempunyai tembok sel yang terbentuk dari kitin. Sementara, bagian sel ini pada alga terbentuk dari pektin, glikoprotein, serta sakarida yang sederhana (gula).

Akan tetapi, juga mempunyai organ-organ yang ada untuk membantu organ ini bekerja. Organ dalam tersebut sering kita sebut atau lebih kita kenal dengan nama organel sel.

Organel sel pada tumbuhan hampir mirip dengan organel sel pada hewan dan juga manusia. Akan tetapi, pada tumbuhan, terdapat organel sel yang khas, yakni tembok sel.

Fungsi dinding sel yang paling utama adalah melindungi bagian dari dalam sel tersebut. Selain itu, terdapat beberapa fungsi yang bekerja dalam lapisan sel ini, antara lain:

Baca Juga: Perbedaan Arteri dan Vena, Fungsi, Struktur, dan Jenisnya

Memfasilitasi Distribusi dan Sirkulasi Sel

Struktur dari bagian sel ini tidak padat. Terdapat lapisan yang berupa lubang-lubang yang kita sebut dengan plasmodesmata. Lubang tersebut bisa sebagai jalur air, mineral, atau juga nutrisi yang lain yang sel tersebut butuhkan. Yang kemudian proses sirkulasi dan juga distribusi dalam sel dapat berjalan dengan lancar.

Pelindung Bagian Sel Lain

Letaknya berada pada lapisan paling luar dari sel. Maka, fungsi dinding sel tentu sebagai pelindung bagian sel yang ada. Bagian ini sebagai pelindung karena adanya tekanan mekanis. Lalu sekaligus menyesuaikannya dengan keadaan kimiawi yang ada pada sekitarnya.

Sebagai Penopang Sel

Pada saat bersamaan, struktur tembok ini kaku dan membuat sel-sel lebih stabil. Sehingga, dapat berfungsi sebagai penopang dari bagian tumbuhan yang lain, misalkan daun serta batang. Hal tersebut agar bagian-bagian tersebut dapat tetap pada posisinya.

Sebagai Tempat Menyimpan Molekul

Fungsi dari tembok sel yang lain adalah sebagai penyimpanan molekul yang memiliki peran dalam merasakan adanya mikroba yang mengakibatkan penyakit. Bagian dari sel ini juga membantu jaringan baru terbentuk pada tumbuhan.

Baca Juga: Bagian Telinga dan Fungsinya yang Wajib Anda Ketahui

Mencegah Kerusakan pada Tanaman

Terkadang, tanaman menerima terlalu banyak air, misalkan saat penyiraman yang terlalu sering atau pada saat musim penghujan. Dalam keadaan yang seperti tersebut, jika air tidak hilang, maka tanaman akan terjadi kerusakan lambat laun.

Kondisi seperti ini sering kita sebut dengan overekspansi. Dengan adanya bagian atau fungsi dinding sel, maka kelebihan air yang terdapat pada sel tumbuhan ini akan keluar. Sehingga tanaman dapat tumbuh dengan semestinya.

Tembok sel yang ada pada tumbuhan sendiri sangat penting dalam membantu tumbuhan untuk tumbuh. Sehingga kehidupan dari tumbuhan itu sendiri dapat terjaga.

Selain itu, fungsinya sebagai memfasilitasi distribusi dan juga sirkulasi pada tumbuhan ini mampu membantu tumbuhan menopang strukturnya agar tetap stabil.

Fungsi dinding sel ini mampu berjalan dengan baik. Pasalnya, terdapat dukungan dari lapisan-lapisannya. Mereka adalah bagian sel premier, lamela tengah, serta bagian sel sekunder. Ketiganya mempunyai peran atau fungsi yang penting sebagai penyokong kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri. (R10/HR Online)

Loading...