Lomba Adu Panggal, Cara untuk Mengenalkan Obwis di Kalijaya Ciamis

Lomba Adu Panggal
Kenalkan lokasi wisata, Pokdarwis Satria Panyawangan Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, adakan lomba adu panggal (gasing), Sabtu (26/09/2020). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pokdarwis Satria Panyawangan Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, adakan lomba adu panggal (gasing), Sabtu (26/09/2020). Lomba itu untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di desa tersebut.

Ketua Pokdarwis Satria Panyawangan, Imam Kadafi mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus ngamumule kaulinan zaman dulu yang sudah lapuk termakan waktu.

“Kegiatan ini sengaja kita gelar untuk mengembalikan permainan tradisional yang sudah lama hilang,” katanya kepada HR Online, Sabtu (26/9/2020).

Dalam hal ini, kata Imam, kenapa pihaknya menggelar kegiatan lomba adu panggal, sebab merupakan sebuah permainan zaman dulu yang kini sangat langka. “Kenapa tidak kita kembali mengenalkan kepada regenerasi saat ini,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, saat ini anak-anak jarang mengenal permainan adu panggal tersebut. “Maka dari itu, sambil mengenalkan potensi wisata desa ini, kami juga ingin menghidupkan kembali jenis kaulinan buhun,” imbuhnya.

Imam menambahkan, lomba adu panggal ini selain bentuk upaya ngamumule seni atau budaya buhun, namun juga ingin lebih mengenalkan lokasi lomba saat ini.

“Nah Desa Kalijaya ini selain terkenal dengan kampung durian, kopi tugu Kalijaya, juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Seperti banyak lokasi wisata yang patut untuk para wisatawan kunjungi,” ujarnya.

Imam menuturka, Desa Kalijaya ini memiliki destinasi wisata lembah Panyawangan. Lembah ini mempunyai panorama pemandangan alam yang sangat indah. Wisatawan pun bisa berfoto selfie sambil menikmati suasa hamparan bukit yang terhampar luas.

Selain itu, di bawah Lembah Panyawangan ada beberapa curug (air terjun), salah satunya adalah Curug Dengdeng. “Wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun sekaligus bisa bermain air dan berenang,” katanya.

Pemdes Kalijaya Ciamis Dukung Lomba Adu Panggal

Kepala Desa Kalijaya, Yosef Kurniawan mengatakan, pihaknya mengaku bangga dengan semangat para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Satria Panyawangan.

Yosef juga berjanji akan terus memberikan dukungan penuh demi terwujudnya desa wisata, yang mampu berkembang dan menyedot perhatian wisatawan.

“Sebagai pemerintah, kami akan terus memberikan dukungan penuh atas pengembangan destinasi wisata ini. Seperti mendukung adanya lomba adu panggal, yang tujuannya untuk mengenalkan potensi wisata,” katanya.

Yosef berharap, kedepannya lokasi wisata ini bisa terkenal oleh para wisatawan, serta mampu menyedot wisatawan masuk.

“Sehingga mampu meningkatkan PAD dan taraf perekonomian masyarakat Desa Kalijaya,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)