Konfercab XX, 2 Kader Terbaik Perebutkan Kursi Ketum HMI Ciamis

Konfercab XX
Konfercab XX tahun 2020 HMI CIamis dihadiri Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dua kader terbaik dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis ikut serta dalam perhelatan pemilihan ketua umum formateur HMI Cabang Ciamis, Rabu (16/9/2020). Pemilihan ketua umum tersebut, diselenggarakan dalam konferensi cabang (Konfercab) XX tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, turut hadir Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra serta Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana, SH.

Ketua Pelaksana Konfercab ke XX HMI Ciamis, Rahmat Ade Mamat menjelaskan, konferensi cabang (Konfercab) merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi tingkat pengurus cabang HMI.

“Konfercab ini berfungsi sebagai penyampaian laporan pertanggungjawaban selama satu periode, mengevaluasi, menciptakan ide gagasan untuk kemajuan organisasi dan daerah,” jelasnya.

Ade mengatakan, dalam Konfercab ke XX saat ini ada dua kader yang lolos persyaratan secara administrasi untuk menjadi calon kandidat ketua umum HMI Cabang Ciamis yakni, Dede Aos Firdaus dari Komisariat syariah IAID Darusalam dan Jejen dari Komisariat Unigal Ciamis.

“Tadinya ada 5 calon, namun yang 3 calon tidak lolos dalam persyaratan administrasi. Jadi hanya 2 calon yang melaju dalam pemilihan ketua umum HMI Cabang Ciamis,” katanya.

Ade menambahkan, untuk proses sidang presedium itu dilaksanakan hari ini juga. Namun tempatnya berbeda. Sehingga nanti kedua kandidat akan memperebutkan 9 suara yang merupakan perwakilan atau mandat dari masing-masing komisariat se-wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

“Sidang presidium atau pemilihan, akan dilaksanakan di aula gedung Bawaslu Ciamis nanti sore hari. Akan ada 9 komisariat yang ikut andil dalam pemilihan ketua umum nanti,” terangnya.

Menurutnya, saat ini kriteria ketua umum yang diharapkan oleh kader HMI Cabang Ciamis adalah ketua yang lebih menekankan tentang perawatan perkaderan.

“Jadi, siapapun nanti yang menjadi ketua umum bisa meningkatkan lagi kajian-kajian perkaderan. Terlebih, saat ini kondisinya dalam masa pandemi Covid-19. Maka dari itu kajian perkaderan harus ditingkatkan,” tuturnya.

Kader HMI Pemuda Kreatif

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan, kader-kader HMI adalah pemuda yang kreatif. Jadi, setelah menjadi alumni HMI dan lulus dari universitas bisa langsung melanjutkan kinerjanya di dunia kerja.

“Saya yakin, kader HMI ini adalah pemuda yang aktif dan kreatif dalam melangkah dan menyusun rencana kedepannya. Setelah melalui perkaderan dan lulus kuliah sudah tentu kader HMI akan langsung melanjutkan ke dunia kerja,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Loading...