Linmas Kota Banjar Harap-harap Cemas Menanti BLT BPJS Ketenagakerjaan

Linmas Kota Banjar
Linmas Kota Banjar saat menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan 2018 lalu. Foto: Humas Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta membuat para Linmas di Kelurahan Pataruman, Kota Banjar harap-harap cemas.

Pasalnya, mereka telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketegakerjaan. Sehingga tinggal tunggu waktu saja bagi mereka menikmati uang bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Satpol PP bagian Linmas lantas mengajukan pembuatan rekening bagi para anggota Linmas se-Kota Banjar. Lantaran pencairan bantuan melalui transfer ke rekening masing-masing.

Hal sama juga dilakukan 71 orang Linmas di Kelurahan Pataruman yang secara kolektif membuka rekening tabungan di bank.

Hal itu dikatakan oleh Kasi Pemerintahan H. Makhsus yang didampingi oleh staf pelayanan Dedi dan Maman, di ruang kerjanya Selasa (1/09/2020). Menurutnya Kelurahan Pataruman menerima informasi tersebut pada sekitar awal Agustus kemarin.

“Seluruh anggota Linmas dipinta oleh Satpol PP bidang Linmas kota Banjar untuk membuat rekening pengajuan, termasuk yang ada di kelurahan Pataruman sebanyak 71 orang. Awalnya mereka membuat secara sendiri-sendiri namun karena lama dan beberapa hal makanya pembuatan rekening dibuat secara kolektif,” kata H Makhsus.

Dedi menambahkan, pembuatan rekening secara kolektif agar mudah dan cepat. “Pertamanya memang dibiarkan sendiri tapi lama katanya, maka kami pun mempunyai ide untuk mengolektifkan pembuatannya,” katanya.

Setelah musyawarah, akhirnya 71 anggota linmas setuju untuk membuat rekening tabungan secara kolektif.

“Kami pun meminta fotocopy KK serta KTP yang bersangkutan, uang 50 ribu untuk biaya pembukaan rekening dan materai satu,” tambahnya.

Linmas Kota Banjar Hanya Terima Copian Buku Rekening

Dalam satu hari rekening ke-71 anggota linmas itu pun selesai. Namun Dedi mengaku hanya diberi copi buku rekening.

“Kami hanya diberi copian rekeningnya saja tanpa fisiknya. Karena fisiknya itu entah ada di pihak Bank, Satpol PP ataupun BPJS, yang penting dengan bukti fotocopyan berarti Linmas Kelurahan Pataruman sudah punya rekening sesuai dengan permintaan dalam pencairan ajuan tadi,” kata Dedi.

“Kami hanya disuruh saja untuk membuat rekening oleh pihak Linmas Satpol PP sesuai anjuran dari BPJS sebagai syarat penerimaan bantuan dari pusat. Katanya akan cair akhir Agustus, mudah-mudahan dapat semua,” harapnya.     

Sementara Kasi Linmas Satpol PP Kota Banjar Umiyati menyebutkan pihaknya hanya mengajukan data Linmas penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

“Kami hanya memberi tahu saja untuk cepat-cepat membuat rekening kemudian diajukan semuanya. Adapun cair kapan atau mendapat semuanya apa tidak itu di luar pengetahuan kami. Namun setidaknya kalau sudah diajukan semua masalah cairnya kapan tinggal menunggu waktu saja, sebab ini dari pusat langsung,” jelasnya. (HND/R7/HR-Online)

Loading...