HP Samsung Galaxy S20 FE Resmi Meluncur, Ini Harganya di Indonesia

HP Samsung Galaxy S20 FE
HP Samsung Galaxy S20 FE. Foto : net.ist

HP Samsung Galaxy S20 FE menjadi salah satu smartphone terbaru besutan vendor asal Korea Selatan. Ponsel Samsung Galaxy S20 FE masuk sendiri dalam kelas flagship, karena membawa spesifikasi yang mumpuni.

Smartphone ini masih dalam keluarga S20, namun Samsung memberi embel-embel FE yang kepanjangannya Fan Edition.

Selain seri FE, Samsung Galaxy S20 lainnya ada yang seri reguler, S20, dan S20 Ultra yang sudah terlebih dulu keluar. Masing-masing seri tersebut memiliki kelebihan tersendiri.

Untuk harganya pun masing-masing seri ini bervariatif. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S20 FE adalah versi harga terjangkau dari smartphone S20.

Baca Juga : HP Samsung Galaxy Z Fold2 Hadir dengan Layar Lipat Desain Baru

Spesifikasi HP Samsung Galaxy S20 FE

Meski Samsung sudah merilis secara resmi S20 FE tersebut, namun untuk penjualannya baru bisa konsumen dapatkan pada 2 Oktober 2020 nanti.

Ada dua versi dari seri FE ini sendiri. Versi pertama adalah menggunakan teknologi jaringan 4G dan kedua adalah berteknologi 5G. Kedua versi ini juga ada perbedaan dalam hal spesifikasinya.

Baca Juga : HP Samsung Galaxy F41, Chipset Samsung Exynos 9 Octa 9611

Dapur Pacu

Yang membedakan dari dua varian dalam seri Samsung Galaxy S20 Fan Edition atau FE ini adalah pada bagian dapur pacunya.

Untuk varian 4G chipsetnya menggunakan Exynos 990 (7 nm+), dengan CPU Octa-core Mongoose M5, Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang masing-masing berkecepatan berbeda.

Chipset Exynos 990 yang merupakan buatan Samsung juga terpasang pada Galaxy Note20 Series. Serta ada juga S20 Ultra yang menggunakan jasa dari chipset tersebut.

Kelebihan prosesor Exynos 990 yang terpasang pada HP Samsung Galaxy S20 FE 4G adalah, bisa meningkatkan performa sampai 20 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Cortex-A76 dual core serta Cortex-A55 sebagai pendampingnya juga dapat memberikan keseimbangan yaitu antara performa serta konsumsi daya. 

Bicara gaming, chipset Exynos 990 ini terbilang cukup mumpuni saat menjalankan game mobile. Hal ini berkat adanya GPU atau grafis Mali-G77 MP11. Grafisnya ini menawarkan pemprosesan grafis 3D paling baik untuk pengalaman bermain game.

Lantas bagaimana dengan varian 5G? HP Samsung Galaxy S20 FE ini pada bagian otaknya sama dengan trio seri lainnya dalam keluarga S20.

S20 FE ini memakai chip Snapdragon 865 (7 nm+) besutan Qualcomm. Dan mendapat bantuan CPU octa-core Kryo 585 serta GPU Adreno 650.

Namun persamaan dari kedua varian tersebut dalam sisi hardware-nya adalah sama-sama membawa RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB. Begitu pula untuk penyimpanan internal sama kapasitas 128 GB dan 256 GB.

Baca Juga : HP Samsung Galaxy A52 Membawa Spesifikasi Kamera Belakang 64 MP

Layar

Persamaan lain dari kedua varian HP Samsung Galaxy S20 FE adalah pada bagian layarnya. Smartphone terbaru besutan Samsung tersebut memiliki layar berukuran 6,5 inci. Atau berada antara S20 reguler (6,2 inci) serta S20 Plus (6,7 inci).

Kelebihan dari smartphone S20 FE tersebut terutama untuk layarnya sudah berpanel Super AMOLED. Dan resolusi layarnya mencapai 1080 x 2400 piksel atau FHD+, dengan aspek rasio 20:9.

