Manfaat Bawang Bombay yang Berkhasiat untuk Jantung Hingga Rambut

Manfaat Bawang Bombay yang Berkhasiat untuk Jantung Hingga Rambut
Ilustrasi manfaat bawang bombay. Foto: Ist/net

Manfaat bawang bombay untuk tubuh ternyata begitu banyak. Kandungannya tak hanya kaya dengan nutrisi, namun juga banyak bahan fitokimia bawang bombay yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bawang bombay atau bombai (Allium Cepa Linnaeus) merupakan jenis rempah yang paling luas pemanfaatannya sebagai bumbu masakan. Asal tanaman umbi ini, menurut Wikipedia, dari kawasan Asia Tengah, seperti Palestina yang menyebar ke India, Eropa, dan negara lainnya.

Nama Bombay pada umbi ini bukan memperlihatkan asal tanaman, melainkan karena banyaknya pedagang India yang membawanya. Termasuk saat memperdagangkannya ke bumi Nusantara pada jaman dulu.

Bawang bombay berbeda dengan bawang putih maupun bawang merah biasa. Selain ukurannya yang lebih besar dengan daging yang tebal, teksturnya juga lebih halus. Bawang jenis ini lebih terkenal di luar negeri ketimbang di Indonesia.

Begitu juga dengan kandungan nutrisinya yang berbeda dengan jenis bawang khas Indonesia. Meskipun cita rasa berbagai jenis bawang ini berlainan dan khas, namun orang mengenal manfaat bawang bombay untuk masakan menjadi lebih sedap.

Baca juga: Kulit Bawang Merah dan Segudang Manfaat Mengejutkan untuk Kesehatan

Berdasarkan data dari Direktorat Gizi Kementrian Kesehatan RI, ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang bombay. Yaitu antara lain kalori (46 kal), protein (1,4 gram), karbohidrat (10,3 gram), dan lemak (0,2 gram).

Kandungan lainnya adalah vitamin A (50 SI), B1 (0.03 mg), C (9 mg), kalsium (30 mg), zat besi (0,5 mg), dan fosfor (44 mg). Kandungan air rempah ini cukup besar mencapai 87,5 gram.

Bawang ini juga terkenal karena rendah kalori namun tinggi dengan kandungan antioksidan, mineral dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat manfaat bawang bombay bagi kesehatan begitu besar.

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan Tubuh

Cita rasa dan aroma bau bawang bombay yang khas memperlihatkan adanya kandungan fitokimia yang tentunya berguna untuk manusia. Pengobatan secara tradisional juga kerap menggunakan bawang yang berukuran cukup besar ini.

Selain untuk menyedapkan masakan, berikut ini segudang khasiat dan manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu. Baik untuk mengatasi gangguan penyakit ringan hingga yang berat.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Bawang yang warna dalamnya putih dengan sedikit hijau muda ini kaya dengan kandungan antioksidan kuersetin sangat berguna untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Sering menggunakan bawang satu ini dalam masakan tentunya berguna untuk menangkal radikal bebas.

Menangkal dan Mengatasi Kanker

Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam bawang bombay juga berkhasiat dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Konsumsi secara rutin bawang ini mampu mengatasi kanker.

Sebuah studi menemukan bahwa penderita kanker payudara yang mengonsumsi bawang yang masuk jenis umbi ini mampu mencegah terjadinya hiperglikemia maupun resistensi insulin.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat bawang bombay untuk rambut juga tak kecil. Bahkan suatu riset menemukan keramas dengan masker bawang bombay mampu mengatasi masalah kebotakan dan gangguan rambut rontok.

