KTM 390 Adventure, Mesin 4 Tak dengan Satu Silinder Kapasitas 373,2 cc

KTM 390 Adventure
Ilustrasi KTM 390 Adventure. Foto: Istimewa

Mulai menggeliat mencuri perhatian para penggemar otomotif Tanah Air, KTM kini kembali menggebrak lewat seri motornya, KTM 390 Adventure. Menariknya, pabrikan motor asal Austria ini semakin mempertegas spesialisasi mereka dalam menghadirkan motor-motor sport yang keren.

KTM sepertinya memang sadar betul tentang kelebihan mereka jika bicara perihal mengenai motor sport. Oleh karena itu, mereka juga memutuskan tidak mengeluarkan jenis motor-motor santai yang kini banyak beredar dari pabrikan yang lainnya.

Spesifikasi KTM 390 Adventure

Dari segi desain, seri ini bakal kembali membawa desain-desain ala motocross yang sudah menjadi keunggulan KTM. Pabrikan yang satu ini memang terkenal sebagai pemasok motor multi medan yang terbaik.

Oleh karena itu, mereka terus mengembangkan desain motocross ini dan membawanya ke jalan. Sama seperti namanya, Adventure, KTM memang mendesain motor ini kuat pada berbagai medan.

Uniknya, pada seri motor yang satu ini rangka body motor sengaja menggunakan bahan yang lebih ringan. Hal tersebut jelas memungkinkan motor ini benar-benar kuat pada medan yang berat hingga aspal jalanan kota.

Kesan slim dan ringan memang sangat melekat dari jenis yang satu ini. Mulai badan KTM 390 Adventure yang semakin minim dari bagian tangki bensin hingga ke bagian lampu depannya.

Baca Juga : Benelli TRK 800 Motor Andalan yang Memicu Rasa Penasaran

Meskipun slim atau ramping, pengguna yang berboncengan tidak perlu khawatir. Pasalnya, KTM sengaja melebarkan bagian jok seri ini untuk meningkatkan kenyamanan.

Tentu anda sudah penasaran bukan dengan spesifikasi lainnya dari motor anyaran yang satu ini, berikut kami ulas secara lengkap khusus untuk anda.

Dapur Pacu

Pada serinya yang satu ini KTM nampaknya sangat ingin memamerkan kecanggihan mesin mereka yang sejalan dengan seni paling menawan. Bagaimana tidak, bukan hanya kencang ketika berjalan, KTM 390 Adventure juga berbekal part-part yang mempunyai fungsi sangat berguna.

Mesin 4 tak dengan satu silinder berkapasitas 373,2 cc, KTM mengklaim siap memberikan penggunanya pengalaman berpetualang yang luar biasa. Bukan hanya itu saja, mesin motor ini semakin lengkap dengan electrical starter yang membuat torsi dari mesinnya bakal berjalan lebih maksimal.

Tentunya sebagai motor keluaran terbaru, seri ini juga hadir sebagai motor sport injeksi yang canggih. Yang lebih hebat lagi, KTM mengklaim teknologi EVAP System mereka bisa membuat motor yang satu ini lebih irit bensin.

Ban

Mempunyai fungsi melibas semua medan yang ada, tentu KTM tidak bisa semena-mena memilih ban untuk serinya yang satu ini. Hal tersebut terjawab, KTM melalui pemilihan jenis ban Continental TKC 70.

Baca Juga : Honda CB 200 R Hornet 2020 Mengaspal Dengan Gaya Naked

Jenis ban yang satu ini memang sepertinya bakal membuat KTM 390 Adventure berfungsi sebagai mana namanya. Selain itu, lingkar ban dari motor ini akan seluas 17″ untuk ban depan dan 19″ untuk ban belakang.

Kondisi dan kualitas ban tersebut membuat KTM percaya diri bakal menghadirkan cengkraman yang sesuai, baik untuk medan off-road hingga medan in-road.

Rem

KTM 390 Adventure yang mengusung model motor sport tangguh pada semua medan, tentu sangat memperhatikan soal komponen rem mereka. Hal tersebut yang membuat KTM memilih rem BYBRE dengan luas lempeng pengereman 320 mm untuk ban depan dan 230 mm untuk ban belakang.

Komponen ini membuat sebuah perkiraan, KTM bakal memberikan sensasi pengereman terbaik mengingat motor ini merupakan motor 4 tak. Kualitas rem motor ini semakin canggih dengan tambahan ABS System yang memungkinkan rem akan menyesuaikan untuk jalan yang kondisinya berlumpur.

Spesifikasi Lain dan Harga

Menjadi motor yang mempunyai 6 kecepatan dari gearbox-nya, pada KTM 390 Adventure juga terpasang super clutch yang mempunyai fungsi tangguh. Terutama ketika motor kita gunakan untuk sliding atau berbelok.

Ada pula teknologi DLC Coating yang membuat mesin dari motor ini tidak akan cepat panas meski digunakan di RPM yang tinggi.

Soal kecanggihan, kabarnya motor ini juga bisa mendapatkan pantauan secara langsung melalui ponsel penggunanya. Sebuah kemudahan yang memang masih jarang dimiliki oleh motor-motor canggih masa kini bukan?

Dengan kecanggihan-kecanggihan tersebut, tentu untuk memboyong motor serba bisa ini ke rumah sudah pasti membutuhkan mahar yang lumayan. Motor KTM 390 Adventure ini berharga sekitar 119 jutaan untuk pasar Indonesia. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Vespa S 125 i-Get Resmi Mengaspal di Indonesia Dengan 3 Warna
Loading...