HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!

HP Tidak BHP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!isa Menerima SMS
HP Tidak Bisa Menerima SMS, Foto: Ist/net

Mendapati HP tidak bisa menerima SMS pastinya akan mengganggu aktivitas komunikasi anda. Meskipun saat ini SMS jarang yang menggunakan karena sudah ada jaringan internet.

Bahkan sudah ada aplikasi chatting yang lebih canggih seperti WA, Instagram, Twitter, dan semacamnya. Akan tetapi, bukan berarti SMS ini tidak kita gunakan lagi.

Terkadang terdapat beberapa hal yang mengharuskan kita menggunakan SMS untuk berkirim pesan. Namun, apa jadinya bila HP yang kita gunakan tidak dapat merespon SMS dengan baik.

Baca juga: Hati-hati! Penipuan Lewat SMS Semakin Marak, Begini Modusnya

Sudah pasti ini akan sangat merugikan kita, karena kebutuhan berkomunikasi tidak dapat terpenuhi dengan baik. Pada dasarnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan HP mengalami masalah semacam ini.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima SMS

Kondisi ketika ponsel tidak dapat menerima pesan singkat atau SMS tersebut, pada dasarnya dapat kita bedakan menjadi dua hal. HP tidak dapat merespon SMS karena faktor dari nomor tertentu saja.

Namun, terkadang HP tidak dapat merespon SMS ini juga bisa anda alami dari semua nomer. Meskipun demikian, penyebab yang paling sering terjadi karena berasal dari gangguan sinyal.

Sehingga tidaklah heran bila HP anda tidak dapat menerima pesan singkat tersebut. Kondisi HP semacam ini tentu saja tidak dapat kita biarkan berlarut-larut.

Baca juga: Fitur Verifikasi SMS Terbaru dari Google Atasi Spam

Pasalnya, dapat mengganggu hingga merugikan kita sebagai pemilik HP. Maka dari itulah, mengatasinya agar kembali seperti semula adalah solusi yang paling tepat.

Berikut ini adalah cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS yang dapat anda terapkan. Pastinya cara tersebut mudah dan efektif.

Menghapus Pesan di Kotak Masuk SMS

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus pesan di kotak masuk SMS. Sebenarnya kotak masuk SMS memang tidak mempunyai batasan yang pasti.

Hal ini berkaitan dengan kapasitas memori internal HP yang anda miliki. Pertanyaannya, bagaimana jika memori HP anda sudah terlalu penuh?

Sedangkan SMS masuk masih saja bertambah dalam jumlah yang tak sedikit. Hal tersebut yang kemudian menjadi penyebab ponsel tidak dapat menerima pesan singkat atau SMS ini.

Pasalnya, tidak adanya ruang yang cukup untuk menyimpan pesan-pesan tersebut. Cara yang paling mudah, cobalah untuk menghapus data-data yang sekiranya tidak anda butuhkan.

Setelah itu, silahkan hapus pesan SMS lama yang sudah anda baca dan tidak penting lagi. Dengan demikian, masalah HP tidak bisa menerima SMS dapat anda tangani.

Memeriksa Pengaturan Jaringan

Memeriksa pengaturan jaringan HP anda juga menjadi cara yang bisa anda gunakan. Mempunyai kecepatan serta koneksi sinyal yang stabil adalah salah satu keunggulan dari jaringan 4G.

Bagi anda yang tinggal atau tengah berada di lokasi yang belum mendukung jaringan 4G, seringkali akan mendapatkan masalah. Salah satunya yaitu HP tidak dapat merespon SMS dengan baik.

Baca juga: HP Lemot? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

Bahkan tidak hanya menerima SMS saja, tetapi juga akan kesulitan dalam mengirim SMS maupun panggilan telepon. Maka dari itulah, pastikan anda memeriksa pengaturan jaringan dengan tepat agar HP tidak bisa menerima SMS ini dapat teratasi dengan baik.

Selain itu, anda juga dapat mengubah pengaturan jaringan untuk mengatasi HP yang tidak dapat merespon SMS ini. Caranya cukup mudah, pertama masuk ke pengaturan HP anda.

Setelah itu, carilah pilihan menu jaringan seluler. Kemudian buka pengaturan jaringan. Langkah terakhir, cobalah untuk mengubah jaringan dari 4G ke 3G atau 3G only. Setelah jaringan tersedia, maka secara otomatis pesan yang tidak dapat masuk, bisa langsung masuk.

Menghapus Cache Aplikasi SMS

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS berikutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi SMS. Kesalahan yang terjadi pada aplikasi SMS bisa saja terjadi.

Untuk hal ini, karena adanya masalah tertentu, misalnya saja karena data yang biasa kita sebut sebagai cache sudah tersimpan terlalu banyak. Hal tersebut, memberikan kemungkinan terjadinya eror.

Maka dari itu, solusi paling tepat adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi SMS. Langkah pertama buka setelan HP. Setelah itu, buka menu Aplikasi. Kemudian geser ke bawah, lalu anda buka aplikasi SMS atau Perpesanan.

Langkah selanjutnya, buka menu Penyimpanan. Setelah itu, ketuk tombol Hapus Cache. HP tidak dapat menerima SMS pun sudah dapat anda atasi. (R10/HR-Online)

Loading...