Login kemnaker.go.id Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya!

login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima blt bpjs cara
Laman login Kemnaker untuk mengecek daftar penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Ist/Net

Login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan cukuplah mudah. Apabila Anda ingin mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima BLT BPJS atau tidak, maka bisa melalui laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Cara cek daftar nama penerima BLT BPJS ini sangatlah gampang.

Bagi Anda yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan, namun tak kunjung cair, Anda bisa mengeceknya sendiri.

Namun, pastikan dulu Anda benar-benar telah memenuhi syarat. Persyaratan untuk mendapatkan BLT BPJS ini adalah Anda karyawan swasta, bukan PNS atau pegawai BUMN.

Gaji yang Anda terima setiap bulan kurang dari Rp 5 juta. Selain itu, Anda harus terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya sampai bulan Juni 2020.

Syarat selanjutnya Anda harus memiliki nomor rekening atas nama Anda sendiri. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, namun tak kunjung mendapatkan BLT, Anda bisa mencoba mengecek daftar penerima BLT BPJS ketenagakerjaan.

Login kemnaker.go.id Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS

Untuk mengecek apakah nama Anda masuk sebagai penerima BLT BPJS, Anda bisa mengunjungi website kemnaker.go.id. Website ini adalah laman resmi dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri. Klik ‘Daftar’ pada pojok kanan atas. Nanti Anda akan diminta untuk memasukkan biodata dan akun.

Saat Anda mengisi biodata, Anda perlu memasukkan NIK KTP. Selanjutnya isi nama bapak atau ibu kandung. Sedangkan untuk mengisi akun, Anda perlu memasukkan alamat email, nomor handphone dan password.

Pastikan email dan nomor handphone Anda masih aktif. Selain itu, selalu ingat-ingat password yang Anda masukkan.

Nantinya, Anda akan menerima OTP ke nomor HP yang sudah Anda daftarkan. Anda hanya perlu mengaktivasi akun Anda dengan nomor OTP tersebut.

Login dan Lengkapi Profil

Langkah selanjutnya Anda tinggal login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggal klik login pada laman kemnaker.go.id, selanjutnya isikan salah satu dari NIK KTP, atau bisa juga nomor HP, atau alamat email. Lalu masukkan password.

Perlu Anda ketahui, saat ini banyak yang mengakses laman Kemnaker. Karena itu Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengaksesnya. Karena itu, Anda perlu memilih waktu yang tepat, yang sekiranya sedikit pengakses ke laman Kemnaker.

Jika Anda sudah login, selanjutnya Anda perlu mengisi profil. Pasang foto profil, bisa menggunakan foto yang ada pada galeri Anda. Isi juga informasi tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

Profil yang sudah Anda masukkan jangan lupa sesuaikan dengan biodata diri Anda. Jika sudah berhasil melengkapi profil, Anda tinggal klik profil Anda.

Saat login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima BLT BPJS, Anda hanya perlu masuk ke profil yang sudah Anda lengkapi.

Selanjutnya Anda gulirkan ke bawah (scroll), jika Anda terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, pada bagian bawah ada catatan. Catatan tersebut berisi Anda terdaftar sebagai penerima BLT BPJS tahap berapa.

Sudah banyak yang mencoba mengecek namanya melalui laman Kemnaker ini. Pada kolom Instagram Kemnaker, sejumlah akun membagikan pengalamannya saat mengakses laman Kemnaker untuk mengecek daftar penerima BLT. Anda pun bisa mencoba mengeceknya, ikuti saja langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas.

Cek Daftar Penerima BLT via bsu.bpjamsostek.id

Bagi Anda yang mendapatkan SMS dari BP Jamsostek, Anda pun bisa mengecek nama dan nomor rekening untuk pencairan BLT BPJS.

Anda bisa login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima BLT. Namun Jika Anda menerima SMS dari BP Jamsostek maka segeralah untuk konfirmasi.

Biasanya Anda akan diarahkan ke laman bsu.bpjamsostek.id. Melalui laman tersebut, Anda harus mengonfirmasi NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nama Bank, dan Nomor Rekening.

Isilah data tersebut dengan data yang valid. Jika data pada BP Jamsostek sudah valid, selanjutnya Anda tinggal menunggu saja untuk proses pencairan.

Cek Daftar Penerima BLT via sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Bagaimana jika Anda tidak mendapat SMS dari BP Jamsostek? Anda bisa mengeceknya sendiri via sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Jika Anda belum punya akun pada laman tersebut, Anda bisa daftar terlebih dahulu pada laman tersebut. Jika sudah berhasil daftar, Anda tinggal login saja.

Nantinya akan terlihat pada profil Anda iuran yang Anda bayarkan setiap bulan. Anda pun bisa melihat status data Anda sebagai penerima BLT BPJS, apakah sudah valid atau belum.

Jika sudah valid, maka sudah pasti Anda akan mendapatkan pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Besarannya Rp 600 ribu per bulan. Anda akan mendapatkannya untuk 4 bulan.

Pencairan setiap dua bulan sekali, sehingga sekali cair, Anda akan dapat Rp 1,2 juta langsung lewat rekening.

Itulah cara login kemnaker.go.id cek daftar nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan. Selain cara tersebut ada juga cara lainnya untuk mengecek nama Anda. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)