Lagi, Beras Bantuan Tak Layak Konsumsi Ditemukan di Ciamis

Beras Bantuan
beras bantuan untuk KPM PKH yang tidak layak konsumsi ditemukan di Panumbangan Ciamis. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi D DPRD Ciamis kembali menemukan beras bantuan tidak layak konsumsi dalam program BSB bagi KPM PKH.

Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Sarif Sutiarsa, menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga Panumbangan yang mana kondisi berasnya berwana kuning kehitam-hitaman.

Tak hanya itu, dari berasnya ini juga tercium bau aroma tak sedap. Sehingga ia memastikan tidak layak untuk konsumsi.

“Saat turun langsung ke lapangan, ternyata benar kualitasnya jelek. Padahal dalam karung bulog tertera jenis medium, tapi malah sebaliknya,” kata Sarif kepada HR Online, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Program BSB, Warga Tasikmalaya Terima Beras Penuh Kutu dan Belatung

Sementara itu, lanjutnya, ada warga yang mencoba untuk mengolahnya kembali dengan membawanya ke pabrik penggilangan agar warnanya bisa berubah putih.

Namun sayangnya tidak ada perubahan yang berarti. Sehingga ia pun meminta agar Bulog bertanggung jawab dan bisa menggantinya dengan yang lebih bagus.

“Jangan mentang-mentang beras bantuan kondisinya malah tidak bagus. Memang tidak ada kutu, namun bubuk dan bau secara otomatis tidak enak saat warga memasaknya,” tegas Sarif lagi.

Atas kejadian ini, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan rapat kerja komisi D dan memanggil Bulog ciamis untuk membahas terkait beras bantuan yang tidak layak konsumsi. (Es/R6/HR-Online)