Pada bagian layarnya ini juga sudah diberi pelindung Corning Gorilla Glass 3. Selain itu, telah memiliki sertifikat HDR10+, serta berjalan pada 120 Hz, sama seperti S20 & S20+.

Baca Juga : Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7, Maksimalkan Bekerja dan Hiburan 

Kamera HP Samsung Galaxy S20 FE

Vendor asal Korea Selatan ini membekali dengan triple (tiga) kamera. Ketiga kameranya tersebut terpasang secara vertikal pada sisi kiri atas, dengan LED flash berada di sebelahnya.

Untuk sensor utama kamera pada Samsung Galaxy S20 FE beresolusi 12 MP dengan bukaan f/1.8 (wide). Kamera utamanya ini memiliki Dual Pixel PDAF serta piksel 1,8 ┬Ám. Selain itu, tersedia juga OIS atau Optical Image Stabilization (OIS).

Kemudian untuk sensor kedua berkekuatan 8 MP bukaan f/2.0 sebagao lensa telefoto. Kemampuan dari sensor keduanya ini adalah bisa melakukan 3x optical zoom sampai 30x Space Zoom.

Dan sensor yang terakhir HP Samsung Galaxy S20 FE adalah beresolusi 12 MP dengan aperture f/2.2 sebagai lensa ultra-wide. Kamera ketiganya ini bisa mencakup bidang pandang sampai 123 derajat.

Sedangkan untuk kamera depan jangan sampai terlewatkan. Pasalnya, smartphone S20 FE ini membawa resolusi yang tinggi, yakni sampai 32 MP, dengan binning 4-in-1 piksel.

Baca Juga : HP Samsung Galaxy S21 Ultra, Kecepatan Refresh 120 Hz yang Dinamis 

Baterai

HP Samsung Galaxy S20 FE membawa kapasitas baterai yang serupa dengan S20+, yakni 4500 mAh. Smartphone Samsung ini juga menyediakan fitur pengisian cepat 15W, Fast wireless charging 15W dan Reverse wireless charging 4.5W.

Namun vendor asal Negeri Ginseng ini juga juga menyediakan pengisian cepat 25 W yaitu lewat USB Power Delivery 3.0. Akan tetapi, untuk mendapatkan pengisian cepat ini harus membeli sendiri, karena dijual secara terpisah atau tidak satu paket.

Baca Juga : HP Samsung Internal 128GB, Install Aplikasi dan Game Lebih Leluasa

Spesifikasi Lainnya

Untuk bodi dari Samsung Galaxy S20 FE ini sudah bersertifikasi IP68. Artinya ponsel tersebut tahan terhadap percikan air serta debu.

HP Samsung Galaxy S20 FE juga melengkapinya dengan sensor fingerprint atau pemindai sidik jari yang terpasang dalam layar, atau bisa juga dengan menggunakan pemindai wajah.

Untuk fitur lainnya, pada bagian audio membawa speaker stereo AKG-tuned, yang memiliki teknologi audio Dolby.

Warnanya sendiri banyak pilihan yang bisa konsumen dapatkan. Antara lain Cloud White, Cloud Navy, Cloud Mint, Cloud Lavender, Cloud Orange, serta Cloud Red. Namun keenam warna tersebut tidak hadir di seluruh negara.

Sementara untuk pre-order smartphone Samsung ini sudah bisa di Indonesia mulai 24 September sampai 8 Oktober 2020. Harganya sendiri mulai dari Rp 9.999.000.

Untuk yang melakukan pre-order HP Samsung Galaxy S20 FE pada tanggal tersebut, maka bisa mendapatkan Galaxy Fit2. Selain itu juga memperoleh bonus wireless charger serta clear view smart cover dan cahsback bank sampai Rp 500.000. (Adi/R5/HR-Online)

Baca Juga : Spesifikasi HP Vivo V20 yang Akan Hadir di Indonesia