HP Gagal Root? Jangan Khawatir, Ini Cara Mudah Mengatasinya!

HP Gagal Root Jangan Khawatir, Ini Cara Mudah Mengatasinya!
Ilustrasi. hp gagal root. Foto: Istimewa

HP gagal root merupakan salah satu permasalahan yang sering beberapa orang rasakan. Sebab, Android membutuhkan akses root untuk mendapatkan hak penuh ke sistem OS.

Hak akses ini akan memungkinkan para pengguna Android untuk melakukan berbagai macam kustomisasi. Baik itu mengubah, menghapus, maupun tuning performa OS, semua bisa anda lakukan jika rooting berhasil.

Selain itu, anda juga bisa memasang aplikasi dan mengaktifkan fitur baru. Yang mana semua itu hanya dapat anda lakukan jika HP anda sudah berada dalam keadaan root. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat dalam penggunaan sehari-hari.

Cara Mengatasi HP Gagal Root

Saat proses root sedang berlangsung, sering tidak berhasil atau mengalami kegagalan, maka sebelum mengetahui cara mengatasinya, lebih baik jika anda tahu apa yang menyebabkan kegagalan root tersebut.

Penggunaan build number yang tidak sesuai, bisa menjadi penyebab gagalnya proses root. Sehingga sebelumnya anda harus memastikan bahwa build number sudah sesuai dengan OS. Sebab, ada beberapa build number yang bisa anda gunakan untuk OS tertentu saja.

Baca Juga : GPS HP Tidak Akurat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika melakukan root melalui HP secara langsung, perhatikan apakah HP sudah support upgrade OTA serta ICS atau belum. Karena kurang memperhatikan paket rooting, juga bisa menyebabkan HP gagal root.

Sedangkan jika melakukan root melalui PC, perlu memastikan bahwa versi Windows OS sesuai. Sebab, ada beberapa alat rooting yang hanya bekerja pada PC dengan sistem operasi 64 Bit saja. Sehingga anda perlu memastikan Windows PC anda sudah support 64 Bit atau belum.

Apabila anda sudah memastikan semuanya, namun tetap saja gagal melakukan root. Anda bisa mengikuti cara mengatasi kegagalan proses root berikut ini.

Melalui Recovery

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari file update rooting dalam bentuk file zip. Melalui internet, anda akan dengan mudah menemukan file update rooting tersebut.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!

Apabila sudah menemukan, unduh file tersebut karena file ini merupakan yang terpenting saat akhir proses rooting. File ini akan mengatasi penyebab HP gagal root.

Setelah itu, simpan file ke dalam SD card dan matikan HP. Karena pada umumnya rooting bisa anda mulai dengan keadaan HP mati.

Selanjutnya, tekan tombol power, lalu tombol volume atas dan tombol volume bawah secara bersamaan. Jangan anda lepaskan dan terus tekan sampai muncul tampilan recovery.

Tahap akhirnya adalah memasang update zip yang sebelumnya telah anda simpan dalam SD card. Pada tahap ini, proses root telah selesai.

Menggunakan Aplikasi Root

Ada banyak aplikasi root yang bisa anda gunakan untuk mengatasi HP gagal root. Seperti aplikasi Kingroot, Framaroot, Kingoroot, dan lain sebagainya.

Baca Juga : HP Tidak Dapat Memutar Video, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apabila tipe HP yang akan anda root tidak cocok, prosesnya akan mengalami kegagalan. Sehingga pastikah dulu support tipe HP-nya dan chipset yang HP anda pakai.

Cara rootnya juga tidak sulit. Anda hanya perlu memilih aplikasi yang cocok. Apabila sudah, buka aplikasi dan tekan tombol root. Hanya dengan satu klik, proses akan langsung berjalan. Kemudian HP anda akan restart, lalu fungsi root sudah bisa anda gunakan.

Memakai Komputer

Apabila tidak bisa menggunakan HP, anda dapat memanfaatkan komputer. Root dengan menggunakan komputer, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memakai aplikasi pada cara sebelumnya. Bedanya, kita hanya perlu menghubungkan HP ke komputer.

Setelah itu, buka aplikasi root dan ikuti petunjuk yang telah aplikasi tersebut arahkan. Apabila proses telah selesai, itu berarti akses root sudah bisa anda dapatkan. Sehingga HP gagal root anda telah teratasi dengan baik.

Metode Flash

Apabila HP anda mengalami error yang parah, anda harus menggunakan perangkat desktop seperti PC atau laptop. Perangkat ini berguna untuk melakukan flashing pada HP yang akan anda root.

Metode flashing ini berguna untuk HP yang tidak bisa hidup kembali atau mengalami bootloop. Maka cara flashing ini bisa anda lakukan dengan bantuan perangkat desktop yang terhubung melalui kabel USB.

Sebelum mengikuti semua cara-cara tersebut, anda harus memastikan penyebab kegagalan root tersebut. Sehingga anda bisa memilih cara mengatasi yang paling tepat dan sesuai

Mengatasi HP gagal root memang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan HP secara langsung atau dengan bantuan PC untuk melakukan root. Pilihlah cara yang sesuai agar proses root berhasil.

Baca Juga : Memindahkan Kontak Ke HP Baru Cepat Tanpa Ribet