Gagal Update Perangkat Lunak Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya!

Gagal UpdGagal Update Perangkat Lunak Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya!ate Perangkat Lunak Samsung
Ilustrasi Gagal Update Perangkat Lunak Samsung, Foto: Ist/net

Mendapati gagal update perangkat lunak Samsung, tentu saja ini menjadi kendala bagi kita sebagai penggunanya. Baik HP Samsung maupun HP lainnya, menjalankan proses update perangkat lunak merupakan hal yang sangat penting.

Pasalnya, berkaitan dengan performa dan juga kinerja HP itu sendiri. Update perangkat lunak dapat kita sebut sebagai update sistem atau pembaruan perangkat lunak.

Update perangkat lunak adalah sebuah fitur pada Android yang memiliki fungsi sebagai pembaruan sistem beserta dengan aplikasi-aplikasi bawaannya. Terutama yang telah terinstal ke versi terbaru.

Baca juga: Mode Malam HP Samsung, Berikut Ini Cara Mengaktifkannya!

Maka dari itulah, bila terjadi kegagalan pada proses update perangkat lunak ini, sudah dapat kita pastikan akan mengurangi performa HP tersebut. Apalagi bila kita berbicara mengenai HP Samsung, tentu saja update perangkat lunak ini penting untuk kita perhatikan.

Gagal Update Perangkat Lunak Samsung, Bagaimana Cara Paling Tepat Agar Berhasil?

Pada dasarnya, update perangkat lunak pada HP Samsung ini memiliki banyak sekali fungsinya. Salah satu fungsi yang cukup penting adalah untuk meningkatkan versi sistem.

Selanjutnya juga berfungsi untuk meningkatkan versi aplikasi. Fungsi lainnya, yaitu untuk meningkatkan kompatibilitas, meningkatkan keamanan, meningkatkan user interface (UI), dan memperbaiki error.

Saat ini, ada berbagai macam HP Samsung yang dapat kita jumpai di pasaran. Salah satu HP Samsung yang paling terkenal yakni Samsung Galaxy.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara update perangkat lunak pada Samsung Galaxy. Bisa jadi cara update untuk HP Samsung lainnya sedikit berbeda.

Baca juga: Pengaturan Jam di HP Samsung, Simak Caranya Berikut Ini!

Maka dari itulah, bagi anda yang memiliki HP Samsung Galaxy, jangan melewatkan informasi satu ini. Agar, gagal update perangkat lunak Samsung tidak terjadi.

Perangkat lunak Samsung sengaja mendapatkan rancangan untuk memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Akan tetapi, pada HP Samsung Galaxy terkadang membutuhkan waktu untuk menjalankan pembaruan perangkat lunak secara otomatis.

Padahal, penting bagi setiap pengguna untuk langsung melakukan pembaruan. Berikut ini adalah beberapa cara mudahnya yang dapat anda gunakan!

Cara Update Perangkat Lunak pada Android 9 atau 10

Bagi anda yang gagal update perangkat lunak Samsung, maka dapat menerapkan cara yang satu ini. Untuk pengguna HP Samsung Galaxy atau HP Samsung terbaru, tentunya sudah menjalankan Android 9 atau Android 10.

Berikut ini adalah cara update yang dapat anda lakukan. Langkah pertama, anda buka Pengaturan. Setelah itu, klik menu Software Update. Kemudian tekan download dan install untuk menjalankan pembaruan secara manual.

Dalam beberapa waktu, ponsel anda akan terhubung ke server untuk melihat pembaruan OTA yang tersedia. Bila terdapat pembaruan yang menunggu, HP Samsung anda pada saat itu juga akan secara otomatis memulai pengunduhan.

Anda juga dapat memilih untuk melakukan pengunduhan pada waktu tertentu sesuai jadwal yang anda pilih. Caranya adalah dengan Schedule Install.

Bila anda memilih Schedule Install, maka isi pada bagian waktu kapan anda ingin melakukan instal, kemudian tekan OK. Setelah itu, anda dapat melihat konfirmasi pengunduhan yang terjadwal.

Baca juga: Screenshot HP Samsung, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Pembaruan akan diinstal secara otomatis pada saat itu juga. Masalah gagal update perangkat lunak Samsung pun dapat anda tangani.

Mengunduh Firmware

Cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk pembaruan perangkat lunak Samsung agar tidak gagal, bisa juga dengan mengunduh Firmware. Sebelum mencoba cara ini, pastikan anda mem-backup semua file yang dirasa penting.

Hal tersebut bertujuan agar file maupun dokumen anda tidak rusak maupun hilang. Selain itu, masalah gagal update perangkat lunak Samsung dapat anda atasi dengan maksimal.

Selanjutnya, cukup unduh firmware yang sesuai untuk perangkat HP anda. Anda bisa mendapatkannya melalui situs seperti halnya Sammobile atau Pembaruan Samsung Live dan flash menggunakan ODIN.

Setelah anda sudah mengunduh dan memflash firmware pada HP, lakukan langkah selanjutnya. Cobalah untuk update OTA lagi dan seharusnya dapat berfungsi dengan baik.

Pembaruan perangkat lunak pada HP Samsung anda pun dapat dilakukan dengan lancar. Proses gagal update perangkat lunak Samsung juga dapat anda perbaiki secara mudah. Cara yang satu ini juga terbukti efektif dan efisien untuk anda gunakan bukan? (R10/HR-Online)