HUT ke-75, PMI Banjar Ajak Warga Bergerak dalam Aksi Kemanusiaan

PMI Banjar
Perayaan HUT ke-75 PMI yang dilakukan PMI Kota Banjar secara sederhana. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- UDD PMI Banjar, Jawa Barat rayakan hari ulang tahun ke-75 Palang Merah Indonesia dengan sederhna.

Potong tumpeng serta bakti sosial menjadi cara mereka untuk merayakannya sebagaimana tema tahun ini, yakni solidaritas untuk kemanusiaan.

Ketua PMI Cabang Kota Banjar, H Supratman, mengatakan, mengingat situasi saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, maka perayaan HUT ini hanya diisi dengan sederhana.

Supratman menjelaskan, pihaknya selain melaksanakan bakti sosial berupa donor darah, juga penyemprotan disinfektan serta sosialisasi protokol kesehatan.

“Tadi kami juga mengikuti perayaan seremonial bersama PMI Pusat secara virtual,” kata Supratman kepada HR Online, Kamis (17/9/2020).

Ia berharap melalui momentum ini ingin mengajak kepada warga masyarakat untuk ikut bergerak dalam aksi-aksi kemanusiaan, seperti kesadaran dalam mendonorkan darah ataupun lainnya.

“Donor darah sangat bermanfaat bagi pendonor dan penerima. Untuk itu, mari kita bersama-sama memupuk kesadaran rasa solidaritas untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Baca juga: Pegawai PT APL Donor Darah Tiap 3 Bulan

Stok Darah Menipis

Sementara itu, Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nurrohman, menambahkan, saat ini kondisi stok darah terus menipis.

Terlebih, sejak masa pandemi covid-19 jumlah pendonor kian menurun karena banyak pembatasan aktivitas ruang publik.

Ia menyebutkan, jumlah total stok darah yang tersedia saat ini hanya ada 54 labu. Rinciannya, untuk golongan darah A sebanyak 15 labu, golongan darah B hanya 10, golongan darah O 23 dan golongan darah AB sebanyak 6 labu.

“Sekarang saja dari jumlah 54 labu yang tersisa sudah ada 48 pasien yang terkonfirmasi membutuhkan darah dan sudah pesan,” terang Alfan.

Untuk menutup kebutuhan stok darah tersebut, lanjut Alfan, pihaknya mengajak kepada warga masyarakat ataupun pendonor sukarela agar mendonorkan darahnya.

Warga juga bisa datang langsung ke sekretariat PMI atau menunggu donor darah keliling ke tempat-tempat sesuai jadwal.

“Nanti kami akan keliling untuk memenuhi target persediaan. Bagi yang berkenan bisa langsung datang ke sekretariat,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)