Kanopi Untuk Dapur Terbuka, Cocok dengan Gaya Rumah Apapun

Kanopi Untuk Dapur Terbuka, Cocok dengan Gaya Rumah Apapun
Kanopi Untuk Dapur Terbuka. Foto Istimewa.

Kanopi untuk dapur terbuka semakin populer akhir-akhir ini. Konsep dapur terbuka sendiri merupakan pengembangan inovasi untuk menjadikan dapur sebagai tempat favorit dan menyenangkan dalam rumah. Model serta jenis kanopi dapur pun sangat beragam.

Banyak yang beranggapan menggunakan kanopi sebagai pengganti genteng konvensional terlihat praktis, namun masih terkesan estetis. Terlebih lagi jika menggunakan kanopi sebagai penutup atap dapur. Karena konsep dapur ini tidak lagi berada pada dalam rumah yang gelap.

Baca Juga: Model Kanopi Rumah yang Unik Untuk Teras Nyaman dan Teduh

Dapur yang menyatu dengan taman atau halaman belakang akan lebih terlihat hangat dan nyaman. Sehingga melangsungkan acara berkumpul pada tempat ini pun bisa menjadi ide yang bagus.

Model Kanopi untuk Dapur Terbuka

Konsep dapur terbuka ini umumnya banyak yang mengaplikasikannya pada negara non-Asia. Sebab faktor cuaca, lahan, hingga kebiasaan orang-orang luar. Namun tak sedikit pula yang menggunakan konsep dapur pada rumah-rumah Indonesia.

Konsep dapur terbuka memiliki banyak manfaat. Seperti mengurangi penyebaran asap ketika memasak. Selain itu, juga dapat menambah nilai estetik dan keunikan sebuah hunian. Dapur ini juga sangat cocok untuk gaya rumah apapun, mulai dari minimalis hingga modern.

Kanopi bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat sebagai atap dapur. Apalagi jika anda memiliki budget yang terbatas. Kanopi untuk dapur terbuka sendiri memiliki daya tahan baik untuk menahan paparan sinar matahari. Ada banyak pilihan kanopi yang tengah populer saat-saat ini.

Kanopi Kaca

Memasang kanopi kaca pada atap dapur dapat membuat ruangan tampak lebih besar. Tidak hanya menambah unsur estetika pada dapur, kanopi ini juga dapat anda manfaatkan sebagai penerang. Sehingga anda tidak perlu menyalakan lampu dan tentunya akan lebih menghemat listrik.

Kanopi kaca juga dapat memberi sirkulasi udara yang baik. Agar terhindar dari sinar matahari berlebih, anda bisa melapisi kaca dengan bahan buram atau coating untuk mengurangi transparansi kaca. Menggunakan model ini merupakan solusi yang efisien untuk membuat dapur terbuka.

Kanopi Polycarbonate

Model kanopi untuk dapur terbuka ini juga sangat cocok untuk pengganti atap dapur. Hangatnya sinar mentari juga masih dapat anda rasakan, karena bahannya yang kurang kebal terhadap sinar matahari.

Harganya yang relatif murah serta warnanya yang transparan. Seringkali membuat jenis kanopi ini banyak yang menggunakan sebagai pengganti kanopi kaca.

Baca Juga: Teras Rumah Dengan Kanopi Agar Rumah Terlihat Lebih Menarik

Dari segi perawatan, cukup dengan menyemprotkan air sabun untuk menghilangkan kotoran pada kanopi polycarbonate. Bila anda melakukan perawatan yang rutin, dapat mencegah tumbuhnya jamur pada kanopi. Pastikan juga anda menggunakan polycarbonate anti-UV agar warnanya tidak menguning.

Kanopi Baja Ringan

Desain kanopi dengan menggunakan baja ringan sebagai bahannya juga dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat. Memiliki bahan yang kuat dan anti karat kemungkinan jenis kanopi ini dapat bertahan untuk waktu yang lama. Berbentuk batangan yang memudahkan anda ketika memasangnya.

Baca Juga: Konsep Rumah Tumbuh, Beginilah Cara Membuatnya

Kanopi untuk dapur terbuka ini harganya cukup terjangkau. Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk kanopi jenis ini. Dapur serta perabotan yang ada juga akan terlindungi dengan aman.

Kanopi Kayu

Material kayu dapat memberi kesan minimalis, etnik, dan mewah pada dapur anda. Menggunakan kanopi kayu juga dapat memberi nuansa sejuk pada dapur. Anda juga dapat mengkombinasi dengan material lainnya. Seperti menambahkan tanaman rambat untuk menambah kesan alami.

Sehingga dapur anda akan terlihat lebih berwarna dan hidup. Anda juga dapat menggunakan peralatan yang sesuai dengan nuansa kayu dari kanopi agar dapur terbuka terlihat lebih serasi dan estetik.

Kanopi Spandek/Zincalume

Desain kanopi untuk dapur terbuka kali ini tahan terhadap korosi sehingga sangat cocok jika anda memiliki rumah pada daerah pantai. Karena kanopi spandek memantulkan panas pada ruang bawahnya. Anda dapat menambah lapisan alumunium foil agar dapur terasa lebih sejuk.

Karena terbuat dari campuran bahan aluminium dan seng, kanopi ini lebih kuat dan awet daripada atap polikarbonat. Beberapa orang menilai bahwa bahan atap ini mampu bertahan hingga 30 tahun. Harganya pun lebih terjangkau. Jadi, sangat cocok bila anda memiliki budget yang pas-pasan.

Berbagai macam model kanopi untuk dapur terbuka tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan selera. (R10/HR-Online)