Keunggulan Powder Coating untuk Komponen Kendaraan Bermotor

Keunggulan Powder Coating untuk Komponen Kendaraan Bermotor
Ilustraasi powder coating. Foto: istimewa

Keunggulan powder coating untuk velg motor mampu membuat penampilan terlihat lebih menarik. Velg roda motor mampu memberikan tampilan kendaraan terlihat menarik atau sebaliknya.

Selain itu, pembelian komponen yang satu ini cukup memiliki harga tinggi. Velg yang sudah lama dapat membuat tampilan buruk seperti berkarat sehingga menjadi momok yang cukup mengerikan bagi pemilik motor.

Baca Juga : Pelumas Rantai Motor Terbaik Berkualitas dengan Beragam Pilihan

Agar dapat mengatasinya, ada solusi yang tepat yaitu dengan jasa powder coating. Menggunakan jasa ini, tampilan velg motor bisa terlihat seperti baru.

Powder coating itu sendiri adalah proses dimana pengecatan menggunakan bahan bubuk khusus. Pengecatan ini khusus untuk pewarnaan media logam dan material yang keras.

Misalnya pada material besi dan logam. Hal ini dikarenakan bahan alumunium cukup sulit untuk menggunakan cat basah.

Keunggulan coating powder pada kendaraan motor inilah yang mampu membuat velg terlihat lebih menarik. Warna yang bisa anda dapatkan lebih jelas dan cukup merata.

Sebab, cara pengecatan yang satu ini melalui proses yang cukup lama dan rumit. Namun, jika berbicara soal kualitas, hasil yang ada jauh lebih baik dan sempurna.

Keunggulan Coating Powder untuk Motor

Teknik powder coating pada umumnya sebagai pelapis permukaan berbahan dasar logam yang cocok untuk motor. Anda bisa menggunakan jasa ini untuk memberikan perlindungan ekstra pada kendaraan.

Sehingga kerusakan kecil pada kendaraan bisa tertutupi secara baik. Bagi anda yang belum pernah menggunakan teknik powder coating, bisa mengaplikasikannya.

Ada banyak keuntungan powder coating untuk restorasi sepeda motor. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, meliputi:

Berguna untuk Berbagai Komponen Motor

Keunggulan powder coating pertama yang bisa anda dapatkan yaitu berguna untuk melapisi beberapa bagian kendaraan. Misalnya saja pada bagian rangka velg, engine, penutup kopling, stang, dan masih banyak komponen lainnya.

Permukaan komponen logam ini akan memperoleh perlindungan ekstra. Sehingga proses powder coating memiliki fungsi yang cukup penting.

Pengecatan powder coating mampu mempertahankan warna atau merubahnya menjadi lebih mengkilap. Tampilan motor tampak lebih bagus dan terlihat baru meski sudah dalam pemakaian cukup lama.

Warna dan Tekstur

Keunggulan powder coating untuk kendaraan motor berikutnya yaitu warna dan teksturnya. Powder coating memberikan penawaran beberapa pilihan warna dan tekstur menarik.

Baca Juga : Fungsi Pegas Daun Mobil untuk Membantu Kenyamanan Berkendara

Bagi anda yang ingin membuat warna pudar menjadi lebih baru, lapisan bubuk ini bisa menjadi solusi yang tepat. Lapisan bubuk tersebut mampu mempertahankan warna dalam jangka waktu yang cukup lama.

Daripada menggunakan pengecatan biasa, powder coating mampu memberikan hasil yang memuaskan. Ada pilihan gloss tinggi atau rendah.

Ada juga pilihan warna metalik, nuansa standar, dan warna lainnya. Pewarnaan seperti ini membuat kendaraan anda memiliki tampilan berbeda.

Highlight Krom

Dulu banyak pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan pelapis krom untuk merubah tampilan kendaraan. Namun, kini ketersediaan krom semakin sulit.

Baca Juga : Volume Air Aki Mobil, Jangan Sampai Kurang Akibatnya Cukup Serius

Sebab, krom rentan terhadap serangan oksidasi, terutama jika pemilik motor malas untuk merawatnya. Setelah menggunakan lapisan krom, barulah anda bisa tambahkan powder coating.

Keunggulan powder coating ini untuk mempertahankan dan mampu mencegah karat yang datang pada kendaraan. Sehingga lebih awet dan penampilan kendaraan terlihat menarik.

Sifat Adhesif Lebih Kuat

Kuatnya sifat adhesif pada serbuk powder coating mampu menyatu dengan logam. Dengan begitu, penggunaannya memiliki warna yang kuat.

Sehingga hasil dari proses melting dari bubuk powder lebih mudah menyatu dengan media. Dibanding jenis cat lainnya, powder coating lebih berkualitas.

Menutup Pori-Pori dengan Sempurna

Proses powder coating dengan pewarnaan merata dan tebal akan membuat pori-pori tertutup sempurna. Berbeda dengan cat minyak atau jenis lainnya yang pada jangka waktu tertentu akan terjadi perubahan.

Baca Juga : Komponen Kopling Mobil Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Kerjanya

Sehingga lama-kelamaan timbul retakan yang kasat mata. Retakan tersebut bisa menjadi jalan air yang masuk ke pori-pori sehingga timbul karat.

Komponen motor terkadang mengalami banyak perubahan yang cukup membuat penampilan buruk. Oleh sebab itu, perlu penggunaan bubuk khusus untuk mengatasinya.

Keunggulan powder coating cukup banyak untuk motor. Anda bisa gunakan untuk membuat komponen motor terlihat semakin menarik. (R10/HR-Online)

Loading...