HP Tidak Dapat Memutar Video, Bagaimana Cara Mengatasinya?

HP Tidak Dapat Memutar Video
Ilustrasi HP Tidak Dapat Memutar Video. Foto: Istimewa

Apa jadinya bila HP tidak dapat memutar video? Sudah pasti ini menjadi hal yang sangat menyebalkan bukan?

Tak dapat kita pungkiri, hal asyik yang sering kita lakukan dengan HP adalah melihat berbagai macam video seru. Bila HP tidak dapat kita gunakan untuk menonton video, pastinya sangat disayangkan.

Baca Juga : Keyboard HP Tidak Muncul, Berikut Ini Cara Mengatasinya!

Memutar video adalah salah satu kegiatan yang paling sering kita lakukan dengan ponsel. Setiap pengguna ponsel tentu saja pernah memutar video pada HP mereka.

Entah itu video hasil rekaman sendiri dari kamera atau video yang telah berhasil kita unduh melalui jaringan internet. Tak jarang pula, memutar video menggunakan ponsel menjadi hobi.

Untuk itulah, masalah HP yang satu ini harus mendapatkan penanganan segera. Ini akan menjadi solusi terbaik.

Cara Mengatasi HP Tidak Dapat Memutar Video

Sebagian besar dari video maupun film yang berasal dari internet, telah mengalami kustomisasi codec dan juga konversi format video. Codec memiliki fungsi untuk mengkompresi transmisi data audio serta video.

Baca Juga : Bluetooth Tidak Terdeteksi, Beginilah Cara Mengatasinya!

Dengan demikian, mampu mengurangi ukuran file video tanpa harus menghilangkan kualitasnya. Ketika video dalam galeri tidak dapat kita putar terdapat beberapa masalah dari codec-nya ini.

Pemutaran video tidak mendukung codec dan juga format video tersebut. Akan tetapi, jangan khawatir, karena hal tersebut dapat kita atasi.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk anda!

Menggunakan VLC pada Android

Menggunakan VLC pada Android dapat menjadi cara untuk mengatasi HP tidak dapat memutar video. VLC adalah salah satu software pemutar video pada PC yang dapat anda andalkan.

Hal tersebut juga berlaku untuk aplikasi VLC pada HP Android. Selain itu, ini juga termasuk seluruh codec tanpa perlu unduhan tambahan.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini pun turut memberikan dukungan untuk video terkompresi DivX dan juga XviD. Kemudian juga berbagai format seperti ACC, Wv, M2TS, TS, FLAC, Ogg, MOV, AVI, MP4, dan MKV.

Bagi anda yang suka melihat film maupun anime luar, dengan menggunakan aplikasi VLC ini tentunya akan jauh lebih senang. Pasalnya, aplikasi VLC juga mendukung audio multi track dan subtitle.

Menggunakan MX Player

Cara mengatasi HP tidak dapat memutar video berikutnya adalah dengan menggunakan MX Player. MX Player merupakan aplikasi pemutar video terbaik yang bisa anda gunakan.

Baca Juga : GPS HP Tidak Akurat, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bila kita lihat dari segi fitur dan juga tampilan, aplikasi ini tidak kalah hebat dengan VLC Player. Namun, aplikasi MX Player ini terdapat iklan pada versi gratisnya.

Pada dasarnya, aplikasi ini sudah dikenal sejak lama, ketika versi Android Jelly Bean. Sebagai salah satu aplikasi pemutar video, MX Player ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat memberikan dukungan beragam macam codec video, audio, dan juga dukungan membaca subtitle eksternal. Dengan aplikasi ini, maka HP tidak dapat memutar video dapat kita tangani dengan baik.

Menggunakan KM Player

Cara lainnya adalah dengan menggunakan KM Player. Ini juga menjadi salah satu aplikasi pemutar video terbaik.

Sebenarnya, KM Player ini merupakan pemutar video yang terdapat pada komputer. Akan tetapi, kini sudah dapat anda gunakan ke HP Android.

Sebagai aplikasi pemutar video, KM Player ini memberikan penawaran seperti halnya fitur HD dan mirror. Selain itu, juga mampu membaca subtitle eksternal meskipun aplikasi ini masih ada iklan.

Mengganti Format Video ke Format Lain

Bila ketika cara yang kami jelaskan sebelumnya menggunakan aplikasi pemutar video terbaik, lain halnya dengan cara satu ini. Mengganti formatnya ke format lain juga dapat mengatasi HP tidak dapat memutar video.

Video yang tidak merespon, bisa karena format video tersebut tidak support dengan HP Android milik anda. Oleh karena itulah, agar video tersebut dapat anda putar, bisa dengan melakukan konversi video.

Misalnya saja seperti 3GP ke MP4 atau juga sebaliknya. Setelah anda sudah berhasil melakukan konversi video, pastikan untuk merestart HP terlebih dahulu.

Tentu saja sebelum mencoba memutar video tersebut kembali pada ponsel. HP tidak dapat memutar video pun dapat kita tangani. (R10/HR-Online)

Baca Juga : HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!
Loading...