HUT Gong Perdamaian Dunia 2020, Wabup Ciamis: Pererat Persaudaraan

HUT Gong Perdamaian Dunia
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat memberi sambutan pada peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke-11. Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kegiatan tahunan peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia tahun 2020 terselenggara dengan sederhana. Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra terlihat hadir pada kegiatan yang digelar di Obyek Wisata Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020).

Meskipun sedikit yang hadir, namun acaranya disiarkan langsung melalui streaming oleh Badan Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Ciamis bersama Diskominfo Ciamis.

Selain Wabup Yana, terlihat kehadiran unsur Forkopimda Ciamis, Camat Cijeungjing, Kepala Desa Karangkamulyan, dan para tokoh adat serta kasepuhan.

Kepala Dinas Pariwisata, H Wasdi, mengatakan, perayaan peringatan Gong Perdamaian Dunia tahun ini sudah yang ke-11 kali.

“Perayaan HUT Gong Perdamaian Dunia tidak bisa semeriah tahun-tahun sebelumnya, ini karena masih dalam suasana pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Yana D Putra, dalam sambutannya mengatakan, gong perdamaian yang ada di Karangkamulyan merupakan simbol persaudaraan dan perdamaian dunia.

“Saya harap, gong perdamaian ini bukan hanya simbolis semata. Perayaannya bukan sekedar seremonial tanpa upaya untuk mempererat persaudaraan dan menyatukan perbedaan. Perlu diingat perbedaan itu takdir Allah SWT,” kata Yana.

Menurut Yana, saat ini orang lebih fokus mencair perbedaan dibanding persaudaraan. “Kadang orang lebih fokus mencair perbedaannya, daripada menncari dan mempererat persaudaraan,” katanya.

Yana juga berpesan agar selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Saat ini antara Covid-19 dengan ekonomi berbanding terbalik, yang terpapar virus meningkat, sementara ekonomi sebaliknya makin terpuruk,” tambahnya.

Yana berharap, kegiatan tahun depan bisa berlangsung dengan meriah dan sudah bebas dari wabah Covid-19. (R7/HR-Online)

Loading...