Gubernur Jabar Ajak Pelaku UMKM Berkolaborasi Mendesain Produk

Gubernur Jabar Ajak Pelaku UMKM Berkolaborasi untuk Mendesain Produk
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam acara "Marketeers Festival 2020" melalui videoconference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (19/9/20). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersedia menjadi endorsement bagi produk UMKM. Namun syaratnya, UMKM haru berkolaborasi bersamanya dalam mendesain produk tersebut. Hal ini untuk menjalin ikatan emosional terhadap produk yang akan di endorse.

Kolaborasi terkait dengan menciptakan produk menjadi pilihan Ridwan Kamil. Ia memiliki latar belakang sebagai arsitek. Selain itu, Ridwan Kamil juga memiliki follower sampai jutaan pada media sosial. Hal ini dapat menjadi salah satu keuntungan dalam kolaborasi tersebut.

“Saya tengah kurasi produk yang akan saya endore, yang juga saya desain. Saya bisa membantu para UMKM mempromosikannya,” ujar Ridwan Kamil saat kegiatan Marketeers Festival 2020 via videoconference dari Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (19/9/2020).

Ridwan Kamil sengaja menawarkan keahliannya dalam mendesain produk, untuk mendukung 37 ribu UMKM Jabar untuk bangkit saat terdampak pandemi Covid-19.

“Ini beyond marketing. Mendesain sekaligus juga memasarkan. Nantinya untuk setiap produk ada edisi Ridwan Kamil, seperti jaket, sepatu, desain motor, radio dan lainnya. Siapapun yang mau saya endorse harus kolaborasi,” katanya.  

Bagi yang berminat, pelaku UMKM bisa berkomunikasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar. Untuk kemudian proses kurasi dan pemilihan.

“Tidak semua produk terpilih, tapi bagi yang beruntung dapat promosi sekaligus mendesain produk melalui kolaborasi bersama saya,” ungkapnya.

Kolaborasi ini berlaku se Indonesia termasuk pelaku UMKM Jabar. Namun untuk UMKM Jabar lebih prioritas.

Ridwan Kamil pun menjelaskan, dalam membangkitkan ekonomi saat pandemi, pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang. Salah satunya bantuan modal dari bank BJB. Pemerintah pusat telah menyimpan dana Rp 2 triliun untuk membantu pemulihan ekonomi dari sektor UMKM Jabar.

Peluang lainnya, kolaborasi yang menguntungkan seperti halnya bersama Ridwan Kamil dalam mendesain produk. UMKM dapat membangkitkan ekonomi dengan ekosistem baik dari kualitas produk, pemasaran dan meningkatkan kualitas seperti desain produk. (R9/HR Online)