Baca juga: Pertama di Dunia, Jepang Berhasil Kembangkan Bawang Bebas Air Mata

Jika Anda tengah mengalami masalah rambut rontok, cobalah menggunakan herbal bawang ini sebagai masker untuk perawatan rambut. Selain mengoleskan pada helai rambutnya, usahakan sambil memijit kepala agar nutrisinya meresap.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat bawang bombay juga karena kandungan kalium dan kuersetin yang berkhasiat mengontrol tekanan darah maupun menekan risiko serangan jantung. Kuersetin merupakan jenis flavonoid yang penting dalam mencegah plak pada arteri maupun menurunkan risiko stroke.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi makanan yang dimasak dengan bawang bombay juga berkhasiat dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Karena itu penderita diabetes maupun hiperglikemia sebaiknya sering mengonsumsi umbi ini secara rutin.

Mengatasi Jamur Kulit

Untuk Anda yang memiliki kadas, jerawat, atau gangguan kulit lainnya bisa mencobanya dengan mengambil manfaat bawang bombay. Kandungan allisin, pektin, dan flavonoid dalam bumbu masak ini bersifat anti bakteri.

Sejumlah penelitian menemukan khasiat ekstrak bawang bombai mampu menghambat dan membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri inilah yang menyebabkan terjadinya infeksi, seperti jerawat, bisul atau arthtritis.

Meningkatkan Mood

Bawang bombay juga mengandung folat yang berkhasiat dalam mengatasi depresi. Zat ini mampu merangsang produksi serotonin, norepinefrin, maupun dopamine dalam otak yang berfungsi terhadap suasana hati.

Mengonsumsi masakan dengan bawang ini juga bermanfaat dalam meningkatkan mood dan semangat. Nah, jika Anda sedang stres atau tidak mood, bisa mencobanya dengan memakan bawang yang satu ini.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat bawang bombay juga karena kandungan seratnya yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat larut ini berguna menjaga bakteri baik dalam usus sehingga bisa mengatasi diare, mencegah tukak lambung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium dalam bawang bombay baik untuk meningkatkan kekuatan tulang. Bahkan terdapat studi yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bawang ini setiap hari mampu membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Mengatasi Hipertensi

Bawang bombay mengandung vitamin E dan C yang berkhasiat dalam menurunkan sistolik atau tekanan darah atas. Karena itu penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi bawang bombai secara rutin.

Melegakan Tenggorokan

Manfaat bawang bombay juga berkaitan dengan baunya yang khas. Antara lain dalam pengobatan tradisional yang sering menggunakan bawang ini untuk melegakan tenggorokan, mengatasi bronkitis, dan pembengkakan mulut.

Kandungan kuersetin dalam umbi ini juga berguna untuk melemaskan otot pada saluran pernafasan. Karena itu dengan memanfaatkan umbi ini dapat membantu melegakan pernafasan dan mengatasi penyakit asma.

Mengatasi Keracunan

Keracunan bisa terjadi karena berbagai faktor. Termasuk dari konsumsi makanan tak sehat maupun yang tercemar bakteri atau bahan kimia. Masuknya racun dalam tubuh bisa membuat kesehatan terganggu.

Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi bawang yang mengidentikkan nama sebuah kota di India ini. Kandungan metionin dan sistin dalam umbi ini memiliki khasiat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Efek Samping Bawang Bombay yang Harus Diwaspadai

Selain manfaat bawang bombay tentunya juga ada dampak atau efek samping yang sebaiknya juga Anda tahu. Apalagi kondisi tubuh setiap orang berlainan, termasuk saat menghadapi adanya serangan bakteri atau penyakit.

Salah satu efek samping bawang ini adalah karena bisa memperlambat pembekuan darah. Karena itu bagi orang yang akan menjalani operasi sebaiknya menghindari mengonsuminya.

Baca juga: Makan Bawang Putih, Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Begitu juga dengan orang tertentu atau yang alergi dengan bawang putih, sebaiknya tidak mengonsumsi aspirin. Menurut penelitian, minum aspirin justru bisa merangsang sensitivitasnya terhadap umbi ini.

Selain itu, meskipun bawang bombay berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah, namun penderita diabetes yang ingin mengonsumsinya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah berbagai manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh. Dengan mengenal kandungan maupun efek sampingnya, konsumsi bawang ini akan memberikan manfaat yang lebih optimal untuk tubuh. (R11/HR-Online)