Fungsi Usus 12 Jari pada Sistem Pencernaan Manusia dan Cirinya

Fungsi Usus 12 Jari
Ilustrasi Fungsi Usus 12 Jari. Foto Istimewa

Fungsi usus 12 jari memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Usus 12 jari atau duodenum ini terletak pada bagian bawah lambung. Kemudian menghubungkan ke bagian usus kosong atau jejunum.

Usus 12 jari memiliki ukuran panjang sekitar 25 hingga 38 cm. Dalam organ tubuh manusia, usus 12 jari memiliki ukuran paling pendek daripada usus halus. Organ retroperitoneal ini tidak seluruhnya terbalut oleh selaput peritoneum.

Kemudian derajat keasaman atau pH normalnya sekitar 9 derajat. Hasil pencernaan lambung akan masuk ke dalam usus 12 jari. Hasil pencernaan tersebut dikenal dengan sebutan chyme.

Apa Fungsi Usus 12 Jari?

Duodenum memiliki karakteristik ukurannya yang pendek. Mulai dari bulbo duodenale kemudian berakhir ke ligamentum treitz. Usus 12 jari memiliki sifat basa karena tingkat keasamannya hanya mencapai 9 derajat.

Secara umum, duodenum memiliki fungsi untuk mendistribusikan atau menyebarkan makanan ke usus halus. Lapisan usus 12 jari terdiri dari susunan sel yang sangat tipis. Berikut ini beberapa peran dari usus 12 jari.

Baca Juga: Bagian Jantung dan Fungsinya Dalam Proses Memompa Darah

1. Membantu Penyerapan Asam Lemak

Salah satu fungsi usus 12 jari adalah membantu penyerapan asam lemak. Penyerapan asam lemak atau gliserol sendiri membutuhkan bantuan dari enzim lipase. Sedangkan enzim lipase sendiri belum aktif secara menyeluruh.

Sehingga kinerja enzim lipase perlu aktif terlebih dahulu. Usus 12 jari menjadi rumah bagi sel yang dapat mengaktifkan enzim lipase. Sel tersebut adalah sekretosi mukosa usus halus. Apabila sudah aktif, maka proses hidrolisis lemak akan berjalan.

2. Membantu Penyerapan Kandungan Asam Amino

Kandungan yang ada dalam tubuh biasanya masih berupa makro molekul. Sehingga kandungan tersebut harus mengalami pemecahan terlebih dahulu agar bisa menjadi mikro molekul. Bagian ini memiliki ukuran lebih kecil, namun bermanfaat bagi tubuh.

Bagian yang lebih kecil memiliki nama asam amino. Selain mengaktifkan enzim lipase, sel usus 12 jari juga berperan untuk mengaktifkan enzim peptidase. Setelah itu, enzim peptidase akan menghidrolisis polipetida kemudian berubah menjadi asam amino.

3. Membantu Penyerapan Zat Gula dan Karbohidrat

Fungsi usus 12 jari yang selanjutnya adalah membantu penyerapan zat gula dan karbohidrat. Sel pada usus 12 jari dapat membantu untuk melakukan sekresi cairan. Cairan tersebut mengandung enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah zat gula.

Zat gula yang bernama disakaridase merupakan komponen gula yang belum terpecah. Biasanya komponen ini berbentuk sukrosa, laktosa, dan maltosa. Apabila masih bisa terpecah lagi, maka berbentuk glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Baca Juga: Panca Indra Manusia, Ulasan Lengkap Fungsi Beserta Cara Kerjanya

4. Menjadi Saluran Ke Usus Halus

Fungsi yang selanjutnya adalah menjadi saluran ke usus halus. Makanan yang masuk ke dalam lambung akan mengalami proses pengolahan. Proses tersebut membawa makanan ke lingkungan asam atau usus 12 jari.

Ketika makanan masuk ke dalam usus 12 jari, maka lanjut dalam pemrosesan dan pencernaan. Lalu makanan akan masuk ke saluran usus halus. Fungsi usus 12 jari ini juga melancarkan pencernaan pada tubuh.

5. Membantu Sistem Imun Tubuh

Peran yang lainnya dari usus 12 jari adalah membantu mempertahankan sistem imun tubuh. Terdapat zat yang bernama peyer’s paths yang merupakan hasil produksi kelenjar limpa atau nodus limfatikus.

Produksi kelenjar limpa ini muncul karena kandungan mukosa pada usus 12 jari. Zat inilah yang dapat mendukung sistem imun dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia, Susunan Organ dan juga Fungsinya

6. Sebagai Tempat Muara Saluran Penting

Fungsi usus 12 jari yang selanjutnya adalah sebagai tempat muara saluran penting. Usus 12 jari atau duodenum merupakan tempat strategis untuk bermuaranya saluran vital. Misalnya cairan yang berasal dari kantung empedu yang memiliki peranan penting.

Cairan tersebut memiliki fungsi dalam pembuangan kolesterol, biliribin, dan bilirubin. Usus duodenum juga berfungsi sebagai tempat bermuaranya saluran pankreas. Hasil dari kelenjar tersebut dapat memproduksi hormon insulin.

Kandungan insulin bermanfaat sebagai pencegah penyakit gula. Terkadang tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan maksimal. Hasilnya, tubuh mudah terserang penyakit gula karena konsumsi yang sembarangan.

Makanan yang masuk ke dalam usus 12 jari tidak mudah untuk dicerna. Namun duodenum ini memiliki lendir yang mempermudah proses pencernaan. Makanan akan terpecah sempurna dan semua gizinya dapat keluar dengan maksimal.

Fungsi usus 12 jari sebagai organ tubuh memang sangat penting. Usus 12 jari juga menghasilkan banyak enzim yang berperan untuk kelancaran pencernaan. (R10/HR Online)