Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut Ini

Kunci Motor Hilang, Jangan Panik Lakukan Langkah Berikut ini
Kunci motor hilang. Foto ist/net

Kunci motor hilang, hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu jangan panik. Kunci motor merupakan benda penting yang ada pada kendaraan roda dua ini.

Motor merupakan alat transportasi pribadi yang biasa menemani aktivitas pemiliknya saat bepergian. Kendaraan yang satu ini juga banyak pemiliknya karena praktis dan tidak ribet.

Saat berkendara untuk kepentingan yang mendadak pun, motor bisa lebih efektif. Banyak alasan mengapa sepeda motor menjadi alat transportasi paling banyak terjual.

Motor memiliki berbagai komponen yang berfungsi sebagai kelangsungan kinerjanya. Salah satu komponen vital bagi kendaraan ini adalah kunci motor.

Baca juga: Motor Irit Bensin, Ada Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Meski cukup penting, namun terkadang masih banyak sebagian orang yang mengabaikannya. Jika komponen yang satu ini tidak ada, pengendara akan merasa kerepotan.

Terkadang masih banyak orang yang menyepelekan keberadaannya. Padahal karena kunci motor hilang ini, kendaraan tidak bisa menyala.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami yang namanya kunci hilang. Hilangnya kunci bisa karena berbagai faktor. Entah itu karena lupa meletakkannya atau bahkan jatuh saat berkendara.

Saat anda kehilangan benda penting ini, pasti merasa kesal. Apalagi kendaraan akan anda gunakan untuk datang menghadiri acara penting.

Ketika hal ini anda alami, pertama jangan panik. Sebenarnya hal ini bisa anda hindari asalkan bisa mengantisipasinya lebih awal.

Kunci motor hilang membuat pemilik kendaraan merasa ketakutan. Sebab, tidak mengetahui penyebab hilangnya kunci kendaraan.

Langkah-Langkah Saat Kunci Motor Hilang

Kunci yang hilang bisa karena anda teledor meletakkannya, jatuh, bahkan bisa karena ada orang yang mengambilnya. Agar hal ini tidak anda alami, sebaiknya anda lakukan pencegahannya.

Banyak hal yang bisa anda lakukan saat kunci hilang. Berikut ini ada beberapa tips atau langkah-langkah saat kondisi ini anda alami. Langkah yang bisa anda lakukan yaitu:

Jangan Panik

Seperti yang sudah-sudah, saat kehilangan sesuatu biasanya orang selalu panik dan merasa ketakutan. Begitu juga jika kunci anda hilang dengan tiba-tiba, pasti kepanikan yang terasa.

Jalan terbaik yang harus anda lakukan yaitu tetap tenang. Panik yang anda alami justru dapat membuat pikiran semakin runyam dan tidak bisa mengingat terakhir kunci berada.

Baca juga: Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Selain itu, rasa panik juga dapat membuat suasana semakin keruh sehingga justru bisa memicu pertengkaran atau keributan. Padahal ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Anda bisa gunakan kunci cadangan atau menggunakan jasa tukang kunci untuk membuat yang baru. Percayalah jika kunci motor hilang bukanlah akhir dari segalanya.

Gunakan Kunci Cadangan

Sedia payung sebelum hujan mungkin paribahasa yang pas untuk orang-orang yang cerdas. Hal ini berlaku juga bagi kunci yang hilang.

Alangkah baiknya jika anda menyediakan kunci cadangan untuk mengantisipasi hal ini. Kunci cadangan perlu anda miliki untuk menyelesaikan masalah kunci yang hilang.

Pastikan kunci cadangan yang anda miliki tersimpan dengan aman dan terlihat jelas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda saat mencarinya sewaktu-waktu.

Letakkan pada tempat yang biasa anda menyimpan benda penting. Sebab, jika anda lupa menaruhnya, akan kesulitan saat membutuhkan. Sediakan kunci cadangan lebih dari satu agar tidak kerepotan saat kunci hilang.

Pakai Jasa Tukang Kunci

Langkah berikutnya saat kunci motor hilang yaitu menggunakan jasa tukang kunci. Anda bisa menggunakan jasa tersebut karena sudah banyak penyedia jasa yang dapat membantu membuat kunci yang baru.

Jasa tersebut akan menjadi solusi yang tepat saat anda kehilangan. Sebab, jasa kunci bisa dengan mudah membongkar kontak motor dan membuatkan kunci yang baru.

Baca juga: Ukuran Bearing Motor, Berbeda Pada Setiap Jenis Kendaraan

Sehingga kendaraan anda bisa nyala kembali. Selain bisa anda temukan pada dealer mobil, jasa tukang kunci juga biasa membuka lapak pinggir jalan.

Jasa tersebut akan mengubah bagian dalam rumah kunci agar tetap sesuai dan dapat masuk kembali. Harga yang harus anda bayar tidaklah mahal. Oleh sebab itu, datang pada jasa kunci untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyak cara yang bisa anda lakukan saat kunci motor hilang. Sebaiknya anda segera lakukan beberapa langkah di atas untuk mengatasi hingga motor anda menyala kembali. (R10/HR-Online)