Kasus Corona Ciamis Terus Bertambah, Total Positif 58 Orang

Kasus Corona Ciamis
Juru Bicara Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis, dr Bayu Yudiawan. Foto: Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus Corona Ciamis, Jawa Barat, terus bertambah setiap harinya. Hal ini memang sudah dalam prediksi tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis. Bahkan dalam satu hari bisa mencapai 6 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Temuan kasus Corona Ciamis setiap hari cukup signifikan. Seiring dengan tes massif oleh Tim Satuan Tugas Covid-19. Selain itu juga, Ciamis dikepung oleh wilayah zona oranye seperti Tasikmalaya. Sehingga Satgas Covid-19 Ciamis memprediksi bakal terus ada peningkatan kasus.

“Penambahan kasus baru sejak 15 September sampai sekarang, kita terus temukan kasus baru. Kami prediksi akhir September memasuki puncaknya,” ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Ciamis, Bayu Yudiawan, Senin (21/9/2020).

Saat ini, Ciamis mencatat sudah ada penularan lokal. Salah satunya ada 6 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Tiga orang di antaranya berasal dari kontak tracing keluarga, sementara 2 orang dari tes swab massal. Sisanya, 1 orang tercatat sebagai pelaku perjalanan dari Bekasi dengan gejala mengarah ke Corona.

“Jumlah total terkonfirmasi 58 orang, rinciannya 2 orang meninggal, 35 orang sembuh. Sisanya isolasi mandiri dan dirawat. Ada kenaikan, namun Ciamis masih terkendali apabila dibandingkan dengan daerah lain,” katanya.

Ciamis sendiri masih masuk dalam zona kuning. Meskipun begitu, penambahan kasus bisa terus meningkat. Apalagi Ciamis berada di antara daerah zona oranye.

Jika sebelumnya kasus positif Corona Ciamis ditemukan dalam waktu seminggu atau dua minggu, saat ini seiring tes masif hampir tiap hari ada penambahan kasus.

“Sekarang masih belum puncak. Tapi akhir September baru memasuki puncak,” katanya.

Bayu berharap warga Ciamis tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Demikian juga untuk area perkantoran harus memiliki ventitasi untuk sirkulasi udara. (Dang/R7/HR-Online)