Kesalahan Cara Pemakaian dalam Menggunakan Pelembab Wajah

Kesalahan Cara Pemakaian dalam Menggunakan Pelembab Wajah
Ilustrasi pelembab wajah. Foto: Ist/net

Wanita biasanya menggunakan pelembab wajah sebagai dasar sebelum merias wajah. Pelembab juga umum untuk merawat kulit sebelum tidur. Namun tak sedikit wanita yang salah dalam cara pemakaian pelembab wajah yang justru merugikan kesehatan kulit.

Ada banyak manfaat pelembab wajah sehingga banyak wanita sering memakainya. Antara lain untuk melembabkan kulit, menjaga struktur dan fungsi kulit, dan melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet.

Pemakaian pelembab wajah juga bermanfaat untuk membuat kulit wajah agar tidak menjadi kering dan kasar. Dengan adanya kandungan mineral yang baik untuk kulit wajah akan memberikan nutrisi dan membuat wajah lebih segar.

Kesalahan Cara Menggunakan Pelembab Wajah

Sebagai produk perawatan kulit yang populer memang ada banyak sekali jenis pelembab yang ada di pasaran. Dengan pemakaian pelembab wajah sebagai dasar make up juga akan membaut riasan lebih tahan lama.

Baca juga: Tips Mengatasi Kulit Kering di Suhu Dingin

Namun sayangnya tak sedikit wanita yang sering salah dalam penerapan pelembab. Nah, berikut ini beberapa kesalahan umum menggunakan pelembab wajah yang sebaiknya Anda sadari dan perbaiki.

Tidak Menggunakan Secara Rutin

Bagi wanita karier yang harus setiap harus memakai make up, pemakaian pelembab wajah harus setiap hari. Namun bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja, mungkin pemakaian pelembab hanya sesekali.

Cara menggunakan pelembab wajah secara berkala dan tidak rutin inilah yang dapat menyebabkan manfaatnya kurang optimal. Pdahal mineral dalam pelembab penting agar kulit selalu lembab dan terhidrasi.

Pemakaian Secara Berlebihan

Tak sedikit wanita yang melakukan kesalahan saat pemakaian pelembab wajah. Seperti dengan menggunakannya secara berlebihan tanpa memperhatikan kondisi kulit wajah. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak dan merusak make up.

Tidak Sesuai Jenis Kulit

Meskipun kecantikan lekat dengan wanita namun tak sedikit wanita yang kurang memahami jenis kulitnya. Begitu pun saat memilih dan menggunakan pelembab wajah, masih ada wanita yang tidak menyesuaikan dengan jenis kulitnya.

Asal dalam pemakaian pelembab merupakan kesalahan yang umum terjadi. Akibatnya, selain kulit menjadi bermasalah, make up yang digunakan juga mudah luntur, tidak tahan lama, atau malah mudah rusak.

Pemakaian dengan Terburu-buru

Banyak wanita karier yang cenderung terburu-buru dalam merias wajah. Kesalahan menggunakan pelembab wajah semacam ini justru akan merugikan diri sendiri. Seperti sudah mengaplikasikan make up padahal pelembabnya belum kering.

Baca juga: Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Terburu-buru juga bisa membuat proses mengoleskan pelembab dengan terlalu keras. Hal ini bisa memicu terjadinya kulit yang terkikis atau malah luka. Atau menggunakan pelembab tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Pelembab Wajah yang Benar

Agar pelembab memberikan manfaat optimal untuk kesehatan kulit wajah, Anda perlu melakukannya dengan benar. Berikut in cara menggunakan pelembab wajah yang baik.

Pilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit

Memilih pelembab tidak boleh sembarangan. Untuk kulit kering sebaiknya pilih pelembab wajah yang mengandung ceramida dan asam hialuronat. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga tekstur kulit dan menjaga kulit tetap lembab.

Baca juga: Cara Memakai Masker Spirulina untuk Perawatan Kulit Wajah

Sedangkan untuk kulit berjerawat sebaiknya memilih pelembab yang tidak mengandung petrolatum, minyak berat, ataupun alkohol. Sebaliknya, pilih pelembab yang mengandung asam salisilat yang berguna mencegah jerawat.

Pilih Pelembab yang Mengandung SPF

Pelembab yang mengandung SPF tinggi yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari maupun radikal bebas. Kandungan ini penting untuk mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.

Itulah beberapa kesalahan yang umum terjadi pada pemakaian pelembab wajah. Karna itu penting mengetahui menggunakan pelembab wajah dengan memilih jenis yang baik dan melakukannya dengan cara yang benar. (R11/HR-Online)