Laci Dashboard Mobil, Fungsikan dengan Baik dan Tepat

Laci Dashboard Mobil, Fungsikan dengan Baik dan Tepat
Ilustrasi laci dashboard mobil. Foto istimewa

Laci dashboard mobil bisa berfungsi untuk menyimpan barang bawaan saat berkendara. Salah satu komponen interior yang ada dalam kendaraan ini yaitu laci atau dashboard.

Jika dulu laci mobil biasa untuk menyimpan sarung tangan yang berguna dalam berkendara, kini fungsinya berbeda. Kemajuan dunia teknologi pun semakin merubah semua hal, termasuk fungsi dari dashboard mobil.

Baca Juga : Fungsi Spoiler Mobil Beragam, Termasuk Berpengaruh pada Penampilan

Inovasi dunia otomotif juga membuat laci mobil bisa berfungsi cukup beragam. Sehingga membuat komponen ini juga memiliki kelengkapan lampu.

Selain itu, terdapat juga aliran udara dingin untuk mendinginkan minuman. Setiap komponen mobil memang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pengemudinya.

Selain memiliki fungsi penting, setiap komponen mobil juga mampu membuat kendaraan terlihat semakin menarik. Laci dashboard mobil kini memiliki beragam peran yang bisa anda dapatkan.

Dengan begitu, mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Ada beberapa barang yang bisa anda letakkan dan simpan pada laci mobil. Hal ini dapat memudahkan anda untuk menyimpan barang penting saat mengemudi.

Fungsi Laci Dashboard Mobil

Bagi pemilik mobil pasti sudah tahu yang namanya komponen dashboard. Laci pada mobil memang bisa berfungsi dengan baik tergantung dari pemiliknya.

Laci ini berada pada posisi depan jok dan bisa anda manfaatkan dengan baik dan tepat. Kabin pada kendaraan roda empat keluaran terbaru memang sudah memiliki perlengkapan laci dashboard.

Saku atau kantong ini biasa untuk menyimpan berbagai perlengkapan pengemudi atau penumpang. Bagi anda yang memiliki mobil dan kelengkapan laci dashboard mobil, sebaiknya fungsikan dengan baik.

Biasanya laci ini berguna untuk penyimpanan beberapa barang. Barang-barang yang sering tersimpan dalam dashboard dalam mobil meliputi:

1. Buku Manual Kendaraan

Fungsi dari dashboard mobil biasanya untuk penyimpanan buku manual kendaraan. Hal ini untuk jaga-jaga ketika mobil mogok saat berada dalam perjalanan.

Misalnya terjadi pada lampu indikator mobil yang aneh dan tidak tahu artinya. Meski pemilik mobil sudah memiliki kendaraan tersebut dalam waktu lama, bukan berarti mengetahui apa saja fungsi komponen dan cara mengatasinya.

Buku manual kendaraan ini bisa saja anda butuhkan kapanpun. Oleh sebab itu, laci dashboard adalah tempat yang tepat. Salah satu fungsinya yaitu untuk meletakkan buku tersebut.

2. Dokumen Asuransi Mobil

Fungsi kedua laci dashboard mobil yaitu untuk menyimpan dokumen asuransi mobil. Saat berkendara pengendara tidak akan tahu apa saja yang akan terjadi selama perjalanan.

Mungkin saja terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan. Jika terjadi hal seperti ini, menyimpan dokumen asuransi pada laci dashboard adalah pilihan yang tepat.

Namun, meski bisa anda gunakan untuk itu, jangan biarkan STNK dan BPKB anda simpan di tempat yang sama. Sebaiknya simpan pada tas atau tempat yang lebih aman.

3. Charger

Fungsi laci dashboard mobil selanjutnya yaitu untuk menyimpan charger ponsel cadangan. Namanya orang tidak bisa terhindar dari yang namanya lupa.

Baca Juga : Mobil Pintu Geser, Gunakan Perawatan yang Tepat Secara Rutin 

Hal ini juga bisa terjadi pada anda. Padahal ponsel merupakan barang yang wajib anda bawa. Jika terburu-buru terkadang lupa untuk mengisi daya ponsel.

Charger cadangan yang anda simpan pada laci dashboard akan berfungsi mengatasi ponsel anda. Sehingga baterainya bisa terisi kembali.

4. Perlengkapan P3K

P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan adalah barang wajib yang anda bawa saat berkendara. Selain obat antiseptik, anda bisa menyimpan peralatan kesehatan lainnya.

Misal kasa steril, plaster, dan yang lainnya. Barang-barang ini bisa anda gunakan ketika terjadi sesuatu pada anda saat berada di perjalanan. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menyimpan obat-obatan atau minyak angin.

5. Senter

Perlengkapan berkendara yang bisa tersimpan dalam laci dashboard mobil yaitu senter. Senter memiliki peranan yang cukup penting saat berkendara.

Peralatan yang satu ini bisa anda gunakan dalam kondisi yang darurat. Apalagi jika sesuatu terjadi pada anda malam hari. Misalnya ban kempes saat berada dalam perjalanan malam hari.

Dengan menyimpan senter pada laci dashboard, tidak ada salahnya untuk mengantisipasi situasi yang terjadi. Oleh sebab itu, jangan sepelekan laci dashboard mobil yang nyatanya memiliki fungsi cukup penting bagi pengendara. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Komponen Kopling Mobil Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Kerjanya