Kaos Tie Dye, Memiliki Keistimewaan Pewarnaan yang Khas dan Unik

Kaos Tie Dye, Memiliki Keistimewaan Pewarnaan yang Khas dan Unik
Kaos tie dye. Foto istimewa

Kaos tie dye menjadi trend fashion berbusana kasual saat ini. Busana memang tidak ada henti-hentinya selalu memberikan inovasi terbaru.

Apalagi saat ini trend fashion berbusana semakin maju dan berkembang. Pakaian motif tie dye sering terlihat dan muncul sebagai busana sehari-hari, baik untuk wanita maupun pria.

Biasanya motif ini bisa anda temui toko dekat pantai. Selain menarik, motif ini juga mampu memberikan kesan santai dan keren. Motif yang satu ini merupakan pembuatan motif dengan teknik yang simpel.

Teknik pembuatannya dan pewarnaan dengan cara ikat celup. Motif yang berhasil cukup beragam tergantung dari pola dan cara mengikat kainnya.

Motif dan warnanya yang unik membuat jenis baju yang satu ini menjadi populer. Motifnya tidak sama dengan baju lainnya.

Sehingga dapat memberikan kesan penampilan unik dan keren. Perkembangan busana yang semakin maju membuat model busana tie dye banyak menjadi sorotan.

Mengenal Kaos Tie Dye dalam Dunia Fashion

Corak yang berani dan cerah dengan beragam warna, mungkin membuat mata terasa buram. Namun, sebagian besar orang suka akan hal ini.

Baca juga: Kaos Polos Putih Depan Belakang, Tampil Simpel dengan Gaya Trendi

Salah satunya yang ada pada motif kaos tie dye yang kini sedang ramai menjadi pilihan banyak kaum remaja. Kaos dengan corak pelangi ini sudah ada sejak dulu, namun keberadaannya tidak akan lekang oleh waktu.

Mungkin tidak semua orang suka akan motif yang ada pada busana tie dye. Meski tekniknya mudah, namun pewarnaannya cukup sulit.

Cara pewarnaan yang terjadi cukup unik, yaitu dengan terhalangnya warna yang masuk pada area kain tertentu. Pada pewarnaan inilah anda bisa membuat pola melingkar atau abstrak.

Kaos dengan model tie dye ini memang sudah ada sejak tahun 60an. Busana ini memang memiliki perkembangan yang cukup pesat. Sehingga desainnya pun semakin beragam dan meluas.

Pola yang ada cukup mudah untuk penciptaannya. Ada pola melingkar yang unik dan pola abstrak lainnya. Memilih model kaos yang satu ini cukup menarik dan pas untuk tren busana kekinian.

Dasar Pembuatan Tie Dye

Teknik yang ada untuk pembuatan jenis busana yang satu ini memang memiliki cara khusus. Teknik ini sudah ada sejak dulu, pertama kali berasal dari negara Amerika.

Proses pewarnaan yang ada pun cukup unik dan menarik. Teknik tersebut biasa dikenal dengan nama teknik ikat celup. Pewarnaannya khusus yang bernama dye.

Cara membuat tie dye pun sangat mudah. Sebab siapa saja bisa melakukannya tanpa membutuhkan banyak peralatan. Saat anda ingin mencoba mempraktekkannya, peralatan sudah banyak tersedia.

Saat proses pembuatan kaos tie dye, ada beberapa teknik yang bisa anda coba dan lakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan variasi pola dan motif pada busana tersebut.

Ada beberapa jenis pola, meliputi pola spiral, galaksi, mandala, emoji, garis, dan masih banyak yang lainnya. Semua bisa anda buat sendiri dengan proses yang sama.

Keistimewaan Teknik Tie Dye

Tidak seperti teknik pembuatan baju lainnya, tie dye lebih terkenal dengan nama kain jumputan atau ikat celup. Sebab, pada dasarnya proses pembuatan hanya perlu pengikatan dengan menggunakan tali atau karet.

Baca juga: Desain Kaos Keren Simple untuk Anak Muda Kekinian

Selanjutnya kain kaos tie dye akan masuk pada cairan pewarna khusus. Keistimewaan yang ada yaitu pewarna khusus dan tekniknya yang berbeda dengan cara pada umumnya.

Tali maupun karetnya berfungsi seperti lilin batik. Tali tersebut mampu menutup bagian kain yang tidak akan diberi warna. Tujuannya sama yaitu untuk memperoleh motif-motif tertentu.

Hasil model kaosnya mampu memberikan kesan yang unik dan menarik. Hasil motif pembuatan pun tidak sama sehingga menjadi keistimewaan tersendiri. Selain itu, kainnya itu sendiri cukup unik dan eksklusif.

Kain untuk pembuatan kaos motif yang satu ini tidak bisa sembarangan. Pewarnaan yang bisa hanya untuk jenis kain dengan kandungan serat alami. Misalnya saja katun, rayon, maupun sutera.

Jika menggunakan jenis kain sembarangan, warna akan mudah luntur. Jika anda ingin memperoleh hasil pewarnaan yang bervariasi, bisa lakukan proses secara berulang.

Kaos tie dye mampu mengikuti trend fashion dari dulu hingga sekarang. Banyak alasan mengapa tie dye menjadi motif paling unik dan menarik. (R10/HR-Online)

Loading...