Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Anti Kanker dan Sehatkan Jantung

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Anti Kanker dan Sehatkan Jantung
Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan. Foto: Ist/net

Ada begitu banyak manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, mengonsumsi jus tomat secara rutin akan membuat tubuh mampu menyerap nutrisinya secara utuh.

Tomat adalah buah sayuran yang padat dengan nutrisi. Tomat juga populer dengan sebutan ‘makanan fungsional’. Hal ini karena buah ini mampu memberikan nutrisi dalam jumlah yang melampaui kebutuhan dasar tubuh.

Mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk tomat, sangat baik untuk tubuh. Makanan ini kaya nutrisi yang penting dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan metabolisme, dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Mengonsumsi buah dan sayuran secara bervariasi juga bermanfaat mengendalikan berat badan, mencegah risiko obesitas, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan mencegah serangan penyakit.

Kandungan buah dan sayuran juga penting untuk mencegah maupun meredakan berbagai penyakit berbahaya. Dari risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, sampai kanker.

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh sangat besar. Hal ini karena kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Seperti mengutip dari Wikipedia, berikut ini berbagai kandungan jus yang terdapat dalam 100 gram tomat segar.

Kandungan energi jus tomat sebanyak 18 kkal, karbohidrat (3,9 gram), gula (2,6 gram), protein (0,9 gram), air (94,5 gram), lemak (0,2 gram), serat makanan (1,2 gram), dan likopen (2573 µg).

Sedangkan kandungan vitamin dan mineralnya meliputi vitamin A (42 μg), beta karoten (449 μg), lutein zeaxanthin (123 μg), tiamin (B1) (0,037 mg), niasin (B3) (0,594 mg), dan vitamin B 6 (0,08 mg).

Selain itu juga terdapat vitamin C (14 mg), vitamin E (0,54 mg), vitamin K (7,9 μg), magnesium (11 mg), mangan (0,114 mg), kalium (237 mg), dan fosfor (24 mg).

Begitu lengkap dan beragamnya kandungan nutrisi buah ini membuatnya menjadi sayuran istimewa. Berikut ini berbagai manfaat jus tomat yang perlu Anda konsumsi secara rutin setiap hari.

Mengatasi Berbagai Jenis Kanker

Keistimewaan mengonsumsi jus tomat segar dapat mencegah penyakit kronis dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. Hal ini karena kandungan phytochemical dan lycopene dalam buah tomat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sebagai sumber antioksidan dan vitamin C yang sangat baik, buah tomat dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Berikut ini berbagai jenis kanker yang bisa dicegah dengan tomat.

Kanker Prostat

Manfaat jus tomat karena kandungan lycopene yang bermanfaat dapat mencegah risiko kanker prostat. Sejumlah penelitian menemukan konsumsi jus tomat mampu meminimalkan risiko terkena kanker prostat.

Kanker Kolorektal

Kandungan beta-karoten dalam jus tomat juga terbukti efektif untuk mencegah dan mengatasi kanker usus besar. Begitu juga dengan kandungan serat tomat sangat baik dalam menekan risiko kanker kolorektal.

Sejumlah penelitian American Cancer Society menemukan besarnya manfaat jus tomat pada orang yang menjalankan diet tomat.

Mereka mempunyai risiko yang jauh lebih rendah terhadap serangan kanker, utamanya jenis kanker paru-paru dan prostat.

Namun hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui peran lycopene maupun beta-karoten bagi tubuh. Termasuk kemungkinan fungsinya dalam menangkal maupun mengatasi kanker.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah memiliki hubungan dengan asupan natrium dan kalium. Untuk mengendalikan tekanan darah sangat penting meningkatkan asupan kalium sekaligus mengurangi natrium.

Diet kalium dan natrium ini ternyata merupakan salah satu cara terbaik dalam mencegah risiko hipertensi maupun terjangkitnya penyakit kardiovaskular. Menyeimbangkan asupan natrium dan kalium dapat mengontrol tekanan darah.

Berdasarkan data dari National Health dan Nutrition Examination Survey, hanya sedikit orang Amerika (2 persen) yang mengonsumsi kalium 4700 mg/hari. Konsumsi makanan tinggi kalium akan menurunkan hingga 20 persen risiko terserang penyakit penyebab kematian.

Manfaat jus tomat karena mengandung kalium tinggi dan tanpa natrium. Seperti terungkap dari penelitian Mark Houston MD MS, ahli kedokteran klinis Vanderbilt Medical School terhadap konsumsi buah tomat yang memperlihatkan hasil menakjubkan.

Orang yang makan 4.069 mg potasium tomat setiap hari lebih rendah risiko mengalami kematian karena penyakit jantung iskemik. Bahkan hingga 49 persen ketimbang mereka yang hanya makan kalium sedikit saja atau kurang 1.000 mg perhari.

Asupan tinggi kalium juga berhubungan dengan pencegahan pembentukan batu ginjal, pemeliharaan kepadatan tulang, pencegahan terhadap penurunan massa otot, maupun penurunan risiko terhadap serangan stroke.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jus tomat juga karena kandungan vitamin C, kalium, serat, dan kolin. Mengonsumsi nutrisi ini sangat berguna dalam menekan risiko serangan jantung sekaligus menjaga kesehatan organ jantung.

Menangkal Diabetes

Sebuah riset juga memperlihatkan bahwa konsumsi diet tinggi serat dari buah tomat akan membuat penderita diabetes tipe 1 meningkat kadar insulinnya. Insulin sangat penting agar penyerapan glukosa darah lebih optimal.

Dalam secangkir tomat untuk jus mengandung sebanyak 2 gram serat. Berdasarkan pedoman diet dari pemerintah Amerika menyarankan asupan 30 hingga 38 gram/hari untuk pria dan 21 hingga 25 gram/hari untuk wanita.

Mengatasi Sembelit

Manfaat jus tomat juga dari kandungan air dan seratnya yang tinggi. Nutrisi ini penting untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Kandungan serat dalam jus tomat juga berguna melancarkan buang air besar dan mengatasi gangguan sembelit.

Penting untuk Kehamilan

Jus tomat juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk ibu hamil. Zat penting yang terdapat dalam tomat ini berguna untuk melindungi bayi terhadap risiko cacat saraf yang mungkin terjadi.

Anti Depresi

Manfaat jus tomat juga karena kandungannya yang berkhasiat mengatasi gangguan depresi. Hal ini karena kandungan asam folat yang dapat mencegah produksi homosistein secara berlebihan. Homosistein berbahaya karena mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.

Homocysteine yang berlebihan juga mengganggu produksi hormon baik oleh tubuh, seperti dopamine, serotonin, maupun norepinephrine. Padahal hormon ini berguna mengatur suasana hati, nafsu makan, dan kebutuhan tidur.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jus tomat berguna sebagai antioksidan dan produksi kolagen. Selain penting untuk melindungi tubuh terhadap paparan matahari, polusi dan asap, kolagen juga penting meningkatkan tekstur kulit dan mencegah kerutan halus.

Itulah berbagai manfaat jus tomat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah sayuran ini dalam bentuk segar akan membuat kandungan nutrisi cepat terserap tubuh secara utuh. Minum jus tomat secara rutin untuk hasil yang optimal. (R11/HR-Online)