Koramil 1316 dan BP3K Pamarican Ciamis Panen Jagung

Panen Jagung
Koramil Pamarican dan BP3K saat panen jagung. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Koramil 1316 Pamarican bersama Koordinator  BP3K panen jagung pada lahan demplot ketahanan pangan Blok Gunung Putri, Desa Bangunjaya, Desa Sukajaya, Senin (28/9/2020).

Danramil 1316 Pamarican, Kapten Inf Diding, bersama Serma Marsusah, mengatakan, agenda tersebut merupakan tindak lanjut dari program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan selama pandemi.

“Salah satu caranya adalah dengan menanam jagung jenis bisi 228 pada lahan sekitar setengah hektar. Alhamdulillah sekarang bisa panen bersama-sama,” katanya kepada HR Online.

Dari penanaman ini, lanjut Marsusah, hasilnya cukup bagus dan melimpah. Sehingga bisa membantu untuk memperkuat masalah pangan seperti sekarang saat ini.

Baca juga: Poktan Mulyasari Mundu Banjar Panen Bawang Merah 11 Ton

Ketua Koordinator BP3K Pamarican, Ani Alviah, menambahkan, dari panen ini hasilnya sangat maksimal.

Biasanya hasil, kata Ani, panen jagung jenis ini dari per 100 bata bisa mencapai 1 ton. Ia harap dari panennya ini bisa mencapai target dari lahan yang ada.

“Semoga saja bisa sampai 4 ton. Tentu saja ini harapan kita semua,” ucapnya.

Ani harap, setelah adanya contoh demplot ini para petani bisa terdorong untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam palawija.

Apalagi saat pandemi covid-19 masalah ketahanan pangan sangat begitu penting, terutama dalam mendukung program pemerintah. (Suherman/R6/HR-Online)