HP Tidak Bisa Scan Barcode, Inilah Cara Cepat Mengatasinya!

HP Tidak Bisa Scan Barcode, Inilah Cara Cepat Mengatasinya!
Ilustrasi hp tidak bisa scan barcode. Foto Ist/net

HP tidak bisa scan barcode mungkin sering anda temui atau bahkan rasakan. Sebab, tidak semua smartphone memiliki fitur scan barcode.

Selain itu, tidak semua smartphone pula terdapat aplikasi scan barcode bawaan. Padahal terkadang fitur tersebut penting untuk melihat keaslian produk atau melihat informasi pada barcode.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasinya? Jawabannya, tentu ada cara lain agar anda tetap bisa melakukan scan barcode.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Scan Barcode

Bagi anda yang tidak memiliki fitur atau aplikasi scan barcode, tidak perlu bingung. Sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasinya sekaligus mudah anda ikuti.

Baca juga: Aplikasi Scan Foto Terbaik pada Android, Wajib Dicoba!

Beberapa cara berikut ini, mengharuskan kamera anda dapat berfungsi dengan baik. Cara alternatif ini menggunakan aplikasi pada Google Play Store, secara online, Google Assistant, hingga melalui Twitter.

Menggunakan Aplikasi QR & Barcode Scanner

Pertama, anda bisa menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner. Aplikasi ini bisa anda unduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sekitar 4 MB. Sehingga tidak akan membebankan smartphone anda.

Tahap awal untuk mengatasi HP tidak bisa scan barcode adalah mengunduh aplikasi ini. Setelah itu, aktifkan permission kamera untuk mengambil gambar. Setelah kamera aktif, arahkan QR & Barcode Scanner ke arah barcode yang hendak anda scan.

Kemudian isi dari barcode tersebut akan muncul. Apabila berupa URL, bisa anda buka dengan ketuk opsi Open dan akan mengarah ke situs tersebut.

Memakai Aplikasi QR & Barcode Reader

Anda bisa mengunduh aplikasi QR & Barcode Reader melalui Google Play Store. Setelah mengunduh, buka aplikasi dan tekan lanjut sampai tampilan utama muncul.

Anda bisa scan barcode dengan menggunakan kamera ataupun barcode berupa gambar yang tersimpan pada galeri anda. Apabila menggunakan kamera, anda harus memberi perizinan akses kamera dengan tekan Allow.

Baca juga: Hati-hati WhatsApp Anda Bisa Disadap! Begini Prosesnya

Untuk yang menggunakan kamera, caranya sama seperti pada aplikasi sebelumnya. Sedangkan untuk scan gambar, hanya perlu memilih file gambar yang hendak anda scan.

Selain untuk mengatasi HP tidak bisa scan barcode, aplikasi ini juga bisa untuk membuat QR Codes. Seperti QR Codes untuk website, teks, lokasi, kontak, email, aplikasi, dan lain sebagainya. Sehingga aplikasi ini terbilang sangat multifungsi.

Scan Barcode Secara Online Tanpa Aplikasi

Apabila RAM atau penyimpanan anda sudah penuh, anda bisa menggunakan cara ini. Sebab cara ini tidak meminta anda untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Anda bisa langsung menggunakan cara ini dengan menggunakan browser. Bagi anda pengguna Android, lebih baik gunakan Google Chrome. Sedangkan bagi pengguna iPhone, anda bisa menggunakan Safari.

Pertama, anda hanya perlu membuka browser dan membuka situs Web QR (https://webqr.com/). Aktifkan fitur kamera dengan ketuk Allow, lalu arahkan ke Barcode yang hendak anda scan. HP tidak bisa scan barcode pun teratasi.

Menggunakan Fitur dari Google Assistant

Khusus bagi anda pengguna Android, bisa memanfaatkan salah satu fitur dari Google Assistant. Fitur tersebut yaitu Google Lens yang bisa berguna untuk memindai barcode.

Anda harus mengaktifkan Google Assistant dengan menggunakan perintah suara “OK Google” atau menekan tombol Home. Setelah pop-up Google Assistant muncul, tekan ikon Google Lens.

Sama seperti cara  mengatasi HP tidak bisa scan barcode sebelumnya, anda harus memberikan izin akses kamera. Lalu arahkan kamera Google Lens ke barcode atau QR Code yang ingin anda pindai.

Memanfaatkan Fitur dari Aplikasi Twitter

Ternyata aplikasi ini tidak hanya berguna untuk berinteraksi, memposting foto, ataupun berbagi cerita. Akan tetapi, aplikasi ini memiliki fitur untuk melakukan scan barcode.

Sehingga bagi anda pengguna sosial media Twitter, akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada untuk memindai barcode.

Baca juga: Aplikasi Penurun Berat Badan Terbaik di Smartphone untuk Wujudkan BB Ideal

Caranya pun sangat mudah, namun tentunya anda harus memiliki akun Twitter. Setelah itu, ketuk foto profil, sehingga akan muncul tampilan menu profil.

Lihat pada bagian bawah terdapat ikon barcode, lalu ketuk ikon tersebut. Arahkan pada barcode yang hendak anda scan atau pindai barcode lewat gambar yang tersimpan pada galeri.

Untuk itulah, sekarang anda tidak perlu bingung jika HP tidak bisa scan barcode. Sebab, sebelumnya telah tersaji ulasan untuk mengatasi masalah anda tersebut. Perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Salah satunya melakukan scan barcode. (R10/HR-Online)