Jabar Butuh 30 Rumah Sakit Baru Untuk Layani 50 Juta Jiwa

Jabar Butuh 30 Rumah Sakit Baru Untuk Layani 50 Juta Jiwa
GubernurJabar Ridwan Kamil meresmikan Rumah Sakit Pasar Minggu di Palimanan Kabupaten Cirebon secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (7/9/20). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut pelayanan kesehatan masih belum optimal, karena kurangnya rumah sakit. Idealnya Jabar harus memiliki 135 rumah sakit, sedangkan yang ada hanya 105 rumah sakit. Artinya, Jabar butuh 30 rumah sakit baru untuk melayani 50 juta jiwa.

“Berdasarkan catatan kami, Jabar masih membutuhkan sekitar 30 rumah sakit untuk melayani warga Jabar dengan jumlahnya yang terus bertambah. Sampai dengan hari ini jumlahnya hampir mencapai 50 juta jiwa,” ungkap Ridwan Kamil saat resmikan Rumah Sakit Pasar Minggu (RSPM) Palimanan, Kabupaten Cirebon via virtual dari Gedung Pakuan, Bandung, Senin (7/9/2020).

Dengan adanya Rumah Sakit Pasar Minggu ini dapat menambah jumlah rumah sakit di Jabar. Ini merupakan langkah yang luar biasa dalam memberikan pelayanan untuk warga Kabupaten Cirebon.

“Harinya Rumah Sakit Pasar Minggu Palimanan ini menambah rumah sakit baru di Jabar. Khususnya untuk melayani warga Kabupaten Cirebon. Sehingga pelayanan kesehatan untuk wilayah Cirebon bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.  

Ridwan Kamil mengemukakan salah satu yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah peningkatan layanan kesehatan. Dalam masa pandemi Covid-19, indeks kesehatan pun jadi fokus Pemprov Jabar selain indeks pendidikan dan daya beli.

“Mudah-mudahan indeks kesehatan Jabar mengalami kenaikan, sehingga dapat berpengaruh terhadap peningkatan angka IPM,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengingatkan agar pelayanan kesehatan harus mengalami peningkatan untuk semua tempat layanan. Namun harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. Termasuk rumah sakit baru RSPM Palimanan. Dalam meningkatkan layanan, Ridwan Kamil berharap dapat meambah kekurangan 30 rumah sakit baru.

“Warga harus tetap menjaga kewaspadaan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Mohon menjaga gaya hidup dan selalu mensyukuri nikmat sehat yang saat ini kita rasakan bersama,” pungkasnya. (R9/HR Online)

Loading...