Ibu di Ciamis Tinggal di Rumah Reyot, Selalu Ngungsi Saat Hujan Angin

Ibu di Ciamis
Rumah Nining Yuningsih (39) di Dusun Kaum, Desa/Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang ibu di Ciamis, Nining Yuningsih (39) terpaksa tinggal di rumah reyot yang sewaktu-waktu bisa ambruk. Perasaan was-was selalu menghinggapinya, sehingga Nining terpaksa mengungsi setiap hujan angin.

Rumah Nining di Dusun Kaum, Desa/Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memang sudah tak layak huni. Selain reyot, rumahnya juga sudah bocor di sana-sini.

Kondisi tersebut tentu saja membahayakan penghuni rumah. Namun, Nining tak mampu memperbaiki rumahnya tersebut.

Kondisi perekonomiannya yang morat-marit membuat Nining hanya bisa pasrah tinggal di rumahnya yang tak layak huni tersebut.

Terkadang Nining juga mengandalkan pemberian keluarga dan tetangganya untuk kebutuhan makan sehari-hari.

“Sudah lama memang rumah seperti ini, inginnya saya juga memperbaiki rumah biar enak tinggalnya. Tapi mau gimana lagi, saya tidak mampu,” katanya, Selasa (2/9/2020).

Sehari-hari Nining mengandalkan penghasilan dari berjualan makanan seadanya. Hasilnya untuk makan Nining bersama satu orang anaknya.

“Pontang-panting cari makan sama anak. Tapi Alhamdulillah banyak yang bantu juga untuk makan, dari saudara dan tetangga juga,” katanya.

Nining mengaku was-was apabila datang angin kencang. Apalagi jika kemudian hujan turun, Nining semakin khawatir rumahnya ambruk.

“Biasanya kalau ada angin sama hujan, saya ngungsi ke rumah tetangga. Kalau malam pun, tidur gak tenang. Takut rumah ambruk saya lagi enak-enaknya tidur,” katanya dengan nada prihatin.

Ketika HR Online bertanya perihal bantuan, ibu satu anak di Ciamis ini mengatakan, ia sangat berharap bantuan pemerintah agar bisa tinggal di rumah yang layak.

“Kalau sama Pemerintah Desa sini sudah pernah ada yang datang melihat-lihat. Tapi belum ada bantuan, mungkin belum. Semoga saja pemerintah ada perhatiannya, karena kalau lama-lama tinggal di rumah, takutnya ambruk sewaktu-waktu,” tandasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...