Layar Mati Saat Telepon, Simak Cara Mengatasinya!

Layar Mati Saat Telepon
Ilustrasi Layar Mati Saat Telepon. Foto: Istimewa

Kondisi layar mati saat telepon memang menjadi saat-saat yang menjengkelkan. Meski pada dasarnya fitur ini berfungsi untuk mempermudah penggunanya.

Namun, ada kalanya layar eror ketika kita gunakan untuk melakukan panggilan telepon bisa menjadi hal yang cukup mengganggu. Misalnya saat pengguna ingin menulis percakapan dalam panggilan atau sembari membuka berkas.

Bahkan layar mati bisa mengganggu saat ingin mematikan panggilan itu sendiri. Jika sudah terjadi hal seperti ini, biasanya para pengguna akan sangat kebingungan tentang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Apa Saja Penyebab Layar Mati Saat Telepon?

Secara teknis, bagian yang membuat layar ponsel yang anda gunakan mati secara otomatis karena berasal pada sensor. Sensor tersebut kita kenal dengan sensor proximity.

Sensor proximity bekerja dengan memanfaatkan keadaan jarak dari suatu sensor menuju ke suatu objek. Bila ponsel anda gunakan untuk menelepon, otomatis ponsel akan berdekatan dengan telinga.

Baca Juga : Fastboot Mode Xiaomi, Berikut Ini Cara Masuk dan Keluarnya!

Sensor yang tertutup dengan telinga ini akhirnya membuat layar mati saat telepon dapat terjadi. Masalah kemudian datang, jika layar ponsel tetap mati meski layar ponsel sudah jauh dari telinga.

Kondisi abnormalitas sensor yang ada ini kebanyakan terjadi karena penggunaan pelindung kaca atau screen guard dari ponsel itu sendiri. Meski sudah terkenal sebagai pelindung ponsel dari goresan-goresan, screen guard terkadang juga menimbulkan masalah.

Masalah gangguan sensor ini menjadi hal yang paling awam terjadi. Pasalnya, secara teknis penggunaan screen guard juga berarti memasangkan benda padat yang tentu bisa menutup sensor.

Oleh karena itu, pastikan memilih screen guard atau protector yang memiliki kualitas yang terbaik. Utamanya, jika anda tidak ingin layar mati saat menerima panggilan.

Selain masalah screen guard, sensor proximity juga bisa terganggu karena gangguan kalibrasi sensor. Berbeda dengan gangguan karena screen guard, gangguan yang satu ini memang terbilang lebih tricky untuk anda bereskan.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon

Perlu anda ingat bahwa masing-masing produsen ponsel umumnya memiliki teknologi yang berbeda soal sensor proximity ini. Untuk itu, cara mengatasi masalah ini tentu akan sedikit berbeda antara satu dengan ponsel yang lainnya.

Maka dari itu, berikut kami ulaskan khusus untuk anda tentang cara mengatasi layar mati ketika menerima panggilan yang pastinya mudah anda ikuti.

Cek Sensor Proximity

Cara ini merupakan cara yang paling dasar dalam mengatasi layar mati ketika menerima panggilan. Pada dasarnya, cara ini akan berfungsi untuk melihat kondisi sensor apakah terganggu atau tidak.

Baca Juga : Mengatasi Android Tidak Bisa Kirim SMS, Simak Cara Mudahnya Disini!

Secara umum, cara ini cukup mudah untuk anda lakukan. Untuk memberikan perintah pengecekan sensor, hanya perlu melakukan dial-up seperti saat menggunakannya untuk menelepon.

Namun perlu anda ingat bahwa setiap pabrikan ponsel mempunyai kodenya sendiri untuk membuat perintah ini. Sebagai contoh melakukan dial-up *#*#3423#*#* adalah perintah untuk melakukan tes sensor pada ponsel dari pabrikan HTC.

Untuk ponsel Samsung bisa anda gunakan *#7353#*. Atau *#*#0588#*#* untuk membuka sejumlah ponsel lainnya.

Setelah melakukan dial-up tersebut, hal yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah mencentang bagian P-Sensor test. Setelah bagian P-Sensor test sudah tercentang, langsung tekan bagian RUN dan biarkan ponsel mencari penyebab layar mati saat telepon.

Langkah selanjutnya adalah mengikuti petunjuk yang muncul dalam layar ponsel, dan ponsel pasti akan kembali seperti semula setelahnya.

Mematikan Sensor

Bila kita banding dengan cara pertama, ini adalah cara yang paling mudah anda lakukan. Tidak perlu repot-repot melakukan dial-up, cara ini bisa dengan masuk pada menu Setting ponsel saja.

Selanjutnya tinggal memilih menu Pengaturan Tambahan, dan menghilangkan centang pada bagian sensor Proximity. Setelah itu, layar mati saat telepon tidak akan pernah muncul kembali.

Meski gampang, tidak semua ponsel dapat mematikan sensor Proximity-nya dengan cara ini. Salah satu ponsel yang bisa teratasi dengan cara ini adalah ponsel keluaran Samsung.

Cara Lainnya

Cara ini hanya dapat anda gunakan untuk ponsel Himax bertipe Polymer X saja. Awal mulanya sama seperti cara mengetes sensor Proximity pada umumnya, yakni melakukan panggilan ke *#*#9527#*#*.

Proses selanjutnya ialah memilih menu Manual dan Presensor. Lalu yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menyentuh sensor pada ponsel dan menggoyangkan jari sebanyak tiga kali, maka layar mati saat telepon dapat anda atasi. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Pengaturan Jam di HP Samsung, Simak Caranya Berikut Ini!
Loading...