Hapus Riwayat Penelusuran Android, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!

Hapus Riwayat Penelusuran Android
Ilustrasi Hapus Riwayat Penelusuran Android, Foto: Ist/net

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk hapus riwayat penelusuran Android. Seperti yang kita tahu bersama, ketika kita melakukan pencarian dengan memanfaatkan internet seperti Google, pastinya akan meninggalkan jejak.

Dengan kata lain, ketika kita melakukan penelusuran melalui Google, kata kunci yang kita gunakan akan meninggalkan jejak. Jejak tersebut sering kita sebut sebagai riwayat atau history pencarian.

Riwayat atau history ini bagi sebagian orang bersifat privasi atau rahasia. Sehingga harus lebih berhati-hati untuk menjaganya.

Terutama bila Android anda dipinjam oleh orang lain, itu tandanya harus semakin ekstra waspada agar tidak ketahuan. Bila kata kunci tersebut bersifat pribadi atau sensitif, ada baiknya jejak pencarian itu anda hapus saja.

Cara Hapus Riwayat Penelusuran Android

Sebenarnya, kita tidak dapat sepenuhnya menghentikan Google. Akan tetapi, setidaknya anda dapat membatasi Google sebagai perusahaan teknologi terbesar ini dalam mengumpulkan informasi.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Riwayat Chat WhatsApp Pasangan yang Suka Selingkuh

Selain itu, juga membatasi segala aktivitas digital yang telah anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara menghapus riwayat pencarian Google tersebut.

Untuk menghapus riwayat penelusuran tersebut, sangat mudah untuk anda gunakan. Ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan.

Tenang saja, cara-cara ini tidak membutuhkan waktu lama, sehingga terbilang efektif dan juga efisien. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Cara Pertama

Cara hapus riwayat penelusuran Android ini dapat anda gunakan bila history Google yang ingin anda hapus lebih banyak. Terutama dalam rentang waktu yang juga cukup lama.

Caranya cukup mudah, anda cukup membuka aplikasi Google Chrome pada ponsel Android anda. Kemudian klik menu seperti tiga titik yang ada pada sudut kanan atas.

Setelah itu, pilihlah opsi “History”, selanjutnya klik Hapus Data Browsing”. Dalam bagian itu, anda akan melihat rentang waktu history yang akan anda hapus.

Anda dapat memilih antara opsi sepanjang waktu, 4 minggu terakhir, 7 hari terakhir, 24 jam terakhir, atau 1 jam terakhir. Centang “History Browsing”, kemudian hapus centang data lain yang tidak ingin anda hapus.

Baca juga: Aplikasi Avatar Hijab Terbaik, Viral dan Unik Wajib Dicoba!

Setelah itu, klik “Hapus Data” yang terlihat pada sudut kanan bawah serta “History Google Chrome” anda akan terhapus. Cara hapus riwayat penelusuran Android pun sudah selesai.

Cara Kedua

Dengan menggunakan cara kedua ini, anda dapat menghapus seluruh aktivitas. Caranya pun tak kalah mudah dengan cara sebelumnya.

Langkah pertama, pada HP Android anda, silahkan buka aplikasi Setelan Perangkat, kemudian masuk ke akun Google. Setelah itu, pada bagian atas ketuk “Data & Personalisasi”.

Langkah selanjutnya, pilih “Aktivitas dan Linimasa”, barulah anda ketuk “Aktivitas Saya”. Pada sebelah kanan kotak penelusuran tersebut, anda ketuk “Lainnya”.

Kemudian pilih “Hapus Aktivitas Menurut”. Pada bagian bawah “Hapus Menurut Tanggal” ketuk tanda panah menunjuk arah bawah, selanjutnya pilih “Semua”. Langkah terakhir adalah pilih “Hapus”. Cara hapus riwayat penelusuran Android pun selesai.

Cara Ketiga

Jangan khawatir, bila kedua cara tersebut anda rasa masih terbilang ribet atau kurang efektif, anda bisa menggunakan cara ketiga ini. Tidak salah lagi yaitu dengan berhenti menyimpan aktivitas.

Cara tersebut lebih praktis dan juga lebih cepat bila kita bandingkan dengan hapus riwayat penelusuran Android satu demi satu. Anda bisa mengontrol sebagian besar informasi yang ditampilkan pada Aktivitas Saya.

Baca juga: GPS HP Tidak Akurat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah langkah-langkahnya. Pada ponsel Android anda, silahkan buka aplikasi Setelan perangkat anda. Kemudian masuk pada Google. Setelah itu, pergi ke Akun Google. Pada bagian atas silahkan anda pilih “Data & Personalisasi”. Langkah selanjutnya, terdapat beberapa pilihan yang bisa anda pilih.

Pilih “Kontrol Aktivitas”. Kemudian setelah itu, pilih “Kelola Kontrol Aktivitas Anda”. Langkah terakhir adalah nonaktifkan aktivitas yang tidak ingin anda simpan.

Cara hapus riwayat penelusuran pun selesai. Diantara ketiga cara yang kami sebutkan tadi, dapat anda pastikan sendiri mana cara yang paling mudah.

Maka dari itulah, anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga cara tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Cara hapus riwayat penelusuran Android cukup mudah bukan? Tentunya Anda tidak akan bingung lagi dengan riwayat penelusuran yang tersimpan cukup banyak. (R10/HR-Online)

Loading...