GPS HP Tidak Akurat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

GPS HP Tidak Akurat
Ilustrasi GPS HP Tidak Akurat. Foto: Istimewa

Ketika kita sedang bepergian, kemudian mendapati GPS HP tidak akurat pastinya sangat merepotkan bukan? GPS HP merupakan salah satu fitur yang memiliki peranan sangat penting.

Terutama sebagai petunjuk arah agar kita tidak tersesat ketika bepergian karena tidak tahu jalan menuju lokasi. Pada dasarnya GPS sudah diatur sedemikian rupa sehingga titik lokasi dapat akurat.

Baca Juga : Layar Mati Saat Telepon, Simak Cara Mengatasinya!

Akan tetapi, terkadang titik tersebut bisa saja melenceng. Bahkan bisa juga justru jauh dari lokasi yang sebenarnya. Akibat dari hal tersebut tentu saja berdampak pada HP kita. Terutama ketika kita sedang menggunakan aplikasi tertentu.

Aplikasi yang dimaksud, seperti halnya Grab atau Gojek. Tanpa menggunakan GPS yang tidak akurat, pastinya para driver kesulitan dalam mencari lokasi kita.

Maka dari itulah, bila GPS HP anda bermasalah segera perbaiki. Namun, sebelum melakukan penanganan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebabnya.

Penyebab GPS HP Tidak Akurat

Pentingnya untuk mengetahui apa saja penyebab dari GPS HP anda yang bermasalah ini, tentu saja bukan tanpa alasan begitu saja. Ketika kita sudah tahu faktor-faktor pemicunya, anda dapat melakukan tindakan pencegahan.

Dengan demikian, GPS tersebut bisa anda gunakan sewaktu-waktu tanpa adanya masalah maupun gangguan. Berikut ini adalah beberapa penyebab GPS HP tidak akurat yang sering terjadi. Kami rangkumkan selengkapnya untuk anda.

Faktor Hardware

Salah satu penyebabnya adalah dari faktor hardware. Terkadang bagi orang-orang yang paham akan teknologi berbicara soal jenis chipset.

Baca Juga : Keyboard HP Tidak Muncul, Berikut Ini Cara Mengatasinya!

Terdapat beberapa chipset yang mempunyai kemampuan GPS cukup buruk. Tak jarang pula salah menunjukkan koordinat.

Hal ini terkadang terjadi pada chipset yang terpasang dalam HP berharga murah. Meskipun pada dasarnya tidak selalu HP murah memiliki chipset yang kurang kualitasnya, ada baiknya juga untuk memperhatikan hal ini.

Jaringan Internet Lambat

Penyebab GPS HP tidak akurat berikutnya adalah karena jaringan internet yang lambat. Pada umumnya GPS berfungsi dengan adanya akses internet yang baik.

Ketika internet lemot, maka peran GPS pun juga akan terganggu. Selain itu juga akan lambat update atau bahkan hanya tampilkan lokasi terakhir anda saja.

Bug OS atau Aplikasi

Terkadang update sistem operasi Android yang membawa bug pun juga dapat menjadi penyebab GPS mendapat gangguan. Bahkan bisa saja salah dalam menentukan koordinat. Bukan hanya itu saja, bisa jadi aplikasi pengguna GPS yang anda gunakan ini juga mempunyai bug, sehingga GPS menjadi tidak akurat.

Adanya Efek Root

Root dalam Android bisa saja menyebabkan beberapa fitur HP yang menjadi tidak stabil. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu GPS HP tidak akurat.

Cara Meningkatkan Tingkat Akurasi GPS

Bila GPS HP anda masih berfungsi dengan baik hingga sekarang, maka sangat kami sarankan agar sebisa mungkin menghindari penyebab tersebut. Agar GPS HP tidak mengalami gangguan.

Akan tetapi, bila sudah terlanjur bermasalah, tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang bisa meningkatkan akurasi GPS. Berikut ini adalah penjelasannya untuk anda.

Cek Lokasi Anda

Untuk mengetahui seberapa akurat HP adalah dengan mengecek lokasi anda. Caranya adalah dengan membuka aplikasi GPS seperti Google Maps maupun aplikasi peta lainnya.

Lihatlah apakah HP anda menunjukkan lokasi yang tepat atau sebaliknya. Bila benar, maka HP anda sudah menunjukkan lokasi yang akurat. Jika tidak, itu tandanya GPS HP tidak akurat. Anda dapat melakukan langkah selanjutnya ini.

Melakukan Kalibarasi Kompas agar GPS Lebih Akurat

Kalibrasi ulang mampu membantu HP memahami lintang serta bujur atau latitude & longitude dengan lebih baik. Berkat orientasi yang mendapatkan perbaikan, akurasi GPS pun akan lebih baik.

Berikut ini merupakan cara kalibrasi aplikasi Google Maps. Pertama, jalankan aplikasi Google Maps pada HP anda. Setelah itu, tap titik biru dalam peta. Tap lagi tombol Calibrate compass yang berada di bagian pojok kiri bawah layar.

Setelah itu, gerakan HP anda seperti pola membentuk angka delapan atau simbol tidak terbatas. Ketika akurasi kompas sudah meningkat, tap Done.

Proses kalibrasi anda pun sudah selesai, GPS HP tidak akurat sudah mendapatkan penanganan terbaik. Ada baiknya untuk melakukan kalibrasi ini secara rutin. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Bluetooth Tidak Terdeteksi, Beginilah Cara Mengatasinya!
Loading...