Keyboard HP Tidak Muncul, Berikut Ini Cara Mengatasinya!

Keyboard HP Tidak Muncul
Ilustrasi Keyboard HP Tidak Muncul, Foto: Ist/net

Apa jadinya jika keyboard HP tidak muncul saat akan kita gunakan? Tentu saja hal ini sangat merepotkan dan mengganggu keperluan kita.

Sebagai salah satu barang elektronik yang setiap harinya sering kita gunakan, bukan tidak mungkin jika terdapat gangguan atau kerusakan. Keyboard yang tiba-tiba hilang atau tidak muncul inilah menjadi salah satu kerusakan yang sering terjadi.

Meskipun demikian, sebenarnya anda tidak perlu merasa panik dan khawatir. Bahkan sampai takut HP tidak bisa anda gunakan lagi.

Gangguan atau kerusakan ini bisa anda atasi dengan berbagai cara mudah. Tentunya juga menghasilkan keberhasilan yang efektif dan juga efisien.

Simak Berikut Ini Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul!

Keyboard adalah salah satu fitur atau alat pada HP yang mempunyai peranan sangat penting. Bila keyboard HP mengalami masalah, seperti hilang, eror, bahkan macet, tentunya akan menghambat penggunanya.

Baca juga: Penyebab Keyboard Laptop Macet dan Beberapa Solusinya

Terutama untuk menuliskan pesan melalui aplikasi messenger seperti Facebook, WhatsApp, LINE, dan aplikasi messenger lainnya. Keyboard yang hilang atau tidak muncul ini, bisa karena berbagai macam faktor.

Penyebab yang sering terjadi ketika pengguna tengah menggunakan aplikasi keyboard, kemudian tiba-tiba keyboard hilang sendiri. Atau juga karena setelah menyentuh kolom untuk isian, aplikasi keyboard justru tidak muncul.

Bila keyboard HP tidak muncul ini sangat mengganggu anda, janganlah khawatir. Sebab, anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara mudah berikut ini.

Restart HP

Cara yang paling sederhana untuk anda lakukan adalah dengan me-restart HP. Ini adalah cara pertama kali yang harus anda lakukan sebelum melakukan tindakan lainnya.

Siapa tahu, hanya dengan me-restart HP, keyboard anda yang bermasalah dapat kembali seperti semula. Penting untuk kita pahami bersama, restart HP tersebut maksudnya untuk mereset kondisi HP agar error atau bug yang tersimpan bisa hilang.

Bila kondisi HP tidak parah setelah restart, terkadang keyboard yang hilang akan kembali lagi seperti semula. Cara mengatasi keyboard HP tidak muncul ini tak ada salahnya untuk anda coba, sebelum menggunakan cara yang lebih rumit.

Menghapus Cache Aplikasi Keyboard

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi keyboard. Aplikasi keyboard HP yang error atau bermasalah, terkadang karena hal-hal yang sepele.

Baca juga: Keyboard Gaming Terbaik Paling Recommended

Salah satunya adalah karena cache yang sudah menumpuk dalam waktu lama. Bila benar penyebab keyboard hilang adalah karena cache yang sudah menumpuk, maka mudah untuk mengatasinya.

Silahkan anda hapus saja cache tersebut. Setelah itu, kondisi keyboard HP akan kembali seperti sedia kala. Untuk menghapus cache aplikasi keyboard HP ini pun juga tak kalah mudahnya.

Anda dapat melakukannya tanpa memakai aplikasi tambahan. Berikut ini adalah langkah untuk menghapus cache pada aplikasi HP.

Anda cukup dengan masuk menu “Setelan”, kemudian masuk ke “Aplikasi”. Setelah itu, “Keyboard”, terakhir adalah “Hapus Cache”. Cara mengatasi keyboard HP tidak muncul pun selesai.

Untuk memastikan kembali, apakah cara tersebut berhasil, anda bisa coba bukalah aplikasi pesan instan. Umumnya aplikasi keyboard yang awalnya tidak dapat anda gunakan akan bisa anda pakai kembali.

Menghentikan dan Hapus Data Keyboard

Cara berikutnya yang tak kalah mudahnya adalah dengan menghentikan dan menghapus data keyboard. Pada dasarnya, cara ini akan menghapus pengaturan serta cache aplikasi keyboard bawaan tersebut.

Jangan khawatir, cara ini tidak hanya mudah, tetapi juga terbilang ampuh untuk mengatasi keyboard HP tidak muncul atau hilang. Setelah anda selesai menghapus data keyboard HP, seluruh pengaturan keyboard akan kembali pada posisi default.

Baca juga: Mematikan Getar Keyboard Xiaomi, Begini Cara Mudahnya!

Untuk memudahkan anda, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa anda gunakan. Pertama, silahkan buka “Pengaturan”. Kemudian masuk ke “Aplikasi & Notifikasi”.

Langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke “Aplikasi”. Pilihlah “Nama Aplikasi Keyboard”. Selanjutnya ke “Penyimpanan dan kemudian silahkan tap ‘Hapus Data”.

Setelah itu, keyboard HP tidak muncul bisa anda atasi dengan mudah. Anda bisa kembali menggunakan keyboard HP tersebut dengan sebagaimana mestinya. Aktivitas penggunaan HP pun juga kembali lancar. Anda pun tak perlu lagi pusing dengan keyboard yang mengalami gangguan atau bermasalah. (R10/HR-Online)

Loading...