HP Xiaomi Redmi 9A 6GB Resmi Meluncur, Ini Harganya

HP Xiaomi Redmi 9A 6GB
HP Xiaomi Redmi 9A 6GB. Foto : net/ist

Vendor smartphone asal China baru saja mengumumkan HP Xiaomi Redmi 9A 6GB. Selain membawa RAM 6 GB, Xiaomi Redmi 9A juga membawa penyimpanan internal 128 GB.

Sebelumnya, awal tahun 2020 ini, smartphone 9A besutan Xiaomi Redmi tersebut pertama kali hadir pada pasar ponsel global.

Xiaomi awal keluar hanya membawa RAM kapasitas 2 GB dengan internal memori 32 GB, serta RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 64 GB.

Sehingga hadirnya RAM 6 GB /128 GB tersebut merupakan spesifikasi baru dari ponsel besutan asal China ini.

Sementara untuk di negara India sendiri, Redmi 9A tersebut memiliki nama baru dengan sebutan Redmi 9i, dengan RAM 4 GB / 64 GB.

Spesifikasi dan Harga HP Xiaomi Redmi 9A 6GB

Meski memiliki spesifikasi yang baru yakni membawa RAM berkapasitas 6 GB dan internal memori 128 GB, namun bagian lainnya tetap sama dengan versi lama.

Dapur Pacu

Selain membawa RAM 6GB, yang menjadi kelebihan dari smartphone Redmi 9A ini adalah pada prosesornya. Seri ini menggunakan otak Helio G25 (12 nm) besutan MediaTek.

Baca Juga : HP untuk Main Game Berat, Simak Daftar Lengkapnya Disini!

Mengutip dari berbagai sumber, bahwa prosesor MediaTek Helio G25 bersama dengan G35, merupakan chipset gaming. Hal tersebut sesuai dengan namanya ā€œGā€, yang fokus pada ponsel pintar gaming.

Prosesor Helio G25 yang terpasang pada HP Xiaomi Redmi 9A 6GB ini, bisa membuat kinerja smartphone menjadi lebih optimal. Sehingga permainan menjadi lebih mulus tanpa hambatan.

Bukan hanya itu, efisiensi daya pun lebih tinggi yang membuat umur baterai lebih panjang, meski bermain game dalam jangka waktu yang lama. Serta hasil fotografi lebih baik.

Prosesor gaming tersebut juga menggunakan tenaga CPU ARM Cortex-A53, berkecepatan maksimal 2 GHz. Sebagai tendemnya juga terpasang GPU atau grafis PowerVR GE8320.

Layar

Sementara pada bagian layarnya HP Xiaomi Redmi 9A 6GB ini berukuran lebar 6.53 inci, dengan resolusi 720 x 1600 piksel atau HD+, dan aspek rasio layar 20:9. Tidak seperti saudaranya, Redmi 9 yang memiliki resolusi FHD+.

Layarnya tersebut masih berpanel IPS LCD dengan kerapatan warna mencapai 16 juta. Serta 400 nit yang memancarkan cahaya dengan spektakuler.

Xiaomi Redmi 9A memiliki tampil display Dot Drop. Namun kekurangannya adalah belum terpasang pelindung seperti Gorilla Glass besutan Corning.

Kamera

Pada bagian kamera, HP Xiaomi Redmi 9A 6GB hanya terpasang satu lensa pada bagian belakang, dan satu lensa untuk kamera selfie bagian depan.  

Baca Juga : Harga HP Xiaomi Redmi 9C, Smartphone Murah dengan Triple Kamera

Satu kamera belakang yang menghiasai smartphone ini berkekuatan 13 MP dengan bukaan f/2.2 (wide). Fitur standarnya adalah LED flash serta HDR. Kamera belakangnya ini juga mampu merekam video 1080p@30/60fps.

Sedangkan bagian kamera depan memiliki resolusi 5 MP bukaan f/2.2 (wide), dengan fitur standar HDR. Mengenai videonya, kamera selfie Xiaomi Redmi 9A ini bisa merekam 1080p pada frame rate 30 fps.

Fitur unggulan untuk kedua kameranya ini antara lain Mode Portrait AI, Kaleidoskop, AI Beautify 5.0 dan tentunya HDR.

Baterai

Untuk smartphone model sekarang ini, baterai sangat menentukan bagi konsumen yang ingin membeli ponsel baru. Sebab, baterai juga sebagai salah satu pendukung kerja ataupun bermain game.

Baca Juga : HP Xiaomi Mi 10T Lite, Membawa 4 Kamera Belakang dan Baterai Besar

Nah, untuk HP Xiaomi Redmi 9A 6GB sendiri, membawa baterai yang bisa diandalkan. Sebab, smartphone besutan Xiaomi Redmi tersebut terpasang baterai berkapasitas besar, yakni 5000 mAh.

Sayangnya, meski berbaterai besar tapi salah satu kekurangannya adalah belum mendukung pengisian cepat layaknya smartphone lainnya yang kelasnya sama dengan Redmi 9A. Ponsel ini, hanya membawa pengisian ulang lewat port Micro USB dengan output 10W.

Spesifikasi Lainnya

HP Xiaomi Redmi 9A 6GB untuk sistem operasi (OS) sudah berbasis Android 10, dan menjakankan antarmuka MIUI 12.

Sementara fitur keamanan ponsel sendir menggunakan AI Face Unlock, atau pemindai ID wajah. Dan tidak tersedia pemindai sidik jari.

Untuk konektivitas atau spek lainnya, terpasang FM Radio, jack audio 3,5 mm untuk headset, WiFi 802.11 b/g/n, dan Bluetooth 5.0.

Ukuran dimensi dari ponsel ini adalah 164.9 x 77.07 x 9.0 mm dengan bobot mencpaai 198 gram saja. Sedangkan varian warna yang tersedia antara lain Sky Blue, Peacock Green dan Granite Grey.

Untuk harga dari HP Xiaomi Redmi 9A 6GB, di negara asalnya China ponsel tersebut berbanderol $ 145 atau sekitar kurang lebih Rp 2,1 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi 9i, Membawa Chipset MediaTek Helio G25 (12 nm)